Pencarian Korban Bencana Longsor di Kab. Sumedang Resmi di Tutup

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah S.Sos. (Poto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Sumedang –  Pusdatin Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longso Cimanggung dan Jatinangor, gelar Konferensi Pers terkait perkembangan situasi dan kondisi pencarian korban memasuki hari ke-10, akhir pekan ini.

Atas capaiannya, kini para korban sudah teridentifikasi dan jenazahnya sudah dikembalikan ke pihak keluarga. Tepatnya, pada pukul 21:35 WIB kemarin malam, pencarian korban bencana longsor di Kabupaten Sumedang, secara resmi dinyatakan selesai dan ditutup.

“Keberhasilan ini, adalah berkat sinergitas, support, spirit dan semangat yang luar biasa, dari semua unsur yang terlibat (SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, PUPR, BPBD Pov Jabar & Sumedang, TNI/POLRI, TIM DVI Polda Jabar, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang dan Potensi SAR Jawa Barat) dilapangan dalam proses pencarian korban, sehingga semua korban dapat dievakuasi,” ungkap Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah S.Sos.

Pusdatin Posko Tanggap Darurat Bencana.  (Poto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

“Data korban tercatat, dari jumlah total korban 65 orang, yang meninggal 40, luka 25 orang, luka berat 3 orang, dan luka ringan 22 orang,” ungkapnya.

Sisi lainnya, untuk kerugian material di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, yakni Rumah tertimbun 20 unit, rusak berat     26 unit, rusak sedang 3 unit, dan terancam 350 unit, serta Mesjid rusak sedang 1 unit.

Bencana Banjir dan Tanah Longso Cimanggung dan Jatinangor Kab. Sumedang. (Poto: Ghani Purnama – grahabignews.com)

Total Keseluruhan penyintas/pengungsi 314 KK/1.126 Jiwa, yang tersebar di 3 Zona,  meliputi zona 1 (SD Cipareuag) sebanyak 465 orang, zona 2 (Taman Burung SBG) sebanyak 513 orang, dan zona 3 (SD Az- Zahra) sebanyak 148 orang.

Sementara untuk bantuan bencana tanah longsor,  tercatat total bantuan yang terkumpul berupa uang sebesar Rp. 2.424.050.400,00. Informasi data, terkait bencana longsor Cimanggung dapat diakses melalui aplikasi “SITABAH” dengan Link https://pusdatin.sumedangkab.go.id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *