Kasdim 0610/Sumedang Himbau Netralitas Pada Pilkades Serentak 8 April 2020

Share posting

Oleh : Ghani Purnama & Abah Cecep

Kasdim 0610/Sumedang Himbau Netralitas Pada Pilkades Serentak 8 April 2020 (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang – Menjelang Pilkades serentak  pada 08 April 2020 mendatang, dimana 88 Desa dari 270 Desa/ Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang. Maka TNI dan Keluarga Besarnya harus berperan positif dan bersikap netral, tidak keberpihakan kepada salah satu peserta kontestan Calon Kepala Desa manapun.”

Hal itu disampaikan Kasdim 0610/Sumedang Mayor Inf Anang Pramudyanto, S.Sos, yang didampingi Pasi Intel Kodim 0610/Sumedang Kapten Arm Alit Efendi, saat memberikan sambutan arahannya mewakili Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah, SE., M.Tr (Han), dalam rangka Pembinaan Netralitas TNI, bertempat di Aula Juang Apet Kodim 0610/Sumedang, Jum’at (13/03).

Pihaknya berharap, semua jajaran Kodim 0610/Sumedang beserta Keluarga Besar TNI (KBT), wajib menjaga kondusifitas dan mensukseskan Pilkades serentak kali ini. Dengan mematuhi peraturan yang berlaku dan Netralitas TNI di dalam berbakti bagi Negeri. Dan bagi personel TNI yang melanggar akan di berikan sanksi Dinas.

Sementara tampil di depan, Danramil 1011/Situraja Kapten Inf Dadang Setiawan, dalam materinya menyampaikan tugas TNI beserta fungsi peranannya yang sudah di atur dalam UUD no 34 tahun 2004. Seperti hal peranannya di dalam membantu Pemerintahan Daerah, TNI ada 3 metode Pembinaan Teritorial (Binter), yaitu : Bhakti TNI, Bin Komsos dan Bin Hanwil (Bidang Ketahanan Wilayah).

Menurutnya, selain peranan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, perlu juga ditanamkan kesadaran bela negara bagi KBT yang hadir kali ini, antara lain PPM dan GM FKPPI. Agar dilatih sebagai komponen cadangan apabila negara membutuhkannya. Karena merupakan salah satu  bagian Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) di dalam Pertahanan NKRI.

Hal senada diungkapkan, Danramil 1012/Wado Kapten Inf Muckson, di dalam pematerinya menjelaskan pentingnya Netralitas TNI di dalam Pemilu, Pilkada dan Pilkades di wilayah Kabupaten Sumedang, sebagai wujud profesionalisme dalam mendukung suksesnya pilkada yang Luber dan Jurdil,” tuturnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *