Berita

Rakor Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Garut Dalam Upaya Percepatan ODF 2020

Share posting

Wawancara Eksklusif

Oleh : Wishnoe Ida Noor

 

Kepala Bidang Keseharan Masyarakat(Kesmas) Dinkes Kabupaten Garut, dr. Tri Cahyo Nugroho (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Garut – Sebelum acara Pertemuan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Percepatan Kabupaten Garut Open Defecation Free (ODF) Tahun 2022 yang diselenggarakan di Art Centre kawasan Proklamasi, Kamis (18/03.2021) GrahaBigNews melakukan wawancara khusus dengan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat(Kesmas) Dinkes Kbupaten Garut, dr. Tri Cahyo Nugroho, bahwa acara ini adalah Rakoor Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Garut dalam upaya percepatan ODF.

Dijelaskan Tri, dalam upaya percepatan ODF ini,  dimana masyarakat sudah stop Buang Air Besar  sembarangan dan memang butuh perrcepatan dengan bergerak, dan masih dipandang belum cepat, sehingga Bapak Bupati mengumpulkan kita untuk melakuan percepatan ODF ini, karena  dengan masyarajat tidak Buang Air Besar sembarangan, tentunya menjadi lebih baik lagi derajat kesehatan.

“ Pada acara ini di hadiri oleh  Bapak Bupati, beberapa Kepala Dinas dari SKPD Dinas Kesehatan, BPMPD, BAPPEDA, PUPR, 42 camat,  dan 67 kapus,” ujarnya.

Dirinya berharap, bahwa dengan diadakannya kegiatan ini, bahwa di tahun ini kita bisa deklarasi ODF Kabupaten Garut seperti arahan Bupati.

Disinggung GrahaBigNews, apa yang menjdi kendala dalam ODF ini? Dijelaskannya, bahwa hal itu ada beberapa hal, sebagaimana diketahui ODF itu perilaku masyarakat. Untuk tidak membuang air besar sembarangan, kendalanya bisa disebabkan oleh tingkat kesadaran masyarakat, sehingga masih  memilih BAB di sungai, kebun, tapi juga belum ada air bersih.

Untuk itu masih kata dia, nantinya dalam Rakor ini bagaimana agar sarana air bersih bisa tersedia dengan sarana yang memadai seperti  dengan dibuatkannya jamban, dan ini harus diselesaikan oleh Pemerintah Daerah terutama Camat dengan para Kepala Puskesmas, melalui Desanya masing-masing.

“Insya Allah semua sudah sepakat dan semangat, mudah-mudahan ada perubahan,’ harapnya.

Terkait pada masa pandemi covid-19 ini, selain upaya Rakor ini, menurutnya  memang pihaknya mengalami kendala karena Civid-19 tersebut, karena salah satu kegiatan ODF adalah pemicuan yaitu masyarakat bergerombol  berkerumun, dan melaksanakan rapat.

“Pada tahun 2020 pihak kami dalam melaksanakan program ODF ini memang mengalami kendala, karena memang harus menghindari kerumunan,” tandasnya.

Tetapi 2022 dengan telah dilaksanakan  vaksiniasi yang sudah dimulai semuanya, mulai msayarajat dan tenaga kesehatan, hal ini tentunya sudah mulai ada perkembangan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan untuk bisa kembali meng-goalkan ODF tingkat Desa, Kecamatan, dan tingkat Kabupaten,pungkasnya.

 

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

1 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

1 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

1 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

2 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

3 hari ago

Peran Aktif Danramil Cisurupan Pada TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun… Read More

4 hari ago