Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd., Usai Cetak 4 Buku : Belajar Menulis Huruf, Permulaan Belajar Membaca Jilid A, Permulaan Belajar Membaca Jilid B, Dan Belajar Menulis dan Mewarnai Gambar

Share posting

Semoga ini menjadi inspirasi bagi semua pihak terutama para pendidik untuk bersumbangsih lewat karya dalam memajukan dunia pendidikan.

Wawancara Eksklusif

Oleh : Wishnoe Ida Noor

 

Garut – Selasa (08/12/2020), Ada kemauan, kemampuan, kerja keras, dukungan moril, dan membangun komunikasi yang harmonis dengan sesama dan senantiasa rendah hati,terus belajar,  itu yang menjadikan sosok seorang guru di SDN 3 Banyuresmi ini berhasil merealisasikan cita-citanya untuk menulis buku pelajaran yang diharapkan mendorong kreatifitas anak-anak dalam dunia pendidikan.

Kiprahnya ini, tentu saja diharapkan menjadi insfirasi bagi semua pihak, terutama para pendidik dalam berkarya, sehingga menjadi inovasi tersendiri untuk turut membantu mencerdaskan anak bangsa.

4 buku pelajaran bagi anak sekolah tngkat PAUD/TK yang telah dicetak yaitu, Belajar Menulis Huruf, Permulaan Belajar Membaca Jilid A, Permulaan Belajar Membaca Jilid B, Dan Belajar Menulis dan Mewarnai Gambar. Kecintaannya pada anak-anak begitu kuat mengikat jiwa terlebih dulu ketika dirinya masih tinggal di  Banten, dan guru honorer selama 15 tahun di TK Kartika XIV -2 Kopassus – Serang Banten.

Keinginan menyusun sebuah buku kata Lilis,  sebenarnya sudah lama dan ini merupakan cita-cita lama yang terpendam dari jaman kuliah dulu. “Saya ingat pesan Alm Bapak Prof. Dr. M. Surya, ketika masih kuliah di Sekolah Pasca Sarjana IPI – Garut, bahwa wisuda bukan akhir dari segalanya, tapi merupakan awal bagi kita untuk terjun langsung dengan masyarakat yang sesungguhnya. Jadi setelah lulus jangan berhenti untuk menulis, tapi harus lebih giat lagi agar kita bisa diterima di masyarakat”, ujarnya.

Begitupun dengan salah satu Dosen Sekolah Pasca Sarjana IPI lainnya yang sangat luar biasa dengan karya-karya dan tulisannya, yaitu Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Pd., M.CE, beliau sangat menginsfirasi bagi kami. Dan beliau juga merupakan salah satu penasehat dari GrahaBigNews, ungkapnya.

“Terus terang saya bingung, harus apa yang saya tulis untuk membuat buku? Tapi keinginan itu tetap ada, Alhamdulillah saya mencoba belajar berani  menulis setelah saya bergabung di Kumpulan Penulis sastra yaitu Sastra Kidung Semilir asuhan Ibu Susy S Wiranatakusumah.  Berkat bimbingan dan arahannya saya ikut menulis di buku pertama yaitu Lorong Peradaban Sastra (Kumpulan Sastra Lama) bersama Kru  Sastra Kidung Semilir (SKS). Dan untuk buku kedua saya pun  mencoba  ikut  lagi menulis di kumpulan puisi EDIGMA COVID bersama  SKS CREW & JAM MALAM JOGYA”, tutur Lilis.

Lorong Peradaban Sastra (Kumpulan Sastra Lama ) ini buku pertama bersama Kru Sastra Kidung Semilir (SKS). 2. Buku kedua ENIGMA COVID, Kumpulan Puisi SKS CREW & JAM MALAM JOGYA. Untuk buku pelajaran : 1. Belajar Menulis Huruf, 2. Permulaan Belajar Membaca Jilid A, 3. Permulaan Belajar Membaca Jilid B, 4. Belajar Menulis dan Mewarnai Gambar (foto file Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Menurutnya, ada hikmah yang bisa di ambil dari pandemi Covid-19 ini, selama covid  kegiatannya mengajar di SDN 3 Banyuresmi untuk sementara bersipat BDR (Belajar Dari Rumah) dan Daring, tidak ada tatap muka. Karena  itu saya bisa lebih focus untuk mencoba menyelesaikan menyusun buku yang sempat tertunda itu.

“Alhamdulillah tepat bulan agustus, buku itu bisa terbit. Dan kenapa saya memilih menyusun buku-buku pembejaran untuk Paud dan TK? Karena kecintaan saya terhadap dunia anak-anak dan belajar dari pengalaman pribadi. Sebelum menjadi guru SD, saya tercatat sebagai guru honorer selama 15 tahun di TK Kartika XIV -2 Kopassus – Serang Banten. Karena alasan itu saya pilih dan mencoba menyusun buku untuk anak usia dini”, jelasnya.

Dijelaskan Lilis, buku pelajaran tersebut yaitu  : 1. Belajar Menulis Huruf,  2. Permulaan Belajar Membaca Jilid A,  3. Permulaan Belajar Membaca Jilid B, 4.  Belajar Menulis dan Mewarnai Gambar. Semoga buku ini bisa di terima di masyarakat.

Lilis Yulati, S.Pd., M.Pd., guru SDN 3 Banyuresmi, Bendahara dan Jurnalis GrahaBigNews (foto istimewa-grahabignews.com)

“Alhamdulillah dan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu terbitnya buku ini, keluarga tercinta, Penerbit Oase Pustaka, Momy Susy dan Mas Lingga dari SKS juga Pimred GrahaBigNews beserta Crew. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yang berlimpah, Aamiin Ya Robbal Alamiin”, pungkas Lilis bersahaja.

Bagi para pendidik yang berminat dengan buku pelajaran tersebut, bisa menghubungi langsung melalui nomor  081 285 802 988.

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *