Polres Garut Minimalisir Kerawanan di Lokasi Objek Wisata

Share posting

Oleh: Agung Gunawan

Pengaman Objek Wisata Darajat Pass Oleh Polres Garut, Minggu (29/05). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Garut – Unit Pengamanan Objek Vital Polres Garut melaksanakan pengamanan di beberapa Objek Vital, termasuk di tempat-tempat wisata yang tersebar diwilayah Kabupaten Garut yang beraneka ragam.

Kasat Samapta Polres Garut AKP Yudiono,S.Sos., melalui Kanit Pam Obvit Ipda Ade Hendrawan, SH. menyampaikan bahwa pada setiap Objek Vital ataupun Objek Wisata pasti memiliki tingkat karawanan masing-masing yang terutama kerawanan yang dapat merugikan masyarakat baik karena kecelakaan maupun kriminalitas, oleh karena hal tersebut Unit Pam Obvit melaksanakan pengamanan pada Objek vital maupun Objek Wisata.

Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Garut beserta anggota melaksanakan kegiatan pengamanan pada obyek wisata gunung Darajat Garut yang didalamnya terdapat Taman Air Darajat Pass pada hari Minggu 29 Mei 2022 sekitar pukul 17.00 Wib. Serta berkomunikasi dan kordinasi dengan dengan petugas pengamanan intern demi terciptanya kenyamanan dan keselamaan pengunjung.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Hasil kordinasi dan komunikasi dengan pengelola objek wisata Darajat Pas adalah sebagai berikut :

1. Kapasitas pengunjung taman air darajat pass dapat menampung hingga 20.000 orang, namun sampai puncak masa liburan lebaran hanya mencapai 10.000 orang setiap harinya, sedangkan untuk hari libur biasa (weekend) rata-rata pengunjung hanya mencapai 5.000 – 8.000 orang.

2. Ketersedian Lahan Parkir kendaraan masih tercukupi, untuk lahan parkir bagi kendaraan R4/ lebih dapat memuat hingga 2.000 kendaraan sedangkan untuk R2 dapat memuat hingga 5.000 kendaraan.

3. Pengelola telah mempersiapkan ruang istirahat khusus untuk para pengemudi bus pariwisata/ kendaraan pribadi.

4. Pengelola telah meningkatkan upaya pengamanan dalam rangka mengantisipasi kejahatan pecah kaca dan telah memasang spanduk himbauan agar mewaspadai aksi kejahatan pecah kaca.

5. Pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 walaupun ada pelonggaran penggunaan masker oleh pemerintah.

6. Pengelola telah mempersiapkan pool guard yang bersertifikasi beserta kelengkapannya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pengunjung yang tenggelam di area kolam renang.

Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Garut juga memberikan himbauan kepada para pengunjung agar Khususnya kepada para orang tua agar anak-anaknya yang bermain di taman air tetap dalam pengawasannya, Menjaga seluruh barang bawaanya dengan baik agar tidak tertinggal atau hilang, Tidak meninggalkan barang berharga didalam mobil untuk menghindari aksi kejahatan pecah kaca dan tetap menerapkan protokol Kesehatan.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *