Gebrakan Nyata Komunitas “Bersama Talangseng Bisa” Bagi Lingkungan

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

ke dua kiri: Founder Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Edy Kuntoro, S.T. Bersama Abah Agus Riyanto Selaku Co-founder Komunitas Bersama Talangseng Bisa Saat Penanaman Pohon Tabebuya di Talangseng. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Komunitas peduli lingkungan bernama “Bersama Talangseng Bisa” baru seumur jagung, namun kepedulian terhadap lingkungan terutama di kawasan DI Cimaragas Blok Talangseng Kp. Ciburuy Kel. Margawati Kec. Garut Kota begitu tinggi.

Sebelumnya, Jum’at (05/06) telah mencanangkan Bank Sampah Intan Talangseng yang bergerak di sector ekonomi kerakyanan. Hari ini, Minggu (14/06), komunitas tersebut melakukan penanaman pohon sekaligus pemberian roda sampah kepada warga RW 21 Kp. Pesantren Kel.Kota Kulon Kec. Garut Kota.

Simbolis Pengadaan Roda Sampah Oleh Ketua Komunitas Bersama Talangseng Bisa, Benny Nugraha, S.T Kepada Barnas Selaku Ketua RT 04 RW 21 Kel. Kota Kulon. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

baca juga: http://grahabignews.com/2020/06/07/bsit-garut-jadikan-sampah-bernilai-ekonomi-01/

Founder Komunitas “Bersama Talangseng Bisa”, Edy Kuntoro, M.T., mengungkapkan bahwa berdirinya komunitas tersebut tiada lain karena merasa terketuk pintu hati guna menjaga kelestarian alam, khususnya di Blok Talangseng.

Pengunjang Saat Botram di Kawasan Talangseng. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Alhamdulillah, masyarakat Kp. Ciburuy dari RW 03 dan RW 21 sangat merespon dengan melakukan gerakan gotong royong menata lokasi Talangseng. Semoga warga setempat konsisten menjaga dan mengelola Talangseng, karena begitu besar potensi yang dapat dikembangkan,” tutur Edy.

Wahana Bermain Air bagi Anak-Anak di Talangseng. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Lebih jauh Benny Nugraha, S.T selaku Ketua Komunitas “Bersama Talangseng Bisa”, pemberian roda sampah, semata sebagai ucapan terima kasih atas kepedulian warga Kp. Pasantren RW 21 Kel. Kota Kulon yang selalu bergerak membersihkan lingkungan.

Dengan pemberian roda sampah tersebut, warga lebih termotivasi dan meringankan masyarakat saat bekerja bakti. “Marilah kita jaga dan kelola kawasab ini, karena potensi yang dimiliki DI. Cimaragas Blok Talangseng sangat besar,” ajaknya.

Komunitas Bersama Talangseng Saat Penanaman Pohon. Wahana Bermain Air bagi Anak-Anak di Talangseng. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Ungkap dia, potensi alam yang dapat dikembangkan di Talangseng begitu komplit, mulai lokasi yang masih asri dengan panorama alam pedesaan, wahana bermain anak, repling, camping ground, tempat botram, swafoto dan lainnya.

Panorama Alam Kawasan Talangseng. (Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Kemudian, di Sektor ekonomi kerakyatan yang bisa dikembangkan, semisal ternak ikan, jasa penyewaan alat bahkan pengelolaan sampah. “Apalagi sekarang sudah terbentung Bank Sampah bernama Bank Sampah Intan Talangseng,” pungkas Benny.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *