Mengenal Teman Berbagi, Komunitas yang Mengedepankan Perasaan

Share posting

Oleh: Edy K

Poto Bersama Komunitas Teman Berbagi. (Poto: Dok – grahabignews.com)

Jawa Barat – Satu kata yang menggambarkan Teman Berbagi adalah perasaan. Banyak orang tidak menduga bahwa Teman Berbagi memiliki makna yang begitu dalam di luar asumsi arti “berbagi” yang sebatas materi. Komunitas yang dibangun sejak tahun 2018 oleh Farhanah Fitria Mustari (Alumnus Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB) ini memberikan warna baru dari sebuah gaya kerja Program Sukarelawan.

Mengusung Prinsip “Saling Bukan Silang”, Teman Berbagi bergerak di bidang pendidikan melalui pendekatan pelatihan untuk menyebarkan Pesan Kebaikan kepada anak-anak serta remaja di Panti Asuhan melalui cara yang reflektif dan kreatif.

“Saling bukan silang adalah pemaknaan bahwa sejatinya kita ini tumbuh bersama dan prinsip ini merefleksikan sebuah relasi yang sejahtera (bagja) baik ke dalam maupun ke luar,” ujar Farhanah selaku Founder dari Komunitas Teman Berbagi.

Melalui beragam suka maupun duka termasuk senang dan susah, Teman Berbagi selalu berupaya untuk bangkit kembali untuk tidak menyerah dalam menyebarkan “Pesan Kebaikan”. Melalui pendekatan tiga jenis saling yang diawali dari Saling Menguatkan, Saling Bicara Baik, dan Saling Mencintai Lebih Baik, Teman Berbagi selalu membuat beragam program yang terhubung dengan ketiganya.

(Poto: Dok – grahabignews.com)

Salah satu, kegiatan yang konsisten dilakukan oleh Teman Berbagi, khususnya pada kondisi pandemi seperti ini adalah dengan memperbanyak kegiatan berbasis online learning yang tentu saja dikemas secara menarik.

“Di sisi lain, kita juga memiliki program yang (sejujurnya) hadir ketika kondisi pandemi seperti ini. Kita memiliki program #OnlineDuluAja yang terdiri dari dua program inti yaitu Community Sharing (Live Instagram) dan Webinar,” kata Farhanah.

Lanjut dia, hal yang menarik adalah kami juga membuat kegiatan sharing content bersama international volunteer dan beberapa tokoh inspiratif. Selain itu, kegiatan Webinar yang kami selenggarakan, sejauh ini senantiasa mendapat tanggapan yang hangat dari peserta.

Kedepannya Teman Berbagi selalu mengupayakan untuk tetap konsisten dalam menyebarkan Pesan Kebaikan secara lebih masif kepada berbagai kalangan usia maupun generasi. Selain itu, Teman Berbagi yang saat ini sedang transformasi menjadi Yayasan berharap bahwa keberadaan Teman Berbagi mampu menerbitkan terang setelah gelap.

Untuk mengenal Teman Berbagi lebih lanjut, pembaca dapat melalui instagram.com/komunitastemanberbagi.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *