Antusias Pamilon Pasanggiri Bahasa Sunda Tingkat SD Di Kecamatan Banyuresmi Luar Biasa

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Lilis Yuliati, M.Pd.

Antusias Pamilon Pasanggiri Bahasa Sunda Tingkat SD Di Kecamatan Banyuresmi Luar Biasa (foto oleh Andri-grahabignews.com)

Garut – Bertempat di SDN 1 Banyuresmi Jl. KH.Hasan Arief  (19/9), Ano Wirno,S. Pd.I., selaku pembawa acara Pasanggiri tingkat Kecamatan  Banyuresmi, memulai acara tepat pukul 09.25 WIB. Pasanggiri Bahasa Sunda yang di ikuti oleh 8 gugus di wilayah bidang pendidikan kecamatan  Banyuresmi ini, dan dihadiri oleh Camat Banyuresmi, Korwil, Ketua PGRI, Korwas selaku Ketua Pelaksana serta para Guru Pembimbing dengan para Juri dari Kabupaten Garut.

Panitia Pelaksana, Ano Wirno ,S.Pd.I (foto oleh Andri-grahabignews.com)

Panitia Pelaksana, Ano Wirno ,S.Pd.I. pada GrahaBigNews, mengatakan bahwa “Pamilon”(Peserta) Pasanggiri Bahasa Sunda yang berada di wilayah lingkungan Pendidikan Kecamatan Banyuresmi, yang dalam hitungan terdiri dari 8 gugus. Alhamdulillah hampir 99% mengikuti kegiatan seleksi pasanggiri tingkat Kecamatan yang seleruh pesertanya  telah mengikuti seleksi tingkat gugus.

Dirinya mengungkapkan, pada kegiatan tersebut ada Tujuh mata lomba yang dilombakankan dalam Pasanggiri Bahasa Sunda di lingkungan pendidikan Kecamatan Banyuresmi meliputi : Biantara, Maca Sajak, Ngadongeng, Nembang Pupuh, Maca jeung Nulis Aksara Sunda, Ngarang Carpon, Ngaborang (Ngabodor sorangan).

Juri dari Kabupaten Garut bersama Korwil Dinas Pendidikan Kec, Banyuresmi, Korwas dan Ketua PGRI (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Atas nama  panitia, Ano Wirno,S.Pd.I., berharap semoga Program Pemerintah dalam rangka “Ngamumule bahasa Sunda” ada dalam kelancaran juga besarmakna dan manfa’atnya wabilkhusus untuk anak-anak, umumnya warga masyarakat sekitar.

Ketua Panitia Pasanggiri, H. Nduh Yayat, S.Pd.I Korwas Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi (tengah) bersama Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi Gunara Taofik, M.M.Pd., dan  Ketua PGRI, Dedi Dani Ramdani, M.MPd (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Senada dengan Ketua Panitia Pasanggiri, H. Nduh Yayat, S.Pd.I Korwas Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi mengucap syukur Alhamdulillah,  bahwa kegiatan pasanggiri Bahasa Sunda di wilayah bidang pendidikan kecamatan Banyuresmi, mulai dari persiapan selama tiga minggu bias terlaksana dengan baik dan lancar.

Dirinya mengakui, kegiatan Pasanggiri ini bisa disebut sebagai kegiatan pertama kalinya di tingkat kecamatan Banyuresmi, sehingga paktanya para peserta yang mengikuti tidak maksimal, dikarenakan selama dua tahun sempat vakum akibat masa pandemic Covid-19.

Lebih jauh dijelaskan Korwas Banyuresmi, kegiatan Pasanggiri Bahasa Sunda ini adalah kegiatan masa pembelajaran yang berkaitan dengan mulok Basa Sunda kurang terpokus, mengingat kegiatan pembelajarannya melalui Daring. Tapi, Alhamdulillah dengan adanya kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan tingkat Kecamatan ini, kami sebenarnya merasa ”sono” dengan kegiatan ini.

Antusias Pamilon Pasanggiri Bahasa Sunda Tingkat SD Di Kecamatan Banyuresmi Luar Biasa (foto oleh Andri-grahabignews.com)

“Mengingat degan pandemi tadi, tapi sekalipun persiapan dan segalnya kurang maksimal, Alhamdulillah pelaksanaan dapat berjalan dengan baik, lancar  dan kami atas nama panitia merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan Pasanggiri Bahasa Sunda tingkat Kecamatan Banyuresmi,” ujarnya.

Dia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas antusias guru-guru terhadap kegiatan Pasanggiri Bahasa Sunda ini sangat bagus, hanya persiapannya saja yang serba seadanya, namun demikian tidak mengurangi semangat untuk terselengaranya acara ini.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi Gunara Taofik, M.M.Pd. (foto oleh Lilis Yuliati-grahabignews.com)

Sementara Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Banyuresmi Gunara Taofik, M.M.Pd., dirinya mengucapkan terimakasih kepada jajaran panitia yang telah melaksanakan kegiatan seleksi Pasanggiri Bahasa Sunda tingkat Kecamatan Banyuresmi.

Pamilon Pasanggiri Bahasa Sunda Tingkat SD Di Kecamatan Banyuresmi (foto oleh Andri-grahabignews.com)

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Pasanggiri Bahasa Sunda ini, khusunya kegiatan di  Kecamatan Banyuresmi, bisa bersaing di tingkat kabupaten. Kegiatan ini diharapkan bukan hanya seremonial belaka, tapi ini merupakan betul-betul hasil pembinaan dari tiap-tiap gugus, yang bisa mewakili Kecamatan Banyuresmi di tingkat kabupaten juga Provinsi,” ucapnya.

Camat Banyuresmi, Dra. H. Eti Nurul Hayati, M.Si (foto oleh Andri-grahabignews.com)

Camat Banyuresmi, Dra. H. Eti Nurul Hayati, M.Si pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan Pasanggiri Bahasa Sunda tingkat Kecamatan ini berarti Kecamatan Banyuresmi ikut ngamumule budaya Sunda.

Pamilon Pasanggiri Bahasa Sunda Tingkat SD Di Kecamatan Banyuresmi (foto oleh Andri-grahabignews.com)

“Saya ucapkan terimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara Pasanggiri Bahasa Sunda ini, semoga acaranya sukses, tertib, aman dan lancar. Demikian juga kepada para peserta yaitu adik-adik peserta didik yang begitu antusias mengikuti Pasanggiri ini,” pungkasnya.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GrahaBigNews