Program Ngobrol Sambil Ngopi Bersama Talangseng Bisa, Komunitas Talas Ajak Kembangkan Talas di Talangseng

Share posting


Oleh: Rudi Herdiana

Edi Kusnadi, Pengurus Komunitas Talas Garut, Saat Memafarkan Kelebihan Budidaya Talas di Kawasan Talangseng, Sabtu (29/05). (Foto: Rudi Herdiana -grahabignews.com)

Garut – Gagasan Komunitas Bersama Talangseng Bisa yaitu Ngobrol Sambil Ngopi, disambut baik pengusaha Kafe Devana Coffee dan seorang Pengurus Komunitas Talas, Edi Kusnadi. Dirinya mengungkapkan tentang budidaya Talas bahwa pada 2 tahun lalu ada penemuan baru dari LIPI, yaitu Bapak Prana, Tatang dan Ny Marian terkait Talas Pratama.

Alhamdulillah, tambah dia, Kab. Garut dipercaya untuk mengembangkan talas Pratama ini. Namun karena Garut masih baru yaitu 1 tahun lalu membudidayakan talas tersebut, jadi belum terlalu benar benar memsosialisasikan.

(Kanan) Edi Kusnadi, Pengurus Komunitas Talas Garut Sekaligus Pengusaha Kopi Kafe Devana bersama Crew. (Foto: Rudi Herdiana -grahabignews.com

“Pertama saya menanam dipekarangan rumah, tapi masih belum betul-betul dalam memeliharanya sehingga dalam satu tanaman hanya menghasil 2,5 Kg dalam kurun 6 bulan. Padahal, jika dipelihara dengan sungguh-sungguh dapat menghasilkan umbi seberat 5 Kg atau lebih,” jelas dia.

Baca juga: http://grahabignews.com/2021/05/30/bangkitkan-gairah-pengunjung-komunitas-bersama-talangseng-bisa-gagas-program-ngobrol-sambil-ngopi/

Talas Pratama. (Foto: Rudi Herdiana -grahabignews.com

Banyak sekali manfaat umbi talasa, diantaranya membantu menjaga berat badan dan bisa mengurangi berat badan yang berlebih, mengurangi resiko kanker dan masih banyak lainnya. “Khasiat Talas pratama ini, menjaga kadar gula, bahkan bisa mengurangi kadar gula,” imbuh edi yang masih aktif bertugas sebagai Ka. UPT Dinas PUPR Kec. Sukawening..

Disaat pertemuan ngobrol santai/ngopi santai, Edi mengajak kepada semua untuk mengembangkan budidaya talas. Bisa melakukan penanaman di pinggir jalan, atau dipematang juga. Tak lupa kepada Komunitas Bersama Talangseng Bisa mengajak untuk mengembangkan Talas Pratama di Blok Talangseng.

Olahan Talas: Sayur Lonpong dan Rebus Talas Dipadukan Dengan Gula Merah Cair dan Parutan Kelapa. (Foto: Rudi Herdiana -grahabignews.com

Marilah jadikan tanaman talas ini menjadi icon masyarakat Kab. Garut, karena makanan sehat dan mudah dalam pengolahannya. “Talas bisa menjadi bahan baku dodol, tepung, mie dan lainnya yang tentunya tidak mengurangi khasiat bagi tubuh manusia,” pungkasnya.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting

One thought on “Program Ngobrol Sambil Ngopi Bersama Talangseng Bisa, Komunitas Talas Ajak Kembangkan Talas di Talangseng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *