Berita

MGMP Rayon 04 Matematika Usai Laksankan Lomba Cepat Tepat (LCT)

Share posting

Edukatif Ekslusif

Oleh : Lilis Yuliati, S.Pd., M.Pd.

MGMP Rayon 04 Matematika Usai Laksankan Lomba Cepat Tepat (LCT) (foto file Ibu Sadiah, M.Pd.-grahabignews.com)

Garut – Suatu kegiatan edukatif kami transformasikan untuk pembaca budiman GrahaBigNews, Senin (02/3) melalui ibu Sadiah, M.Pd., terkait usai dilaksanakannya  MGMP Rayon 04 yang dilaksanakan 2 hari berturut-trurut berupa kegiatan Lomba Cepat Tepat (LCT), berikut informasi selengkapnya.

Bertempat di SMPN 1 Banyuresmi, Jln.KH.Hasan Arief Banyuresmi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rayon 04 Matematika, pada tanggal 26 – 27 Februari yang lalu, telah melaksankan Lomba Cepat Tepat (LCT), dengan mengusung Tema ” Melalui LCT Matematika, Kita Wujudkan Peserta Didik yang Berkarakter dan Berpikir Kritis Menuju Abad – 21”.

Acara tersebut  dihadiri oleh Ketua Rayon 04 sekaligus Pembina MGMP Matematika, H. Koswara S.Pd. M.Pd., Kepala SMPN 1 Banyuresmi,. Wawan Setiawan, S.Pd., selaku tuan rumah dan Ketua MGMP  Matematika Kabupaten, Dede Sudjadi,. M.Pd,.

Ketua Panitia Usep Suherdi  S.Pd., (foto oleh Ibu Sadiah, M.Pd.-grahabignews.com)

Ketua Panitia Usep Suherdi  S.Pd., dalam laporannya menyampaikan, kegiatan LCT yang ke-3 ini berlangsung selama dua hari dan dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Februari 2020.  Kegiatan ini diikuti oleh  26 regu dari 23 SMP yang ada di rayon 04 yaitu 13 sekolah Negeri, 9 sekolah Swasta dan 1 MTS.

MGMP Rayon 04 Matematika Usai Laksankan Lomba Cepat Tepat (LCT) (foto file Ibu Sadiah, M.Pd.,-grahab ignews.com)

Sementara itu ketua MGMP Rayon 04 Sadiah, M.Pd., dalam sambutannya mengucapan terima kasih kepada SMPN 1 Banyuresmi yang telah bersedia menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan LCT ke – 3  ini. Juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.

MGMP Rayon 04 Matematika Usai Laksankan Lomba Cepat Tepat (LCT) (seluruh foto dalam pemberitaan ini oleh Ibu Sadiah, M.Pd.-grahabignews.com)

Masih dalam sambutannya Sadiah, M.Pd., mengatakan LCT  merupakan program MGMP matematika Rayon 04 yang sudah biasa di laksanakan  setiap tahun, dengan  memperebutkan piala bergilir dari rayon. Keberhasilan  MGMP tergantung etos kerja dari para anggotanya. LCT merupakan kegiatan untuk memupuk silaturahmi para guru matematika se rayon 04 dan di jadikan sebagai ajang kompetisi bagi para siswa untuk bisa berpikir kritis, pungkasnya.

Dede Sudjadi M.Pd.,  ketua MGMP Kabupaten Garut (foto oleh Ibu Sadiah, M.Pd.,-grahabignews.com)

Lain halnya dengan Dede Sudjadi M.Pd.,  ketua MGMP Kabupaten Garut, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada MGMP rayon 04 yang telah menyelenggarakan LCT, karena hanya MGMP rayon 04 di Kabupaten Garut,  satu-satunya MGPM yang secara rutin menyelenggarakan LCT matematika.

Lebih lanjut Dede Sudjadi berharap, LCT bisa menjadikan motivasi kegiatan belajar matematika supaya lebih menyenangkan. LCT bisa dijadikan ajang silaturahmi dan ajang bertanding dalam merangsang minat belajar bagi MGMP rayon yang lain.

Wawan Setiawan , S.Pd., Kepala SMPN 1 Banyuresmi 9foto oleh Ibu Sadiah, M.Pd.,-grahabignews.com)

Wawan Setiawan , S.Pd., Kepala SMPN 1 Banyuresmi  selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan, sangat  mengapresiasi kepada MGMP Rayon 04 matematika,  yang mampu melaksanakan  kegiatan LCT secara  rutin. Dan dengan adanya kegiatan ini semoga  bisa menjadikan siswa berfikir cerdas, bekerja keras dan berhati Ikhlas.

H.Koswara, S.Pd, M. Pd., dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan apresiasi untuk MGMP rayon 04. kegiatan LCT merupakan suatu kegiatan untuk memotivasi belajar di tingkat sekolah. Membangun minat terhadap pembelajaran Matematika di kalangan siswa.

Lebih lanjut ungkap Kosawa, LCT dapat menumbuhkembangkan berpikir kritis, menanamkan keberanian kepada siswa dan menumbuhkan sikap kompetisi yang sehat, sebagai inovasi  dalam pembelajaran. Dengan mengucapkan Basmallah kegiatan LTC resmi di buka.

Kepada GrahaBigNews Sadiah, M.Pd., menyampaikan  tahapan kegiatan yang dilaksanakan, pertama seleksi tertulis diambi 16 regu untuk bisa masuk ke babak penyisihan. Tahap ke dua babak penyisihan 16 regu yang terdiri dari 4 putaran, masing – masing putaran diambil 2 regu yang nilainya tertinggi. Tahap ketiga semi final terdiri dari 8 regu terdiri dari 2 putaran , dan masing – masing putaran di ambil 2 regu, dan tahap yang keempat merupakan final  yang terdiri dari 4 regu.

Sebelum menutup penjelasannya Sadiah menyampaikan, kegiatan LCT telah menghasilkan juara – juara handal, baik secara beregu maupun perorangan. Untuk beregu  Juara 1 dan 2 diraih SMPN 1 Kadungora, juara 3  diraih SMP PLUS Muhamadiyah Cibiuk dan untuk harapan diraih SMPN 1 Leles

Sementara  itu untuk tertulis perorangan  juara 1 Syararudin dari  SMPN 1 Banyuresmi, juara 2 Astrina dari SMP 1 Leles dan juara 3 Winda dari MPN 1 Banyuremi. Dan untuk hadiah, mereka mendapatkan piala juga uang pembinaan, pungkasnya.


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

5 jam ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

3 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

3 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

3 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

4 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

4 hari ago