Pendidikan

Mudah! Begini cara daftar jadi mahasiswa teknik ditengah pandemi Covid 19

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana & Hidir Hidayat, S.Pd

M. Rikza Nashrullah, M.Kom selaku Humas Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG). Poto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut– Seluruh perguruan tinggi berlomba-lomba menarik minat masyarakat untuk mendaptar dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Begitu juga dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG) yang telah membuka pendaftaran bagi Mahasiswa baru.

Akan tetapi, pelaksanaan PMB tahun ini secara daring (dalam jaringan), akibat wabah coronavirus desease (Covid-19). “Pelaksanaan PMB sistem daring, bukan hal baru bagi STTG, karena sebelum pandemi covid-19 pendaftaran Mahasiswa baru sudah menggunakan sistem online,” tutur M. Rikza.

Dijelaskannya, memang secara internalnya tidak terlalu berdampak secara signifikan. Namun dampak eksternal, khususnya terkait kemampuan dan kondisi ekonomi masyarakat.

Kampus STTG, Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. (Poto: Hidir Hidayat, S.Pd – grahabignews.com)

“Untuk pendaftaran bagi Mahasiswa baru secara online, masyarakat atau peminat bisa langsung mengakses ke alamat website pmb.sttgarut.ac.id, dimana batas waktu pendaftaran sampai Agustus 2020, ditengah pandemi ini untuk biaya penyelenggaran pendidikan di STTG dapat dicicil,” sebutnya.

Diakui Rikza, dampak dari pandemi covid -19 yang dialami dan sampai saat ini belum selesai tertangani berpengaruh terhadap Penerimaan Mahasiswa Baru khususnya Jumlah pendaftar.

Dijelaskannya, bahwa untuk penerimaan Mahasiswa secara Online sampai pertengahan bulan Juli 2020 ini masih belum memenuhi target.

Kampus STTG, Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. (Poto: Hidir Hidayat, S.Pd – grahabignews.com)

Diungkapkan Rikza, Program Studi di STTG semua sudah terakreditasi B sama dengan perguruan tinggi diluar Garut, misalnya di Bandung. Tentunya dari segi biaya penyelenggaran pendidikan, relatif terjangkau dibandingkan dengan perguruan-perguruan tinggi lain yang ada diluar Garut.

Apalagi, STTG berada dipusat kota, biaya terjangkau dan dapat dicicil, lulusannya mudah terserap dan fasilitasnya lengkap. Lalu, peluang insinyur atau sarjana teknik, kariernya sangat terbuka luas, baik bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri.

Adapun upaya yang dilakukan guna menarik calon mahasiswa, STTG sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait pentingnya kuliah di sekolah teknik.

Jl. Mayor Syamsu No.1, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. (Poto: Hidir Hidayat, S.Pd – grahabignews.com)

“Kalau secara masal kita menggunakan media sosial, radio dan juga pemasangan spanduk. Kalau di sekolah kerjasama dengan guru bimbingan konseling dan penggunaan media-media promosi yang lain,” imbuh Rikza.

Rikza berharap, mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan kondisi ekonomi cepat pulih, sehingga tidak ada hambatan bagi masyarakat khususnya calon mahasiswa untuk menimba ilmu di sekolah teknik.

Cara mendaftar sistem online di STTG:

1. Akses www.pmb.sttgarut.ac.id
2. Pilih Daftar Baru
3. Isi formulir pendaftaran
4. Login dengan Nomor Peserta dan Password yang telah ditentukan
5. Pilih Melengkapi data, Lengkapi data dan lakukan Pembayaran sebesar Rp.200.000, ke rekening BNI 822 9999 184 an. SPMB STTG
6. Pilih Upload Dokumen, Upload bukti pembayaran dan photo resmi (4X6).
7. Selanjutnya kamu bisa mengikuti Ujian Saringan Masuk Online yang dapat diakses di www.pmbujian.sttgarut.ac.id, untuk username dan password USM silahkan menghubungi WA 0877 9796 8889.
8. Bukti kelulusan ujian dapat diambil di Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru STT Garut.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.sttgarut.ac.id atau menghubungi WA 0877 9796 8889


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

6 jam ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

3 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

3 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

3 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

4 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

4 hari ago