SEBUTIR NASI

Share posting

Risi – risi hata ni jolma, lamot lamot hata nibegu, dibahen i unang maho makkaporseai hata ni jolma na tabo dibege ni pinggol.

Oleh : H Derajat


pinterest.com

Arti pepatah Batak di atas : “Ucapan manusia kasar tetapi ucapan setan begitu lembut, maka dari itu jangan kita percaya dengan omongon yang hanya enak didengar telinga.”

Maka dari itu hormatilah manusia setinggi yang kita mampu untuk menghormatinya, bahkan sebutir nasi pun seharusnya kita hormati.

Di RUMAH, restoran, atau di sebuah jamuan pesta, seonggok nasi dan lauk pauk lengkap pastilah memiliki daya pikat tinggi, apalagi disandingkan dengan menu pelengkap seperti minuman segar dan buah pencuci mulut yang ranum.

Selera makan pasti tergoda. Tapi lihatlah, tak banyak orang memperhatikan butiran-butiran nasi (upo : Jawa) sisa santapannya di piring, meja makan, atau yang masih menempel di sekitar mulut.

Banyak yang tak menghiraukan, satu butir upo dibuat melalui proses yang panjang, melibatkan sekian macam alat, sekian banyak tenaga manusia, menyita ruang dan waktu, hingga proses itu menjadi bagian dari perjalanan peradaban dari masa ke masa. Orang pun karena kelalaiannya, tak mau ambil pusing dengan upo-upo itu.

Bahkan untuk mengenal upo pun butuh orang lain, yaitu orang-orang yang telah mewarnai sejarah masa lampau.  “Cik kemakine nemen menungso iku kalian sing namine upo. Wong piyambake mboten saget ndamel.  (Sombong betul manusia dengan sebutir nasi, yang ia sendiri tak bisa menciptanya),” tuturnya.

Habib Lutfi mengingatkan, proses perjalanan sejarah (walau sekecil proses terbentuknya sebutir nasi) bisa menjadi pengingat, betapa ada keterkaitan antara manusia satu dengan manusia lain di masa yang berbeda.  _”Mulane aja congkrah, yen ora pingin wong-wong dhisik lan anak putu padha nangis. Hormati proses kersane rahmat rupa katentreman bisa kagayuh . (Makanya jangan serakah, kalau tidak ingin para pendahulu dan anak cucu menangis. Hormati proses agar rahmat berupa kedamaian bisa terengkuh),” _ tambahnya.

Habib Lutfi menuturkan hal itu karena seringkali keserakahan manusia menjadi biang terjadinya ketidaktentraman di tengah-tengah kehidupan.

Sementara keserakahan biasanya disulut dari tipisnya rasa syukur manusia kepada Sang Pencipta, termasuk mensyukuri hal-hal kecil, sekecil upo .


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *