Oncom Bandung Tergerus Dengan Jaman Terhempas Dengan Masa Di Tengah Covid-19

Share posting

Liputan Eksklusif

Oleh : Abah Litbang

H. Oo penjual Oncom Bandung Tetap Eksis Berjualan Meski terkena dampak Covid-19 Penjualannya menurun (foto oleh Abah Litbang-grahabignews.com)

Garut – Diera tahun 80 sampai awal era reformasi bergulir, nama oncom Bandung masih terdengar lewat lantunan para penyanyi Sunda legendaris baik pop maupun keliningan. Bahkan ahli-ahli kuliner yang kreatif dari mulai ibu-ibu rumah tangga dan pengusaha warung nasi serta penjual nasi keliling diracik atau di modifikasi jadi Nasi tutug oncom, sambal oncom serta ulukutek Lenca pakai onccom bahkan surabi pakai oncom, karena Oncom Bandung punya citra rasa tersendiri di tatar priangan khususnya dan tatar pajajaran umumnya.

H.Oo (70 th) produsen dan penjual langsung oncom Bandung di pasar induk Guntur Ciawitali Tarogong Kidul Garut pada GrahaBigNews, Rabu (08/4) menuturkan penjualanya semenjak Covid 19 ramai dan sekolah di liburkan aktivitas kantor di batasi, sangat dirasakan lesu serta omset pun 75 % – 85 % terejun drastis.

Apa hendak dikata, dengan adanya wabah covid-19 semua pelaku pasar kompensional dan moderen mengalami lesu  hal sama, lesunya perekoniomiian.

Menurut pengakuan H. Oo, bahwa sekarang paling / hari habis 20 kg – 25 kg.ya sebelum kondisi begini mencapai 100 kg /hari tuturnya.

OO menjelaskan sambil senyum, “saya bukan tidak mengindahkan seruan penerintah harus diam dirumah tuk memotong mata rantai penyebaran covid 19, saya jua pingin sehat kalau saya diam di rumah badan gak gerak, saya takut sakit dan saya tdk mau merepotkan anak istri dan cucu”, ujarnya.

Kata dia,  hal ini dilakukan karena dirinya ingin  sehat serta aktipitasnya berusaha tetap berjalan secara rutinitas selagi mampu. “ Maunya sih di rumah kalau tidak ingat akan kewajiban sebagai kepala rumah tangga mah”, ujarnya.

H.Oo keluar rumah menuju pasar, sehabis sholat subuh. Dia yakin Pada Alloh swt , Insya alloh bahwa Alloh swt tidak akan menibankab penyakit kpd orang-orang yang tidak di kehendaki-Nya. Kita sebagai umat muslim dan hamba Alloh, patut berusaha berdoa dan waspada dalam segala hal, serta semoga Alloh swt merahmati kita semua, pungkasnya diiringi pesan moralnya pada GrahaBigNews.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *