Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H., Berikan Pencerahan Hukum Pada Komunitas Komputer Dan Laptop Garut

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Wishnoe Ida Noor

 

Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H., Berikan Pencerahan Hukum Pada Komunitas Komputer Dan Laptop Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

 

Garut – Bagaimana agar para pelaku usaha di bidang elektronik khusunya komputer dan laptop yang ada di Kabupaten Garut, bisa melakukan transaksi penjualan dengan baik, tertib, dan memenuhi aturan hukum. Dan bagaimana para pelaku usaha tersebut bisa melek hukum? Serta bagaimana persyaratan jual beli yang memenuhi secara aturan.

Itu adalah substansi yang menjadi topik pada acara talk show yang diselenggarakan di Arbretum, Samarang Minggu (22/11/2020), dan akhirnya acara inti dengan menghadirkan  praktisi bidang Hukum, Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H, dan kehadirannya diharapkan mampu menjawab hal-hal yang dihadapi oleh para penjual komputer maupun laptop yang tergabung dalam Komuntas KLG, terkait transaksii barang maupun menerima barang dijual oleh knsumen ke tokonya, serta transaksi jual belii barang yang sudah tidak orignal.

Menurut Shopi Martin, bahwa berjual beli itu harus melek hukum, jangan sampai nantinya merugikan kedua belah piihak, dan bersentuhan secara hukum. Komunikasi yang baik, dan akad jual beli yang tertib secara admnstrasi.

Bagi para pelaku usaha elektronik dalam Komunitas Komputer dan Laptop, tidak usah takut berjualan selama dalam aturan hukum yang berlaku, karena Negara kita in adalah Negara hukum, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, para peserta KLG melakukan sharing dan keluhan seputar transaksi barang yang sudah tidak gress, karena tidak melek hukum sehingga kerap disangka selaku penadah, dan ditandaskan oleh Shopi lakukan komunikasi yang baik, dan jelaskan saja selama memenuhi aturan hukum.

Dalam berniaga di bidang elektronik khususnya Komputer dan Laptop, kita harus taat pajak karena itu hukum. Apalagi sudah punya komunitas di KLG, jadi di dalam menyikapi permasalahan jual beli baik barang gress maupun non original, selama dalam aturan jangan takut, tandas Shopi.

“Untuk itu di komunitas Komputer dan Laptop Garut ini akan terasa ringan di dalam menyikapi masalah transaksi barang dengan menjadikan komuntas KLG ini tertib secara structural, sehingga tufoksi masing-masing diviisi bisa berjalan dengan baik termasuk menyikapi masalah yang berkaitan dengan hukum”, ujarnya.

Usai tanya jawab dengan peserta talk show komuntas KLG, Shopi menyempatkan diri membagikan door prize yang telah dsediakan oleh panitia dan berinteraksi dengan beberapa peserta seputar profesi mereka, ada yang bergerak selaku penyervis komputer, maupun pienjual dengan pertanyaan syarat perjanjian jual beli.

Pantauan GrahaBigNews, pertanyaan Shopi berikutnya pada salah satu peserta talk show, adalah terkait jasa jual beli. Setelah membagikan doorprize semua acara dari awal hingga akhir, berjalan dengan baik, aman, tertib, dan lancar serta mematuhi protokol kesehatan, karena dari awal para peserta tiiba di aula Arboretum, pihak panitia menyediakan masker dan hand sanitizer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *