KETIKA RASULULLAH SAW MEMBERIKAN MOTIVASI KEHIDUPAN

Share posting

Oleh: H. Derajat


nspiring.id

Tindakan apa yang paling baik ? Dengan menggembirakan hati manusia, memberi makan orang yang lapar, membantu para korban, meringankan kesedihan yang sedih, dan menghilangkan penderitaan yang terluka. “(HR Bukhari).

“Amal yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus meski hanya sedikit”.

“Perbanyaklah kamu mengingat mati, karena hal itu bisa membersihkan dosa dan menyebabkan zuhud atau tidak cinta kepada dunia”.

“Tanda tanda orang yang celaka antara lain : Bergairah dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan haram, dan menjauhi nasihat”. “Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan, meski kelihatannya tidak berharga, yaitu seperti ketika kamu menyambut temanmu dengan menampakkan wajah berseri-seri”.

“Lihatlah orang-orang yang dibawahmu dalam urusan harta dunia, dan jangan sekali-kali melihat yang berada di atasmu, supaya kamu tidak meremehkan karunia Allah yang diberikan kepadamu”.

Jihad yang paling baik adalah menaklukkan diri sendiri”. (HR Bukhari).

Allah tidak akan memberikan belas kasihan kepada siapa pun, kecuali orang-orang yang memberikan rahmat bagi makhluk lain”. (Abdullah b Amr:. Abu Dawud & Tirmidzi).

“Katakanlah apa yang benar, meskipun mungkin pahit dan tidak menyenangkan bagi orang-orang”. (Baihaqi).

“Kebaikan adalah tanda iman, dan siapa pun yang tidak baik tidak memiliki  iman”. (HR Muslim).

“Ketika Anda melihat seseorang yang telah diberikan kekayaan, dan keindahan melebihi Anda, lihatlah orang-orang yang masih mampu bersyukur meski dalam kekurangan”. (HR Muslim).

“Lebih baik duduk sendirian, daripada ditemani dengan keburukan; dan lebih baik duduk dengan baik, daripada sendirian. Lebih baik berbicara dengan seorang pencari pengetahuan, daripada tetap diam; tapi, lebih baik berdiam diri, daripada mengucapkan kata-kata kurang sopan.“ (HR Bukhari).

“Sesungguhnya, seorang laki-laki yang mengajarkan sopan santun kepada anaknya, lebih baik daripada memberikan satu gantang gandum untuk disedekahkan”. (HR Muslim).

“Siapapun yang baik, Allah akan baik padanya; Oleh karena itu, bersikaplah baik kepada manusia di bumi. Dia akan menunjukkan belas kasihan pada Anda“ (Abu Dawud: Tirmidzi).

“Sulit bagi seorang pria yang sarat dengan kekayaan untuk mendaki jalan curam, yang mengarah ke kebahagiaan”. (HR Muslim).

“Siapa pun yang mengasihi untuk bertemu Allah, Allah mengasihi untuk bertemu denganNya” (HR Bukhari).

“Siapa yang mampu belajar? Merekalah yang mempraktekkan apa yang mereka ketahui.“ (HR Bukhari).

“Allah telah mengungkapkan kepadaku, bahwa Anda harus menjadi rendah hati. Tidak ada yang memegahkan diri atas satu sama lain, dan tidak ada yang harus menindas yang lain “ (Iyad b Hinar al-Mujashi:. Muslim).

“Seorang Muslim sejati, adalah mampu bersyukur kepada Allah dalam kemakmuran, dan pasrah kepada kehendakNya ketika dalam kesulitan”. (HR Muslim).

“Seorang Muslim yang bertemu dengan orang lain dan berbagi beban mereka, jauh lebih baik dari orang yang menjalani kehidupan pengasingan dan mengurung diri”. (HR Muslim).

H DERAJAT

Pasulukan Loka Gandasasmita

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *