I-Bagendit Jadi Solusi Baca Buku Dimasa Pandemi

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati menunjukkan aplikasi i-BAGENDIT di Perpustakaan Daerah tepatnya di Jl. RSUD dr. Slamet, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (3/11/2020). (Foto : Nurhadi M/Diskominfo Garut-grahabignews.com)

Garut – Sempat dibuka selama kurang lebih 2 bulan dengan sistem peminjaman tertutup, Perpustakaan Daerah Kabupaten Garut kembali ditutup akibat Kecamatan Tarogong Kidul termasuk Zona Merah daerah yang terpapar Covid-19.

Akan tetapi, masyarakat kini bisa mengakses e-book (electronic book) alias buku elektronik dari rumah secara online dengan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, yakni i-BAGENDIT.

i-BAGENDIT (Bacaan Generasi Digital) merupakan aplikasi bacaan yang bisa diakses secara online. Aplikasi ini tersedia di playstore dan bisa didownload (unduh) secara gratis. Aplikasi ini telah ada sejak 2 tahun yang lalu.

Ada sekitar 3000 (tiga ribu) judul buku elektronik dari berbagai buku yang tersedia dan bisa diakses langsung dengan aplikasi ini.

Untuk bisa mendaftar member di aplikasi I-BAGENDIT cukup siapkan nomor handphone dan email aktif untuk bisa mengakses aplikasi ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati mengatakan, dengan adanya aplikasi ini bisa mengobati kerinduan  masyarakat dalam membaca buku.

“Agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan perpustskaan melalui I-BAGENDIT. Mudah-mudahan ini bisa mengobati kerinduan masyarakat untuk membaca buku dan mencari ilmu, tetapi bisa dilakukan dari rumah,” ujar Lisnawati, Selasa (3/11/2020).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *