Wujudkan Visi Misi Masyarakat Garut Pada Pemberdayaan Dengan Langkah Kecil Dulu

Share posting

Oleh : Hidir Hidayat, S.Pd.

Anggota DPRD Kabupaten Garut Fraksi Partai Demokrat Komisi IV Kabupaten Garut , Mas Yayu Siti Sapuro : Wujudkan Visi Misi Masyarakat Garut Pada Pemberdayaan Dengan Langkah Kecil Dulu (foto oleh Hidir Hidayat-grahabignews.com)

 

Garut – Banyak cara untuk menyerap aspirasi masyarakat.Sudah menjadi rahasia umum partai politik dalam hal pembinaan yang kurang dalam hal pemberdayaan masyarakat yang berimbas pada pendapatan secara mikro dan makro ekonomi.Dalam menyerap aspirasi masyarakat tersebut dilakukan oleh Anggota DPRD Kabupaten Garut Fraksi Partai Demokrat Komisi IV Kabupaten Garut.Hal tersebut diungkapkan oleh Mas Yayu Siti Sapuro salah satu Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi Demokrat Komisi 4, saat reses Anggota DPRD Kab. Garut Masa Sidang III Tahun 2020 dengan para pengurus PAC Dapil 2, Senin (07/12) di Rumah Makan Gandasari Jl. Raya Limbangan-Leuwigoong.

Mas Yayu mengatakan terkait pemberdayaan bisa diangkat seperti contoh Malangbong dalam hal pengelolaan injuk.

Dimana injuk bisa sampai ekspor ke  Jepang dan bahan produksi industri yang lain seperti ke Kalimantan dan Bogor dan lain-lain.Daerah Leuwigoong yang menjadi sentral Pepaya diolah menjadi Sopadeu yang bisa menjadi bahan kue-kue.

“Produksinya ada di Bandung tetapi di sini masih menjual bahan mentah,nah disini dalam hal pemberdayaan kenapa tidak diolah menjadi barang setengah jadi,syukur-syukur bisa menjadi barang jadi,” kata Mas Yyu.

Mas Yayu mengatakan bahwa proses pengolahan itu akan membuka lapangan pekerjaan baru dan lapangan pekerjaan baru ini yang akan menyerap lapangan kerja dan akan kembali ke pendapatan.Pendapatan sendiri larinya ke daya beli dan lompatnya ke Indeks Pembangunan Manusia(IPM).

“Karena salah satu daya dukung IPM adalah kemampuan daya beli dan akan saya informasikan ke Pemda,” sebut Mas Yayu .

Ia menegaskan juga bahwa pemberdayaan masyarakat harus dimulai di hal kecil dulu.

“Kita fokus disatu kelompok,satu tempat kita bina itu saja dulu dan mudah-mudahan kalau kita bersinergi dan terus semangatnya sama dari satu ini bisa menjadi satu,dua dan bisa lebih lebih banyak,” kata Mas Yayu.

Mas Yayu mengatakan jika kelompok masyarakat tersebut konsisten dan semangatnya sama itu bisa menjadi daya dorong juga bagi Masayu sebagai wakil rakyat yang mempunyai mitra kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) dan menyampaikannya.

“Saya akan sampaikan ke SKPD tersebut bahwa ini ada satu tempat yang sudah mampu  berkelompok,menghasilkan suatu produk,yang sudah saya pasilitasi walaupun kecil ayo support kembali,” ujar Masayu.

Mas Yayu mengatakan bahwa dirinya senantiasa bergerak keatas kebawah dalam hal edukasi dan dan informasi.

“Kalau ke atas memberikan informasi kalau kebawah memberikan edukasi,” ujar Masayu.

Mas Yayu mengatakan mudah-mudahan dengan itu apa yang menjadi visi dan misi Kabupaten Garut dalam hal pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Garut yang maju,aman dan sejahtera bisa terwujud dengan langkah-langkah kecil seperti itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *