Vaksinasi Booster Mulai Diberikan Kepada Masyarakat Garut

Share posting

Oleh ; Wishnoe Ida Noor

Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka kick off vaksinasi dosis ketiga (booster) Covid-19 di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (15/1/2022).(Foto: Muhamad Azi Zulhakim/ Deni Septyan/ Diskominfo Garut-grahabignews.com)

 

Garut – Setelah melakukan gerak cepat mengejar target vaksinasi Covid-19 dosis 1 & 2 di Kabupaten Garut, kini Pemerintah Kabupaten Garut melakukan kick off vaksinasi dosis ketiga (booster). Kick off dilakukan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Sentra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (15/1/2022).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menuturkan vaksinasi booster ini tidak seperti dosis kesatu dan kedua yang menyediakan pelayanan door to door, melainkan pelayanan vaksinasi hanya dilakukan di puskesmas, klinik, rumah sakit, serta di fasilitas kesehatan lainnya.

Meskipun kini terdapat vaksinasi booster, Rudy menyebutkan pihaknya juga terus melakukan gerakan cepat vaksinasi dosis kesatu dan kedua, terutama vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Rudy juga menuturkan, pihaknya akan segera menambah bilik di Sentra Vaksinasi Covid-19, Gedung Pendopo jika masyarakat peminat vaksinasi booster cukup tinggi.

“Kalau memang misalnya banyak apa namanya peminat yang datang ke pendopo kita layani booster 3 bukan di sini aja di Klinik polres, dan Kinik Kodim juga akan dibuka,” lanjutnya.

Ia menambahkan, saat ini prioritas vaksinasi booster adalah masyarakat lansia serta masyarakat yang memiliki penyakit komorbid.

Sekretaris Dinas Kesehatan Garut, dr. Leli Yuliani (foto oleh Diskominfo Kab. Garut-grahabignews.com)

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Garut, dr. Leli Yuliani menyampaikan, selain untuk lansia dan kelompok rentan, vaksinasi booster ini juga ditargetkan untuk masyarakat yang memiliki imunokompromais. imunokompromais atau imonodefisiensi sendiri adalah suatu kondisi melemahnya sistem imun yang ditandai dengan efek kuantitatif pada sistem imun seluler, humoral, atau keduanya.

Target dalam kick off vaksinasi booster lansia di Kabupaten Garut ini adalah sebanyak 700 dosis “Kalau untuk seluruh lansia di kabupaten Garut sekitar 57 ribu ya ,tapi kalau hari ini kick off itu sekitar 700 (dosis),” kata dr. Leli.

Ia berharap, dengan adanya vaksinasi booster ini bisa meningkatkan kekebalan imun tubuh masyarakat khususnya lansia terhadap virus corona yang masih mewabah khususnya di Kabupaten Garut ini.

Di tempat yang sama, peserta vaksinasi booster khusus lansia, Liyaya Sevina (63) mengaku senang setelah mendapatkan vaksinasi booster yang diselenggarakan di Gedung Pendopo.

“Senang sekali (bisa mendapat vaksinasi booster) pak, harapannya semoga semua dapat vaksin ketiga, (dan) rakyat (serta) bangsa kita sehat selalu,” tandasnya.

 

Dengan Jajan sebesar 100 ribu rupiah, akan dapat 1 kalender cantik Kumetap. Buruan !!!


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *