Artikel

Allah Menjawab Keluh Kesahmu Wahai Sahabat

Share posting

Saudaraku, ketahuilah bahwa ketetapan Allah tidak pernah salah, namun logikamu sering menjerumuskan mu

Oleh : H Derajat


Ilustrasi-inews.id

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ الْعِنَايَةِ الْعَآمَّةِ وَالْهِدَايَةِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillâhirrahmânirrahîm

Wasshalâtu wassalâmu ‘alâ Muhammadin wa âlihî ma’at taslîmi wabihî nasta’înu fî tahshîlil ‘inâyatil ‘âmmati wal-hidâyatit tâmmah, âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, kepadaNya kami memohon pertolongan dalam mencapai inayahNya yang umum dan petunjukNya yang sempurna, âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn“.

Orang-orang bijak mengatakan bahwa salah satu alasan kebanyakan manusia tidak mampu untuk bersabar bersama kenestapaan hidup atau saat dalam sebuah permasalahan adalah karena mereka tidak dapat melihat hikmah yang tersembunyi di baliknya.

Apalagi ketika kita terhimpit dalam suatu teka-teki kehidupan yang tak terjawab atau pengalaman penyakit yang tak tertahankan, maka konsep kesabaran atau kepasrahan merupakan obat penawar yang sungguh-sungguh berat untuk kita praktekkan.

Dikisahkan seorang pemuda ingin mempelajari kearifan hidup dan ilmu-ilmu irfaniyah dengan mengunjungi seorang guru sufi. Satu waktu, sebagaimana kebiasaan dalam dunia sufistik, sang guru mengajaknya pergi tanpa menjelaskan ke mana tujuan kepergian mereka. Mereka berdua berjalan melintasi daerah-daerah sunyi, lembah-lembah terjal, perbukitan, hutan belantara dan menelusuri gersangnya gurun pasir di bawah terik matahari yang membakar. Dua hari berlalu tanpa sedikit pun makanan dan minuman.

Si murid merasakan letih tak terkirakan. Tenggorokannya terasa panas terbakar kehausan dan perutnya terasa seakan meledak dililit kelaparan yang benar-benar menyiksa. “Bisakah kita berhenti sejenak untuk mencari sepotong roti dan seteguk air? Sungguh aku nyaris sudah tidak sanggup lagi mengangkat kedua kakiku untuk meneruskan perjalanan,” pinta si murid kepada sang guru. Saat memasuki sebuah desa, sang guru menghampiri rumah pertama yang mereka jumpai, rumah kumuh dan reyot, untuk meminta sedikit makanan dan minuman.

Tiba-tiba muncul seorang lelaki bertubuh tinggi besar dan berpakaian lusuh sambil berjalan tertatih-tatih menyeret kedua kakinya, seolah kedua kakinya adalah godam besar yang tidak dapat ia angkat. Rupanya ia sedang ditimpa kelumpuhan yang hampir-hampir membuat tubuhnya yang besar tidak bisa lagi berjalan. Si murid tersentak kaget bercampur perasaan iba yang mendalam saat melihatnya, sementara sang guru dengan paras datar meminta makanan dan minuman seadanya, seolah tidak terjadi apapun dengan lelaki itu.

Lelaki tersebut melangkah masuk dan sesaat kemudian ia kembali dengan membawa sepotong roti dan sedikit minuman. Sang guru membalas dengan berkata singkat, “Anugerah surgawi tercurah kepadamu!” Dari pakaian jubah panjang dan tatapannya yang sangat berwibawa, lelaki itu tahu siapa orang yang berada di hadapannya. Ia pasti seorang alim yang dekat dengan kerajaan langit. Lelaki itu mengajukan permohonan dengan suara yang amat menghiba;

“Wahai syaikh, sudah hampir delapan tahun aku merasakan sakit ini. Dari hari ke hari bukan semakin sembuh tapi kurasakan semakin parah. Telah kucari pengobatan ke sana kemari namun kesembuhan tak kunjung datang. Dan lidah ini pun setiap waktu memanjatkan doa kepada Allah, namun kasih sayang-Nya belum tercurah juga. Kumohon kepada engkau doakanlah aku kepada Allah agar Dia berkenan menyembuhkan penyakitku yang sangat menyiksa ini.”

Seperti tidak menggubris permohonan tersebut, guru sufi menjawab, “Percayalah ada sebutir mutiara yang tengah diasah dalam dirimu dan suatu waktu percikan cahayanya akan menyinari sekelilingmu. Semoga rahmat Allah selalu bersamamu.”

Melihat kejadian itu, si murid merasa perlakuan gurunya tidak adil, sehingga ia berkata, “Jelas kita belum membalas kemurahan hati lelaki ini. Tidak bisakah engkau memberi dirinya selain rahmat Allah?” lagi-lagi sang guru menjawab datar, “Rahmat Allah itu sudah cukup baginya. Lebih dari itu belum tentu lebih bermanfaat baginya.”

Memperhatikan sikap gurunya yang acuh tak acuh, si murid tidak tahan dan mengajukan alasan-alasan dengan nada lantang, “Wahai guru, jika aku merasakan kelaparan dan kehausan hanya selama satu atau dua jam, mungkin sepotong roti dan seteguk air tadi tidak begitu berarti bagiku. Namun kelaparan dan kehausan yang menyiksa itu aku rasakan selama dua hari dua malam, sehingga tatkala aku melihat sepotong roti dan seteguk air itu, maka aku melihat kehidupan itu sendiri. Dan lelaki inilah yang “memberi”ku kehidupan. Tetapi mengapa engkau tidak membalasnya setimpal, terlebih lagi ia sedang ditimpa penyakit yang membutuhkan pertolonganmu? Tidak bisakah engkau berbagi kebaikan seperti yang diinginkan lelaki ini?”

“Baiklah kalau engkau tidak sabar dan mendesak, aku akan mendoakan untuk kesembuhannya, tetapi kelak engkau akan memahami semuanya,” ujar sang guru dengan tenang. Kemudian guru sufi itu mengangkat kedua tangannya, seraya menatap ke langit ia berdoa, “Ya Allah Dzat Yang Maha Menyembuhkan, sembuhkanlah penyakit hamba-Mu ini yang sangat mengharap obat dari-Mu,” Kepuasan terlihat jelas di wajah si murid dan lelaki itu. Sejurus kemudian, sang guru dan murid pamit untuk meneruskan perjalanan.

Mereka berkelana dari satu desa ke desa lain, dari satu wilayah ke wilayah lain selama tiga tahun. Suatu hari keduanya secara tidak sengaja melewati desa yang sama dan jalan yang sama tempat dulu mereka meminta secuil makanan dan minuman saat berada dalam kelaparan dan dahaga. Tapi rumah kumuh itu sudah tidak ada lagi di sana. Sebagai gantinya berdiri rumah besar dan megah dengan pintu-pintu besi yang tinggi dan kokoh.

Terdorong rasa ingin tahu, si murid bertanya kepada salah seorang yang berada di sana tentang si pemilik rumah mewah tersebut. Orang itu menjawab bahwa rumah itu adalah milik si lelaki bertubuh besar yang dulu selalu sakit-sakitan. Kini dengan kekuatan tubuhnya, dia menjadi tuan tanah yang kaya raya dan sewenang-wenang sehingga orang-orang di sekitarnya menjadi menderita karena kezalimannya. Mendengar penuturan tersebut, si murid tersurut beberapa langkah ke belakang. Ia kaget bukan kepalang seraya berteriak, “Kemalangan yang dulu terbalut ketaatan kini berganti kesenangan yang terbungkus kemaksiatan!”

“Bukankah dulu pernah aku katakan kepadamu bahwa rahmat itu lebih baik daripada kesehatan tubuh? Lalu sekarang apa yang akan kau katakan kepadaku?”  tanya sang guru. “Sungguh aku tidak melihat kearifan ini! Lalu apa makna mutiara yang sedang terasah dan percikan cahayanya yang tersebar yang dulu pernah kau katakan kepadanya?” selidik si murid untuk menyibak hikmah lebih jauh. Sang guru mengusapkan tangannya ke wajah si murid.

Seketika itu juga ia menyaksikan pemandangan tentang lelaki bertubuh besar dan tinggi itu sedang khusyuk bermunajat kepada Tuhannya di tengah-tengah malam yang sunyi dan pada siang hari banyak orang bertandang ke gubuknya yang reyot untuk menimba kebijaksanaan hidup. Rupanya penyakit itu telah mengantarkan si lelaki menggenggam lentera kearifan dan membagikannya kepada orang-orang awam. Sekilas kemudian pemandangan itu hilang dari tatapan si murid. Pahamlah sudah tentang isyarat-isyarat yang diungkapkan oleh gurunya tiga tahun silam. Namun sesaat itu juga ia terkejut kembali karena sang guru sudah tidak berada di hadapannya.

Pesan Moral

Sangat transparan, kisah ini menggambarkan betapa beratnya bersabar dalam situasi yang penuh teka-teki, tidak diketahui kepastiannya, dan penyakit yang memayahkan. Ternyata sulit untuk bertahan dalam ketabahan di tengah situasi menyakitkan yang belum kita ketahui hikmah-hikmah di baliknya.

Pesan moral ini dipotret oleh Al-Qur’an melalui lisan Nabi Khidir a.s., saat berkata kepada Nabi Musa a.s.,  “Sesungguhnya engkau sekali-kali tidak akan sanggup untuk bersabar bersamaku. Bagaimana engkau dapat bersabar atas sesuatu yang engkau belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?” (QS. Al-Kahfi: 67 – 68)

قَالَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِىَ صَبْرًا ۞ وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ خُبْرًا ۞

Untuk lebih memahami tentang hikmah yang tersembunyi dalam setiap ketetapan Allah Ta’ala dan menepis logika salah yang selama ini kita jadikan pegangan sebaiknya klik link yang telah ku sebutkan di bawah ini :

Artikel ini ku persembahkan untuk sahabat-sahabat yang sangat aku cintai terutama untuk saudaraku yang terlalu mengandalkan logika dalam menempuh kehidupan ini. Semoga Allah membimbing engkau dan keluargamu untuk mencapai keridhoan Allah. Aamiin.

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

3 jam ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

3 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

3 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

3 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

4 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

4 hari ago