Catatan Kaki Talk Show Komunitas Komputer Dan Laptop Garut Bersinergi Melakukan Perubahan Luar Biasa!

Share posting

Oleh : Pemimpn Redaksi, Wishnoe Ida Noor

Wishnoe Ida Noor, Pemimpin Redaksi GrahaBgNews (foto istimewa-grahabignews.com)

Salam sejahtera,

Selamat kepada Komuntas Komputer dan Laptop Garut (KLG)  yang telah menyelenggarakan Talk Show pencerahan hukum bagi para pelaku usaha elektronik di Kabupaten Garut ini. Rabu, 22 Novemer 2020.

Selaku Pemimpin Redaksi GrahaBigNews, saya memberikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih sudah dilibatkan menjadi sponsor pada kegiatan tersebut, sehingga kami bisa bersinergi di dalam kontribusi menyampaikan informasi pada public terkait keberadaan, dan kiprah dari KLG itu sendiri.

Berdasarkan latar belakang banyak hal yang dialami oleh para pelaku penjual elektronik, baik komputer maupun laptop ketika mereka merasa buta masalah hukum. Bagaimana agar para pelaku usaha di bidang elektronik khusunya komputer dan laptop yang ada di Kabupaten Garut, bisa melakukan transaksi penjualan dengan baik, tertib, dan memenuhi aturan hukum. Dan bagaimana para pelaku usaha tersebut bisa melek hukum? serta bagaimana persyaratan jual beli yang memenuhi secara aturan. Bagaimana rumitnya jual beli barang yang sudah tidak gress yang kerap di tuding menyalahi aturan ataupun d duga selaku penadah barang, sehingga tak ayal menjadi persoalan pelik bagi para pelaku usaha elektronik di KLG. Itu adalah substansi yang menjadi topik pada acara talk show yang telah diselenggarakan di Arbretum, Samarang Minggu (22/11/2020).

Dari seluruh rangkaian acara yang diawali dengan lantunan lagu dari suara Amey Gancell yang nota benenya bertindak selaku pembawa acara/MC, seluruh peserta talk show dari KLG menikmati nuansa tersebut dengan penuh suka cita. Kepiawaian seorang MC di dalam memandu sebuah acara, berusaha bagamana caranya agar acara tersebut bisa hidup, komunikatif, dan persuasif, berhasl dbangun oleh Amey Gancell.

Sebelum memasuki acara inti terkait pencerahan hukum bagi peserta talk show dari komunitas KLG, nara sumber pertama dihadirkan dengan substansi terkait pentingnya mengelola organisasi dengan tertb, terarah, terukur, tertb, sehingga profesional dan mampu bersnergi dengan phak pemerintah maupun swasta yang dsampakan oleh Kang Tanto Sudianto Rieza.

Dalam penjelasannya Kang Tanto menandaskan, bahwa KLG ini adalah aset dalam menunjang pereknman di Kabupaten Garut dalam bdang elektronik. Komunitas Komputer dan Laptop Garut (KLG) ini, selain sudah terbentuk, maka seyogyanya sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk diperhatikan.

Untuk itu lanjut Kang Tanto, silahkan KLG ini dimenej dengan baik, baik secara structural, dan lainnya yang diharapkan kiprahnya bisa bersinergi dengan pihak pemerintah, serta secara otomatis program-program pemerintah yang ada di Kabupaten Garut ini, KLG bisa lebur dan terlibat di dalamnya.

“Apalagi di seluruh instansi Kabupaten Garut ini, sangat membutuhkan yang namanya sarana computer di era digital sekarang ini. Bagaimana caranya agar Komunitas Komputer dan Laptop Garut ini juga bisa terlibat di dalamnya”, tandas Kang Tanto.

Mash kata Kang Tanto, dalam KLG ini coba agar brand-nya bisa lekat, dekat, dan mudah di kenal oleh masyarakat, harus diperhatikan, Selain itu membina kemitraan dengan pemerintah, sehingga komunitas KLG ini akan maju dalam layanan produk, dan hidup secara ekonomi sejahtera.

Setelah sejenak para peserta talk show yang tergabung dalam komuntas KLG mendengarkan pencerahan marketplace dan pengelolaan organisasi, Amey Agency kembali melibatkan ibu-ibu untuk melakukan senam dari Sanggar Senam Amey. Instruktur senior, Ibu Jui dan Ibu Neni sama-sama unjuk kebolehaan bersenam bersama anggotanya dengan harapan, bahwa talk show berjalan dengan baik, dan tetap sehat dengan beraolahraga.

 

Pada kesempatan tersebut juga dari Sanggar Senam Amey memperkenalkan olahraga Gymnastic dengan instruktur, Fajar. Menurut pria yang mengaku asal Bogor ini menjelaskan, bahwa olahraga Gymnastic, adalah cabang olahraga dan induknya olahraga, menyangkut keseluruhan dari dasar-dasar olahraga yang menyangkut kekuatan tubuh, kelenturan, dan kelancahan.

Olahraga Gymnastic Sudah Ada Di Sanggar Senam Amey Gancell Turut Semarakan Talk Show Komunitas Kmputer Dan Laptop Garut (foto oleh Wishnoe da Noor-grahabignews.com)

Olahraga Gymnastic lanjut Fajar, bisa diikut oleh semua umur, dari mulai 5 tahun sampai usia lanjut. Olahraga tersebut kata dia, sangat bermanfaat, diantaranya bisa memperbaiki struktur tubuh, memperlancar peredaran darah, membuat anak terhindar dari cidera otot.

“Manfaat lannya dari olahraga Gymnastic,  membuat anak bisa menjadi mandiri, karena di dalamnya ada pembelajaran untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi.

Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H., Berikan Pencerahan Hukum Pada Komunitas Komputer Dan Laptop Garut (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Komunkatif interaksi yang disampaikan oleh praktisi bidang Hukum, Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H, dan kehadirannya mampu menjawab hal-hal yang dihadapi oleh para penjual komputer maupun laptop yang tergabung dalam Komuntas KLG, terkait transaksi barang maupun menerima barang dijual oleh knsumen ke tokonya, serta transaksi jual bel barang yang sudah tidak orignal.

Menurut Shopi Martin, bahwa berjual beli itu harus melek hukum, jangan sampai nantinya merugikan kedua belah piihak, dan bersentuhan secara hukum. Komunkasi yang baik, dan akad jual beli yang tertib secara admnstrasi.

Bagi para pelaku usaha elektronik dalam Komunitas Komputer dan Laptop, tidak usah takut berjualan selama dalam aturan hukum yang berlaku, karena Negara kita in adalah Negara hukum, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, para peserta KLG melakukan sharing dan keluhan seputar transaksi barang yang sudah tidak gress, karena tidak melek hukum sehingga kerap disangka selaku penadah, dan ditandaskan oleh Shopi lakukan komunikasi yang baik, dan jelaskan saja selama memenuhi aturan hukum.

Dalam berniaga di bidang elektronik khususnya Komputer dan Laptop, kita harus taat pajak karena itu hukum. Apalagi sudah punya komuntas d KLG, jadi di dalam menyikapi permasalahan jual beli baik barang gress maupun non original, selama dalam aturan jangan takut, tandas Shopi.

“Untuk itu di komunitas Komputer dan Laptop Garut ini akan terasa ringan di dalam menyikapi masalah transaksi barang dengan menjadikan komuntas KLG ini tertib secara structural, sehingga tufoksi masing-masing diviisi bisa berjalan dengan baik termasuk menyikapi masalah yang berkaitan dengan hukum”, ujarnya.

Informasi yang tak kalah pentng terkait keberadaan Komunitas Komputer dan Laptop Garut (KLG) secara structural di ketuai oleh Deni Hermawan yang kerap disapa Abah.

Bahwa, Komunitas Komputer dan Laptop Garut (KLG) merupakan organisasi non profit yang anggotanya orang perorangan/ individu yang usahanya di bidang komputer, baik usahanya di bidang laptop, PC, printer, cctv, PlayStation, atau sejenisnya dan profesinya sebagai pedagang, teknisi, programmer, installer, dan lain-lain yang ada hubungannya dengan komputer.

Sebagaimana yang tercantum dalam Anggaran Dasar, komunitas KLG mempunyai azas, visi, misi, dan tujuan untuk menjalin silaturahmi, berbagi informasi, dan jual beli baik barang maupun jasa dalam iklim usaha yang kondusif dan saling menguntungkan berdasarkan nilainilai kekeluargaan, nilai-nilai sosial, dan ketuhanan.

Abah Deni menjelaskan, bahwa anggota Komuntas Komputer dan Laptop Garut (KLG) saat ini berjumlah 51 orang Anggota, dan 7 orang Calon Anggota.

Term Of Reference (TOR) pada acara talk show di aula Arboretum kawasan Samarang kata Abah Deni, berdasarkan latar belakang, bahwa derasnya perkembangan pasar online di berbagai platform menjadi tantangan yang maha berat terutama karena konsumen sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, harga dan jenis produk. pun demikian dengan layanan kompetitor tidak hanya lokal saja tetapi cakupannya sudah nasional.

Hal ini tentu saja berpengaruh besar terhadap jalan dan perkembangan usaha di bidang komputer di Garut khususnya sehingga perlu disikapi dengan strategi yang tepat, management yang kuat, dan iklim usaha yang kondusif.

“Demikian pula transaksi jual beli dan servis (perbaikan) terutama barang bekas yang menjadi objek transaksi, proses transaksinya lebih rumit daripada transaksi jual beli barang baru, baik  ditinjau dari sumber barang, harga, jenis, kondisi barang, negosiasi, layanan purna jual, aspek hukum dan lain sebagainya”, ungkapnya.

Hal-hal tersebut kata Abah Deni, menjadi pokok perhatian Komunitas Komputer dan Laptop Garut dalam acara rutin pertemuan anggota saat ini, oleh karena itu dalam acara tersebut acara pokoknya adalah sesi motivasi dan promosi dengan menghadirkan nara sumber dari berbagai disiplin ilmu, sehingga diharapkan anggota mendapat wawasan, pengalaman dan pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan dalam meningkatkan kemajuan usahanya.

Acara pertemuan anggota komunitas menurutnya Abah Deni, merupakan salah satu program kerja rutin yang diselenggarakan  pada rentang waktu setiap tiga bulan. Dihadiri oleh pengurus dan anggota serta tamu undangan.

Adapun sasaran yang ingin dicapai, adalah mempererat silaturahmi, berbagi informasi dalam  upaya meningkatkan kualitas SDM anggota.

Sekretariat Komuntas Kmputer dan Laptop (KLG) berada di Jl.Subyadinata No.39 Pataruman, Tarogong Kidul, Garut 44151 – Telp.0811241251.

Secara structural, kepengurusan di dalam KLG terdiri dari

Susunan Pengurus inti Kmunitas Komputer dan Laptop Garut (KLG)

Dewan Pengurus

Ketua Umum/Ketua Dewan Pengurus oleh Deni Hermawan atau Abah, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi oleh Asep Saepulah, SPSI.I/Pakarcom. Ketua Bidang Keuangan oleh Atep Jalaludin/Rzl Com, Ketua Bidang Kesekretariatan oleh A.N. Arief, ST/Adri Data Com,  Ketua Bidang Managemen dan Pengembangan Usaha oleh Sujianto Ramdani A./RLG, Ketua Bidang Teknik oleh Dadeng Suryana/AhyardCom, Willy M /ALS (Anggota) ,  Ketua Bidang Pengembangan SDM oleh Mamin Nurman/ Multikom, Ketua Bidang Sosial dan Keagamaan oleh : Miftah Parid, S.Pd.I/Gigakom dan  Aceng Furqon,S.Sy./LMG (Anggot ), dan Ketua bidang Hukum dan Pemerintahan oleh Elin Herlina/Gancell.

Sedangkan Dewan Penasehat yaitu :

Shopi Martin, S.H, C.L.A, M.H (praktisi) Bidang Hukum

Wahyudin, S.Kom (motivact) bidang Peningkatan SDM

Janur M. Bagus (FK-KIM) bidang Informasi dan Komunikasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *