BPP Banjarwangi Kenalkan Dunia Pertanian Kepada Siswa

Share posting

Oleh: Masrian, S.Pd.I

Photo Bersama PPL BPP Banjarwangi, Gunawan, SP dan siswa /i SMA 1 Banjarwangi. (Photo: Masrian, S.Pd.I – grahabignews.com)

Garut – Bertempat di perbatasan Desa Wangunjaya dan Desa Kadongdong SMA 1 Banjarwangi bekerjasama dengan tim BPP kecamatan Banjarwangi, Rabu (19/02) adakan kegiatan pengenalan dan penggalian potensi pertanian bagi siswa.

Hal tersebut karena Kecamatan Banjarwangi memiliki potensi pertanian yang beragam dan tidak sedikit masyarakat yang menggarap sawah maupun kebun, sehingga lahan tersebut digunakan untuk kelangsungan hidup sebagian masyarakat di desa.

Giat tersebut, di ikuti oleh siswa /i SMA 1 Banjarwangi  kelas X dan X1 yang terdiri dari 55 siswa yang dibagi kedalam 4 kelompok lapangan dengan di dampingi oleh petugas Pertanian Lapangan. Di mana dalam setiap kelompok berbeda pengamatan dan penggalian potensi.

Pengamatan padi sawah Jajar legowo 2( JARWO 2) oleh siswa. (Photo: Masrian, S.Pd.I – grahabignews.com)

Pembagian kegiatan yaitu satu kelompok menggali potensi tentang teknik budidaya padi sawah dan pemanpaatan tanaman pekarangan. Sementara kelompok yang lainya menggali potensi tentang pengamatan sumber air ,saluran irigasi dan hubunganya dengan pesawahan milik  petani di pedesaan dan kelompok yang ke 3 dan ke 4 mengamati langsung ke areal sawah yang sudah menerapkan teknologi jajar legowo

PPL BPP Banjarwangi, Gunawan, SP memaparkan, bahwa jajar legowo merupakan salah satu teknik tanam pindah padi sawah yang mengatur barisan tanaman pad,i baik itu jarwo 2:1 atau 3:1 dan diselingi barisan kosong ( Legowo).

“Penerapan jarak tanam baik antar barisan maupun dalam barisan dapat di pahami oleh para siswa/i. intinya anak-anak sekolah dikenalkan dan diberikan pendekatan secara khusus mengenai dunia pertanian untuk menarik minat mereka mau memanfaaatkan potensi di daerahnya,” ungkapnya.

(Photo: Masrian, S.Pd.I – grahabignews.com)

Tanggapan parasiswa dalam kegiatan ini, yakni pengenalan dibidang pertanian mendapat respon yang baik dan antusias serta aktif dalam mengikuti kegiatan. Begitu juga saat kegiatan diskusi berlangsung dengan aktif.

Pengelola sekolah SMA 1Banjarwangi Pipin Awaludin,S.Pd ketika ditemui GrahaBigNews mengungkapkan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar para siswa bisa lebih peduli Lingkungan dan bisa memanfaatkan potensi yang ada. Diharapkan siswa/i mempunyai karakter betapa pentingnya Pertanian untuk keberlangsungan hidup manusia.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *