Sektor Pertanian Penyumbang Perekonomian di Masa Pandemi

Share posting

Oleh: Yani Supriatna, SP.,MP.

Ketua baru DPD Perhiptani Kab. Garut, Aden Kurniawan, S. ST. MP Saat Memberikan Sambutan. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus Perhiptani DPD Kabupaten Garut periode 2021-2026, dilaksanakan di Gedung Pendopo Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (01/04).

baca juga: http://grahabignews.com/2021/04/01/dpd-perhiptani-miliki-ketua-dan-pengurus-baru-masa-bakti-2021-2026/

Musyawarah Daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Garut, bertepatan dengan Hari Jadi Penyuluh Pertanian Jawa Barat. Terpilih Ketua DPD Perhiptani Garut yang baru adalah Aden Kurniawan, S. ST. MP menggantikan Aa Supriatna SP. MP.

Prosesi Pelantikan Ketua dan Pengurus DPD Perhiptani Kab. Garut Periode 2021-2026. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Dalam sambutannya, Ketua baru DPD Perhiptani Kab. Garut di awali dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak yang telah ikut mensukseskan MUSDA PERHIPTANI DPD Kabupaten Garut dan memohon maaf atas segala kekurangannya.

Menurut Aden Kurniawan, bahwa pertanian merupakan sektor yang memberikan andil besar dan penopang perekonomian nasional. Sesuai data BPS, tepat di masa pandemic covid-19, sektor pertanian tetap tumbuh 2,59 di saat sekotor lain mengalami penurunan.

“Kita berharap sektor pertanian menjadi prioritas dalam pemulihan ekonomi di masa pandemic. Dikarenakan sektor pertanian memiliki resiko  kesehatan yang kecil dengan dampak ekonomi yang besar,” harap Ketua baru.

Sesi Photo Bersama Penghargaan BPP dan Penyuluh Pertanian Berprestasi Tamu Undangan. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Proses penyelenggaraan penyuluhan pertanian dapat berjalan dengan baik apabila didukung dengan Tenaga Penyuluh yang Profesional, Kelembagaan penyuluh yang handal.

Selanjutnya materi penyuluhan yang terus menerus, isten Penyelenggaraan Penyuluhan yang benar serta metode penyuluhan yang tepat dan manajemen Penyuluhan yang polivalen.

Hari ini, masih kata Aden, tepatnya tanggal 1 April 2021, merupakan hari yang sangat bersejarah khususnya bagi saya dan seluruh penyuluh pertanian di Kabupaten Garut. “Hari ini kita semua dapat menghadiri rangkaian Acara MUSDA PERHIPTANI sekaligus memperingati Hari Jadi Penyuluh Pertanian Jawa Barat,” tuturnya.

Penandatangan Berita Acara. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Pada kesempatan tersebut, Aden mengutarakan aspirasi dan rekomendasi organisasi, diantaranya Sinergi dan kolaborasi PERHIPTANI dengan Pemerintah, Akademisi, Pelaku Utama dan Usaha serta Pemerintah dalam meningkatkan Kapastas Sumber Daya Manusa Pertanian dan Kelembagaan Petani.

PERHIPTANI merupakan wadah/organisani profesi penyuluh pertanian berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan penyuluhan pertanian bersama Pemerintah dan masyarakat, sehingga dipandang perlu PERHIPTANI dilibatkan dalam merumuskan dan menyusun kebijakan penyuluhan pertanian

Mendorong Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah Kabupaten untuk meningkatkan pembiayaan penyuluhan pertanian, terutama pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan Bangunan BPP Kecamatan serta Fasilitan Pengadaan Kendaraan Operasional Penyuluh.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Mendorong pemerintah untuk meningkatkan dukungan sarana prasarana penyuluhan dan biaya operasional penyuluh dalam menerapkan metode penyuluhan melalui demplot, kaji terap dan percontohan penyuluhan pertanian

Mendorong Pemerintah untuk menyelesaikan status kepegawaian THL-TBPP Daerah maupun TKK Penyuluh Pertanian menjadi ASN dan lain sebagainya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Garut yang telah memberikan fasilitas, dukungan anggaran dan APBD Kabupaten Garut untuk penguatan kelembagaan organisasi PERHIPTANI DPD Kabupaten Garut,” pungkasnya.

Assalamualaikum Wr. Wb

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb. fteknikuniga. ac. id


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *