SSA Sebagai Solusi Reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Garut, Suherman, memberikan keterangan tentang SSA bila reaktivasi jalur kereta api beroperasi, di kantornya, Jalan Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (23/12/2020). (Foto : Yan AS/ Diskominfo Garut-grahabignews.com)

Garut  – Saat ini salah satu pembangunan infrastruktur yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah reaktivasi jalur Kereta Api Cibatu – Garut, yang sudah lama tidak beroperasi.

Diaktifkannya kembali jalur Kereta Cibatu-Garut, membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, melakukan beberapa rekayasa lalu lintas, salah satunya memberlakukan SSA atau Sistem Satu Arah.

“Kami sudah memberlakukan sesuai dengan SK (Surat Keputusan) bupati terkait SSA (atau) Sistem Satu Arah, yang diberlakukan dari mulai Jalan Pramuka sampai ke (jalan) Ahmad Yani,” ujar Kepala Dishub Garut, Suherman, di kantornya, Jalan Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (23/12/2020).

 

SSA ini, lanjut Suherman, sebagai solusi untuk meminimalisir kepadatan jika nanti jalur Kerata Api Cibatu-Garut kembali beroperasi. “Itu (program SSA) salah satu solusi tatkala nanti Kereta Api masuk ke daerah Garut, di mana nanti kepadatan akan terjadi bila kami tidak segera dari sekarang  melakukan langkah-langkah program SSA, artinya adalah Sistem Satu Arah,” ucapnya.

Ia berharap program SSA ini bisa menjadi solusi terbaik sebagai rekayasa lalu lintas menghadapi reaktivasi jalur Kerta Api Cibatu Garut. “Alhmadulillah ini sudah berlangsung dan mudah-mudahan ini menjadi solusi yang baik.” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *