Bincang Sastra SKS Merapal Bahasa Semesta “Menulis Kreatif Puisi” Bersama Pegiat Literasi Di Dukung Penuh Kadispusda Purwakarta Usai Di gelar Dengan Sukses

Share posting

Oleh : Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd., &  Wishnoe Ida Noor

Bincang Sastra SKS Merapal Bahasa Semesta “Menulis Kreatif Puisi” Bersama Pegiat Literasi Di Dukung Penuh Kadispusda Purwakarta Usai Di gelar Dengan Sukses (foto file SKS-grahabignews.com)

Purwakarta – Sebagaimana diketahui hari Rabu (28/10) bertempat di gedung Mini Teater Diorama Purwakarta, telah berlangsung SKS Dalam Bincang Sastra : Merapal Bahasa Semesta. Topik Utama dari Bincang Sastra tersebut yaitu ”Menulis Kreatif” dengan menyuguhkan materi “Menulis Kreatif Puisi”.

Menurut Pendamping kepenulisan Nani Rochayati yang nota benenya adalah  Sekretaris Umum SKS, menjelaskan pada GrahaBigNews, Jum’at (30/10/2020) bahwa acara  yang didukung oleh Kadispusda Kabupaten Purwakarta ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari 90% guru (guru SD, guru SLTP dan guru SLTA), 5% Mahasiswa dan yang 5% lagi penggiat literasi yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Moderator Ina Widyaningsih pada acara tersebut menjadi telangkai bagi para nara sumber, baik Susy Wiranatakusumah, maupun Ibu Nani Rochayati.

“Alhamdulillah sukses SKS, InsyaAllah untuk bulan Maret 2021 yang acaranya rencana akan  digelar di JawaTengah, dan diharapkan akan lebih baik dari kemarin”, ujar Nani.

Sebelum mengakhiri penjelasannya, Nani mengatakan, bahwa seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik, terib, aman dan lancar, serta memperhatikan protokol kesehatan.

“ Seluruh peserta di dalam menulis kreatif puisi pada acara SKS Dalam Bincang Sastra : Merapal Bahasa Semesta. Topik Utama dari Bincang Sastra tersebut yaitu ”Menulis Kreatif” dengan menyuguhkan materi “Menulis Kreatif Puisi” ini, antusias mengikutinya, bagaimana jenis puisi lama merapal / mengeja selanjutnya  Langsung praktek membuat puisi lama”, pungkas Nani.

Susy Wiranatakusumah selaku Ketua Umum SKS  mengungkapkan kepada GrahaBigNews melalui line telfon, mengtakan, Alhamdulillah acara SKS Dalam Bincang Sastra : Merapal Bahasa Semesta telah selesai di selenggarakan dengan lancar dan dapat dikatakan bahwa acara tersebut sukses.

Mom Susy  menjelaskan,  para pegiat literasi di Purwakarta sangat antusias menunggu kedatangan tim SKS, Alhamdulillah mereka dapat menerima  semua materi yang kita sampaikan, terutama dalam hal kepenulisan.

“Ketika saya menyarankan kepada para peserta untuk praktek langsung membuat puisi, mereka sangat senang dan menerima saran itu”, ungkap Susy .

Lebih lanjut Susy mengatakan,  tehnik ini merupakan sesuatu yang tidak pernah orang lain atau siapapun  lakukan dalam setiap mengadakan seminar atau diskusi sastra untuk menulis secara prakteknya.

Adapun  alasan Susy menggunakan teknik seperti itu, dia berharap bisa  meneliti dari semua karya-karya  mereka yang tulis pada saat acara berlangsung. Karena moment ini merupakan acara yang jarang-jarang orang lain lakukan.

“Maka  saya coba sarankan kepada peserta dan  antusiasme dari peserta literasi itu sangat-sangat luar biasa’, jelasnya.

InsyaAllah untuk kedepannya SKS  akan terus seperti ini, kita akan terus menggalakan literasi dimanapun dengan cara menulis praktek. Jadi materi yang kita sampaikan dalam hal kesastraan puisi harus di praktekkan langsung agar kita bisa menilai, kemudian bisa menelaah  dan juga bisa  mengupas tata cara kepenulisan yang salah seperti apa dan yang benar seperti apa, tandasnya.

Masih menurut Mom Susy, bahwa dari yang telah dijelaskannya tersebut, selanjutnya kita beri tahu dan imaji  mereka sampai dimana? Selanjutnya kita perlu membantu mengembangkan imaji mereka, jadi, tidak diam di tempat.

“Kita coba  membawa imaji mereka lebih semesta lagi. Dalam artian kita bisa mengumpamakan sesuatu kedalam puisi, misalkan dari alam dari gunung atau dari batu tanah  dan sebagainya itu bisa kita puisikan. Termasuk memang dari hal-hal yang ada di depan mata kita”, ujarnya.

Menurutnya, Purwakarta memang layak untuk kita kembangkan  lebih luas lagi dalam hal literasi. Apalagi kepala dinasnya Bapak Drs. H. Mohamad Ramdan, M. Si., sangat mendukung sangat mensuport acara literasi  ini.

Karena ini moment pertama, semoga saja kita bisa bertemu langsung, bertatap muka  dengan para literatur yang ada di Purwakarta, harapnya.

“Saya berharap memang, siapapun mereka yang mencintai sastra jangan takut untuk bertemu, yang penting kita tetap mengikuti protokol kesehatan protokol covid dan juga mengikuti aturan yang di anjurkan pemerintah. Mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu  dan kita bisa kembali berapresiasi dalam hal kesastraan”, ungkap Susy.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *