Kasus Perkembangan Covid-19 Di Kabupaten Sumedang : ODP: 33, ODR: 3.375 Dan OTG: 52 Orang

Share posting

Oleh ; Ghani Purnama & Abah Cecep

 

Kasus Perkembangan Covid-19 Di Kabupaten Sumedang : ODP: 33, ODR: 3.375 Dan OTG: 52 orang (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

Sumedang – Pemkab Sumedang gelar Jumpa Pers terkait perkembangan  bisa dan kondisi penyebaran Covid- 19, di Kabupaten Sumedang, yang masih perlu diwaspadai. Bertempat di Media Centre IPP Sumedang, Rabu pukul 16.00 wib (6/5).

Saat ini, di Sumedang tengah mengalami perkembangan sebagai berikut :

1) Positif Covid -19  :

*   Berdasarkan uji Polymerase Chain Reaction (SWAB) : Pasien asal Kecamatan Sumedang Selatan 1 orang, Jatinangor 3 orang dan Cimanggung 1 orang. Jadi total 5 orang.

*   Hasil Rapid test (diduga Covid- 19 yang dinyatakan reaktif) :  Pasien asal Kecamatan Conggeang 2 orang, Tanjungsari 1 orang, Cimalaka 1 orang, Ujungjaya 8 orang, Buahdua 7 orang, Pamulihan 1 orang, Wado 1 orang, Surian 5 orang, Cisitu 1 orang dan Tomo 1 orang.

Dari 46 orang – 18 orang (dinyatakan selesai/ pulang), maka total tersisa 28 orang.

2) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 5 orang, dari Kecamatan Cimanggung 1 orang, Pamulihan 1 orang, Paseh 1 orang, Cisitu 1 orang dan Sumedang Utara 1 orang

3) Orang Dalam Pemantauan (ODP) :  33 orang.

4)  Orang Dalam Resiko (ODR) :   3.375 orang.

5)  Orang Tanpa Gejala (OTG)  :  52 orang.

Selanjutnya, Pemkab Sumedang telah menentukan Wisma Haji yang berlokasi di komplek Islamic Centre Sumedang, sebagai tempat isolasi sementara bagi orang yang reaktif Rapid test.

Dalam kata lain sebutnya, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Sumedang, menggelar patroli gabungan yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Polisi Militer dan Satpol PP. Bertugas memberikan imbauan, penertiban dengan sanksi bagi para pelanggar, dalam rangka pemberlakuan  penyelenggaraan PSBB tahap 2.

Adapun, laporan kegiatan harian check point per tanggal 6 Mei 2020, sebagai berikut :

1)  Check point A  :

–  Kendaraan diberhentikan : 1.084 kendaraan.

–  Kendaraan putar balik      :  377 kendaraan.

–  Jumlah pelanggaran           :  977 kendaraan.

2)  Check point B  :

–  Kendaraan diberhentikan :  1.003 kendaraan.

–  Kendaraan putar balik      :  82 kendaraan.

–  Jumlah pelanggaran           :  1.156 pelanggaran.

3)  Check point C  :

–  Kendaraan diberhentikan :  8.845 kendaraan.

–  Kendaraan putar balik      :  1.154 kendaraan.

–  Jumlah pelanggaran           :  526 pelanggaran.

Kepala Dinas Kominfosanditik Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, didampingi H. Asep Tatang Sujana beserta jajaran Humas/ Protokol Setda Sumedang (foto oleh Ghani Purnama-graabignews.com)

Demikian, siaran Pers yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfosanditik Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, didampingi H. Asep Tatang Sujana beserta jajaran Humas/ Protokol Setda Sumedang.

Ditambahkan Iwa, perlu ditekankan kembali bahwa untuk bansos tersedia 8 pintu bantuan. Dan setiap kepala keluarga hanya dapat satu jenis bantuan, baik yang bersumber dari Pemerintah Pusat, APBD Kabupaten, maupun BLT dari Dana Desa, dimana penyalurannya pun tidak bersamaan.

Terakhir, Ia pun berpesan, kepada seluruh warga agar tetap tenang, waspada dan tidak panik.

“Tunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1441 H, dengan sabar, penuh ikhtiar dan senantiasa selalu berdo’a kepada Tuhan YME, untuk memohon terhindar dari segala marabahaya wabah Coronavirus yang tengah menjangkit dunia, agar segera berakhir,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *