GEMILANG Menjadi Ikon Program Pendidikan Garut Kota

Share posting

Oleh : Hartono & Wishnoe Ida Noor

 

GEMILANG Menjadi Ikon Program Pendidikan Garut Kota (foto oleh Hartono-grahabignews.com)

Garut – Apa yang menjadi harapan dari Kadisdik, agar para Korwil, Kepala Sekolah, dan Guru memberikan suatu kontribusi positif yang mampu mengedukasi berbagai inovasi guna pencapaian mutu pendidikan di Kabupaten Garut, terjawab sudah.

Dimana sekarang ini, setiap Upt Pendidikan di Kecamatannya masing-masing berupaya keras menciptakan suatu inovasi guna mendongkrak mutu pendidikan itu sendiri, terutama dengan membekali para Guru selaku pendidik yang akan mentransformasikan inovasinya pada para anak didik, sehingga di dalamnya akan terjadi suatu keharmonisan antara ilmu yang ditransformasikan sesuai dengan tingkat kemajuan teknologi sekarang ini pada anak didik.

Meski diakui atau tidak, masih terbentur dengan sarana dan prasarana yang belum memadai terutama bagi mereka yang tinggal dan menjalankan tugasnya di pelosok daerah.

Seperti halnya program GEMILANG yang disosialisasikan oleh jajaran Upt. Pendidikan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut di Yayasan SDIT Al-Bayyinah kawasan Muara Sanding, Rabu (22/09/2021) dihadiri oleh Korwil Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., Ketua PGRI, Rahmat, S.Pd., Korwas, dan para Kepala Sekolah.

Pantauan GrahaBigNews di lapangan, bahwa sosialisasi tersebut diselenggarakan selain dalam acara rapat rutin sekaligus pemaparan dari GEMILANG.

Usai acara, Nara Sumber sekaligus pimpinan dari Al-Bayyinah, Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., bahwa di GEMILANG dirinya selaku pihak penyelenggara. Secara singkat diungkapkannya, bahwa GEMILANG berawal dari obrolan melalui virtual pada tanggal 31 Agustus 2021 yang terdiri dari Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd (SDIT Al-Bayyinah), Ema Halimah, M.Pd (SDIT Assalam), Puji Fauziah, S.Pd.SD (SD GIS Prima Insani), Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M (SDN 10 Regol), Suwarso, M.Pd (Atikah Musaddad), Ajat Sudrajat, S.Pd, M.Pd.

“Enam Kepala Sekolah beserta ibu korwil, Ibu Anita, sepakat membentuk sebuah program dengan nama GEMILANG (Gemilang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bercahaya terang, bagus sekali dan cemerlang) yaitu singkatan dari GERAKAN EDUKATIF, MOTIVATIF, INOVATIF, LITERATIF dan ADAPTIF di era NEW normal GARUT KOTA.

Usai acara, Nara Sumber sekaligus pimpinan dari Al-Bayyinah, Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., selaku penyelenggara GEMILANG  (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

GEMILANG  lanjut Hanny, merupakan gerakan kolaborasi Koordinator Bidang Pendidikan Kec. Garut Kota PGRI, Koordinator Pengawas Kec. Garut Kota, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kec.Garut Kota, Seluruh Kepala Sekolah dan Guru Kecamatan Garut Kota “dari Garut kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih baik”.

Tujuan dari GEMILANG itu sendiri tambahnya, yaitu ada beberapa point diantaranya :

  1. Untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berkolaborasi dengan perguruan Tinggi di Garut
  2. Untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru di Garut Kota
  3. Untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi kepala sekolah dan guru di Garut Kota
  4. Membangun penguatan Pendidikan karakter kepala sekolah dan guru di Garut Kota
  5. Untuk meningkatkan kemampuan literasi kepala sekolah dan guru di Garut Kota
  6. Untuk meningkatkan kolaboratif kepala sekolah dan guru di Garut Kota

Guna merealisasikannya, pihak kami melakukan MoU dengan Perguruan Tinggi yaitu ITG, sehingga para Guru nantinya akan melek IT, berinovasi, kreatif, dan lainnya, sehingga keredible, SDM, mutu pendidik bisa meningkat, dan menerapkan pada anak didiknya sesuai dengan kepiawaian mereka menyampaikannya.

Diakhir penjelasan singkatnya, Dr. Hanny berharap, bahwa rangkaian kegiatan ini akan menjadi awal dari kolaborasi untuk bersama-sama belajar, baik untuk hal yang baru maupun berbagi best practice pengelolaan sekolah juga dalam pengembangan inovasi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan adanya pemerataan mutu pendidikan di Garut Kota khususnya.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *