Pengamanan Pilkades Serentak 2021, Polres Garut Libatkan Dua Per Tiga Personil

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

 

Pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan terkait Persiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021,  di Lapang Mapolres Garut, Senin (7/6/2021). (Foto : Deni Septyan/Diskominfo Garut-grahabignews.com)

Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersama Kepolisian Resort  (Polres) Garut menggelar apel kesiapsiagaan terkait Persiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021, yang dilaksanakan di Lapang Apel Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Garut, yang berlokasi di Jalan . Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Senin (7/6/2021).

Bupati Garut , Rudy Gunawan, selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa dalam rangka pengamanan pilkades serentak ini, Polres Garut dibantu oleh personil dari Bawah Kendali Operasi (BKO) lain. “Gelar pasukan kali ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan jajaran Polres Garut yang dibantu oleh BKO Polres samping di sini ada Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya kota, ada dari Polres Ciamis, dan dari Polres Sumedang, dan Brimob Polda Jabar serta didukung penuh oleh TNI dan instansi terkait Kabupaten Garut, Satpol PP, Dishub, disini juga ada dari BPBD dan juga dari Damkar, untuk bersama-sama bersinergi melaksanakan rangkaian tahapan dalam Pilkades serentak kesatu tahap dua tahun 2021 Kabupaten Garut dapat berjalan aman tertib dan lancar ditengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai,” ujar Bupati Garut.

Rudy menuturkan, untuk pengamanan pilkades serentak ini, Polres Garut melibatkan dua per tiga personil dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa ini. “Hadirin peserta gelar pasukan yang berbahagia, pengamanan pilkades serentak gelombang satu tahap dua tahun 2021 Kabupaten Garut, Polres Garut melibatkan dua per tiga kekuatan personil untuk mengamankan setiap tahapan Pilkades serentak ini, termasuk pengamanan 2.228 TPS yang tersebar di 217 desa, 40 kecamatan dan 31 Polsek,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, Pilkades mempunyai kerawanan sebagai dinamika politik, dan jika tidak diantisipasi dan ditangani dikhawatirkan mengganggu keamanan, ketertiban, dan kelancaran pada pilkades serentak tahun 2021. “Jajaran Polres  Garut yang sudah barang tentu dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari berbagai kerawananan yang timbul sebagai dinamika sosial politik yang terjadi di mana apabila tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban, kelancaran selama pilkades serentak dilaksanakan,” ucapnya.

Bupati Garut mengamanatkan 7 hal dalam pengamanan Pilkades Serentak tahun 2021 ini, diantaranya :

  1. Para petugas yang akan bertugas untuk menyiapkan mental dalam pelaksanaan pengamanan nanti;
  2. Melakukan deteksi dini untuk mengetahui dinamikan dan fenomena yang berkembang di masyarakat;
  3. Meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya aksi terror dan tindakan anarkis;
  4. Memaksimalkan potensi masyarakat yang ada di wilayah seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda  untuk membantu prores pemungutan suara;
  5. Menjaga netralitas selaku aparat keamanan dengan tidak mengarahkan keluarga siapapun untuk memilih pasangan calon kepala desa tertentu;
  6. Menjalin kerjasama yang harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat dalam menunjukkan sinergitas komisioner yang proaktif; dan
  7. Jaga kesehatan, keselamatan patuhi dan jalankan protokol kesehatan Covid-19.

Apel kesiapsigaan ini turut dihadiri juga oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, serta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Garut.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *