Berita

Sekolah Sungai Cimanuk Babat Habis Tumpukan Sampah Di Sungai Ciparay Kec. Karpaw Bersama Forkopimcam Dan Warga

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Sekolah Sungai Cimanuk Babat Habis Tumpukan Sampah Di Sungai Ciparay Kec. Karpaw Bersama Forkopimcam Dan Warga (foto file Sekolah Sungai Cimanuk-grahabignews.com)

Garut – Eksistensi Sekolah Sungai Cimanuk di dalam membantu pemerintah untuk menciptakan lingkungan sungai yang bersih, bebas tumpukan sampah yang telah dibuang oleh masyarakat, memang luar biasa.

Bapak Kabid kebersihan DLHKP Kabupaten Garut, Ofik Buldani di Sekolah Sungai Cimanuk (foto oleh Sekolah Sungai Cimanuk-grahabignews.com)

Secara kontinyu, semua aktifis yang tergabung di dalamnya bersama relawan lainnya terus bergerak maju memberikan contoh kongkrit bukan teori semata, sehingga sikap peduli lingkungan, menumbuhkembangkan gotong royong bersama masyarakat, dan bersinergi dengan semua pihak merupakan salah satu tujuan mulia yang kini terus digalakannya.

tumpukan sampah di Sungai Ciparay sebelum dibersihkan (foto oleh Sekolah Sungai Cimanuk-grahabignews.com)

“Kami usai melakukan upaya pembersihan sampah di sungai Ciparay Kecamatan Karangpawitan, tepatnya pada hari Senin (12/04/2021) relawan sungai Cimanuk bersama unsur TNI ,Polri,Dinas PUPR, DLHKP, unsur  Muspika Kecamatan Karangpawitan, elemen masyarakat, Ormas LSM,” ungkap Kang Moelyono Kadafhi pada GrahaBigNews melalui seluler.

Giat tersebut dilakukan oleh relawan Sekolah Sungai Cimanuk lanjut Kang Moel, mengingat bahwa sungai Ciparay yang sudah lama penuh dengn tumpukan sampah, dan mengalami pendangkalan yang parah.

“Hal itu tentu saja sangat berdampak bagi masyarakat, sehingga jika hujan datang, airnya meuber ke mana-mana, baik dari jalan ataupun pemukiman penduduk,” tandasnya.

Relawan Sekolah Sungai Cimanuk turut serta di dalam membersihkan sungai tumpukan sampah di Ciparay Kec. Karangpawitan Kabupaten Garut (foto fie Sekolah Sungai Cimanuk-grahabignews.com)

Kang Moel menilai, bahwa secara kasat mata, tentu saja hal itu membuat pemandangan di jembatan Ciparay sangat kumuh. Padahal keberadaan jembatan Ciparat itu sangat dekat dengan Bunderan Suci sebagai bagian jantungnya dari Kota Garut.

“Alhamdulillah, kami bersama unsur Muspika Kecamatan Karangpawitan bersama warga masyarakat secara gotong royong membersihkan tumpukan sampah tersebut, dan hasilnya aliran air di sungai Ciparay sekarang bersih kembali, meskipun kami bermain dengan lumpur, bau busuk yang menyengat akibat tumpukan sampah di sungai Ciparay,” ungkapnya.

Semoga saja dengan adanya giat membersihkan tumpukan sampah di sungai Ciparay ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, dan membiasakan membuang samah pada tempatnya bisa berkelanjutan, karena ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita semua, harap Kang Moel.

Tak hanya itu, pantauan GrahaBigNews di lapangan, bahwa tak kalah menarik sebagai bentuk sinergitas di dalam mendukung program pendidikan di Kabupaten Garut, sanduk dukungan dari relawan Sekolah Sungai Cimanuk untuk Gerakan Ayo Masuk Sekolah, selalu membentang dimanapun relawan melaksanakan kegiatan.

 

 

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

3 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

3 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

3 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

4 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

4 hari ago

Peran Aktif Danramil Cisurupan Pada TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun… Read More

5 hari ago