MINTA TELUR DAN ROTI YANG DIDAPAT MALAH PUKULAN

Share posting

Ketika Hati sudah penuh dengan sifat Wara’, Zuhud dan Tawakal maka terbersit sekali saja dalam hatinya ingin sesuatu dari manusia maka beginilah akibatnya.

Artikel Eksklusif

Oleh : H Derajat


Ilustrasi google search-radiomutiaraquran.com

Bismillahirrohmanirrohim

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala ali Sayyidina Muhammad.

“Haqiiqatu-l-ghinaa an tastaghniya ‘amman huwa mitsluka wa haqiiqatu-l-faqri an taftaqira ilaa man huwa mitsluka.”

“Hakikat orang kaya adalah tidak butuhnya seseorang kepada sesamanya, dan hakikat orang fakir adalah sikap merasa butuh kepada sesamanya.”

Sebelum memulai kisah ini izinkan kami dari Pasulukan Loka Gandasasmita bersama GrahaBiNews, memohon maaf lahir dan bathin, sebagai manusia tentunya kesalahan, kekhilafan sudah menjadi pakaian sehari-hari maka tiada kata yang pantas selain memohon maaf lahir dan bathin.

Abu Turab al-Nakhsyabi, nama aslinya ‘Askar bin Hushain. Al-Nakhsyabi disandarkan pada tempat kelahirannya, Nakhsyab, suatu daerah di seberang sungai Jaihun, Khurasan. Sufi satu ini dikenal dengan sikap wara’, zuhud, tawakkal dan dermawan. Dalam Thabaqat al-Kubra yang ditulis Imam Sya’roni dikatakan, bahwa Abu Turab al-Nakhsyabi hidup sezaman dan bersahabat dengan Hatim al-‘Asham, Abu Hatim al-‘Atthar. Masih dalam catatan Imam Sya’roni, dikatakan Abu Turab al-Nakhsyabi meninggal pada tahun 245 Hijriyah.

Kisah tentang beliau ini tercantum dalam kitab Hilyatul Auliya :

Abu Turab al-Nakhsyabi pernah menempuh suatu perjalanan, tiba-tiba terbesit dalam hatinya ingin sekali makan telur dan roti. Demi menuruti keinginannya itu, lantas Abu Turab al-Nakhsyabi masuk ke sebuah desa. Tak butuh waktu lama, tiba-tiba ada seorang laki-laki mendekati Abu Turab al-Nakhsyabi, laki-laki itu lantas memegang Abu Turab al-Nakhsyabi dan lantas berkata, “Orang inilah yang bersama para pencuri itu,” ucap laki-laki itu dengan suara lantang.

Maka penduduk desa yang mendengar pun lantas mengeroyok Abu Turab al-Nakhsyabi, bahkan dikatakan Abu Turab al-Nakhsyabi dipukul sebanyak tujuh puluh kali, ia pun tersungkur tak berdaya, jatuh sejatuh-jatuhnya. Niat ingin mencari roti dan telur di desa itu pun raib, malah pukulan bertubi-tubi yang ia dapatkan.

Tak begitu lama datanglah laki-laki yang lain menuju Abu Turab al-Nakhsyabi yang sudah tersungkur tak berdaya, laki-laki itu pun lantas teriak kencang, “Ini adalah Abu Turab al-Nakhsyabi.”

Orang-orang yang memukuli tadi lalu kembali dan membopong Abu Turab al-Nakhsyabi, mereka lantas memohon maaf atas kejadian salah target itu.

Kemudian dibawalah Abu Turab al-Nakhsyabi ke dalam rumah warga dan lantas dihidangkanlah telur dan roti. Melihat kejadian itu ia pun lantas teringat dengan keinginannya, yaitu makan telur dan roti. “Semua ini –telur dan roti– aku dapat setelah mendapat tujuh puluh kali pukulan,” gumam Abu Turab al-Nakhsyabi dalam hati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *