Penilik PNF Dindik Kota Cilegon Lakukan Visitasi dan Verifikasi Lembaga Pemetaan mutu Paud tahun 2020 Bidang P2PNFI Sampai Akhir Maret

Share posting

Oleh ; Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd.

Penilik PNF Dindik Kota Cilegon Lakukan Visitasi dan Verifikasi Lembaga Pemetaan mutu Paud tahun 2020 Bidang P2PNFI Sampai Akhir Maret (foto istimewa-grahabignews.com)

Cilegon – Ini adalah transformasi positif  dalam wawancara ekskusif dengan Ma’ruf selaku  Penilik PNF Kota Cilegon  untuk pembaca budiman GrahaBigNews, selain edukatif diharapkan menjadi bahan evaluasi bagi Dunia Pendidikan termasuk Kabupaten Garut, terkait visitasi dan verifikasi Lembaga mutu PAUD Tahun 2020 pada Bidang P2PNFI di Kota Cilegon.

Menurutnya, bahwa Pemetaan mutu bukan sekedar untuk mengelompokan atau mengklasifikasi satuan dan program Paud dan Dikamas menurut kriteria tertentu, melainkan sebagai jawaban atas kebutuhan informasi yang sistematis, lengkap, dan objektif.  Pemetaan  mutu satuan dan/atau program harus dilakukan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan agar maksud dan tujuannya dapat tercapai secara optimal.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Visitasi dan Verifikasi Lembaga Pemetaan mutu Paud tahun 2020 Bidang P2PNFI  (Pusat Pengembaangan Pendidikan Nonformal Informal) Dindik Kota Cilegon, sedang dilaksanakan sejak minggu pertama bulan Maret. Acara tersebut akan berlangsung sampai akhir Maret 2020, di Lembaga paud yang mengikuti Visitasi dan Verifikasi. Adapun lembaga Paud dan Dikmas yang mengikuti acara ini terdiri dari 42 lembaga se-kota Cilegon yang di bagi menjadi 3 tim Verifikasi, sehingga tiap verifikator membina/memverifikasi 14 lembga Paud / Dikmas. Dan untuk minggu ini telah dilaksanakan di TK Terpadu Edelweis, TK PGRI 1 dan TK Rendawa ES Kecamatan Jombang Kota Cilegon.

Tema Kegiatan ini menurut Ma’ruf Penilik PNF Kota Cilegon kepada GrahaBigNews yaitu “Program pemetaan mutu Paud Dikmas yang merupakan program dari Balai Paud Dikmas Banten untuk persiapan atau menghadapi Akreditasi tahun 2020. Tujuan di laksanakan Kegiatan ini sambung Ma’ruf agar lembaga-lembaga  yang mengikuti program pemetaan mutu dapat berbenah diri melalui instrumen EDS untuk lebih siap dalam mengikuti akteditasi tahun 2020 dan diutamakan yang belum pernah ikut akteditasi.

Kegiatan ini sangat baik dan positif untuk pembinaan lebih intensif terhadap lembaga-lembaga Paud dan Dikmas dalam menghadapi akteditasi. Adapun  Manfaat Pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas lanjut Ma’ruf adalah sebagai potret mutu, sebagai dasar pelaksanaan perbaikan, sebagai dasar pelaksanaan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan fasilitasi  bagi tiap-tiap satuan Paud dan Dikmas dan sebagai dasar dalam membangun komitmen untuk mencapai satuan Paud dan Dikmas yang terakreditasi.

Antusias guru-guru dan Kepala TK/Paud sangat baik, mereka sangat terbantu untuk melengkapi dokumen-dokumen dan administrasi lembaga Paud/Tk yang mereka pimpin, pungkas Ma’ruf kepada GrahaBigNews.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *