Pemerintah

“SARABA SAHATE” Menyapa Hari Air Sedunia 2021

Share posting

Artikel Eksklusif

Ilustrasi, Net.

Oleh : Edy Kuntoro, ST., MT.

Hari Air Sedunia atau World Water Day yang ditetapkan pada tanggal 22 maret 1993 oleh Majelis Umum PBB, termasuk Indonesia di dalamnya mulai diperingati setiap tahun dengan berbagai tema tahunan.

Tahun 2021 mengambil tema “Valuing Water” yang mengandung makna Menghargai Air. Tentunya bukan dalam arti sempit bahwa air mempunyai harga rupiah. Air mempunyai nilai serta pengaruh yang luar bisa dan kompleks bagi kehidupan manusia dari rumah tangga, makanan (pertanian, perikanan dan peternakan), kebudayaan, kesehatan, pendidikan, ekonomis dan kesatuan lingkungan alam manusia.

Menakar nilai multidimensi dan multimanfaat air, pengelolaan air dan sumbernya yang salah, hanya akan memunculkan resiko bencana krisis air yang semakin buruk. Saat ini sudah sering kita dengar di banyak daerah “cepat kebanjiran dan cepat pula kekeringan”. Alih alih menjadi sahabat penopang hidup, air malah menjadi musuh pada beberapa kesempatan.

SARABA SAHATE merupakan upaya pemanfaatan air di saluran penggelontoran kota, di mana seperti kebanyakan saluran di perkotaan yang kotor dan kumuh karena menjadi tempat pembuangan sampah maupun limbah domestik lainnya.

Saluran penuh sampah dan Saluran Bebas Sampah (dok. Edy K)

Permasalahan sampah dan kondisi saluran air yang tidak terawat merupakan permasalahan sendiri, maka dengan berbagai upaya yang melibatkan berbagai pihak, saat ini saluran menjadi bersih, indah tertata serta memberikan nilai pemanfaatan air lainnya, yaitu kesejahteraan yang tentunya memberikan peluang pengembangan lainnya.

Salah satu upaya adalah bagaimana air dan lingkungannya harus dekat dan ada di hati setiap insan manusia, sehingga harus ada tindakan dan upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Aksi kecil contohnya tidak membuang sampah di sungai atau saluran air, menghemat air bersih dan melakukan penanaman pohon merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh siapapun, akan mewujudkan air bermanfaat dan berkelanjutan bagi manusia.

Bertepatan tanggal 22 maret 2021 sebagai hari Air Sedunia yang mempunyai tema “Valuing Water”,  bertujuan menarik perhatian dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya air dan pengelolaannya, SARABA SAHATE yang dirintis dan dilaksanakan oleh berbagai pihak. Saat ini telah menunjukan bahwa pengelolaan air melalui pemanfaatannya dapat meningkatkan nilai (value) bagi manusia.

Keterlibatan Berbagai pihak (Dok. GrahaBigNews)

Maka pada hari air sedunia ini, SARABA SAHATE Barokah Sepuh mengucapkan selamat Hari Air Sedunia 2021 dan tetap berkomitmen akan selalu Menghargai Air  karena air ternyata telah menambah nilai kehidupan melalui kesehatan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat walau masih di lingkup kecil.

SARABA SAHARE adalah salah satu inovasi kabupaten Garut tahun 2020 yang menjadi bagian dalam lomba Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021.

Ayo kita wujudkan SARABA SAHATE yaitu Saluran Bebas Sampah Sehat Sejahtera, dimana bisa belajar bersama???. Datanglah ke Kampung Pasantren RW 21 Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Garut Kota Kab. Garut.

Baca juga:  http://grahabignews.com/2021/03/19/kabupaten-garut-memasuki-penilaian-tahap-ii-ppd-tingkat-nasional-2021/

“Selamat Hari Air Sedunia”.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

15 jam ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

4 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

4 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

4 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

5 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

5 hari ago