Berita

Jalan Lingkar Cipanas Program Andalan PUPR Garut Segara Dinikmati

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Hari Hardiman, Kabid Binamarga pada Dinas PUPR Garut. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Guna mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan di Kab Garut, Pemkab Garut terus mengenjot pembuatan jalan baru. Tahun ini, jalan baru yang dibangun adalan jalan Lingkar Cipanas, sebagai program andalan.

Dikatakan Hari Hardiman, Kabid Binamarga pada Dinas PUPR Garut menyebutkan bahwa salah satu program andalan Bidang Binamarga adalah pembangunan Jalan Lingkar Cipanas sepanjang 6,5 km.

Jenis pengerjaannya, lanjut dia, yaitu full ready mix 6,5 Km, timbunan, median, jembatan dan dibeberapa lokasi dilaksanakan pemasangan gorong-gorong.

Progrem Pembangunan Jalan Lingkar Cipanas Garut Mencapai 80% lebih. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Progress untuk saat ini, kemungkinan sudah mencapai 80%. Jadi kemungkinan dalam bulan ini untuk pekerjaan pokoknya bisa selesai, bahkan fhinidsing juga bias beres di bulan ini.

Sambung Hari, ruas pembangunan jalan lingkar Cipanas terdiri dua segmen, yaitu dari jalan raya Samarang sampai jalan Cipanas Baru dan dari Cigobing sampai kp Binong Desa Pasawahan. “Total pembangunan jalan baru Lingkar Cipanas sepanjang 6,5 KM, terdiri dari dua segmen,” tandasnya.

Ketika dipertanyakan terkait pembangunan lanjutan Jalan By Pass Cigobing dari Jl H. Hasan Arif (Kp. Maleer) ke Jalan Raya Suci (Copong), dirinya menerangkan bahwa tahun ini tidak teranggarkan tahun ini, namun baru jembatan Ciojar.

Pengerjaan Proyek Lingkar Cipanas Kab. Garut. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Alasannya, karena keterbatasan anggaran akibat pandemic covid-19. “Khususnya Bidang Binamarga, mulai tahun anggaran 2019 sampai 2021 kena refocusing,” tandas Kabid.

“Sebenarnya tahun ini sudah teranggarkan, namun diperjalan anggaran akibat adanya covid-19, sehingga terjadi refocusing anggaran untuk penanganan covid-19,” ungkap dia.

Memang dengan adanya pandemic ini, sangat berpengaruh terhadap pembangunan insfrastruktur, sehingga banyak program adalan di Bidang Binamarga terpaksa ditangguhkan.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

“Misalnya, tahun lalu pembangunan jalan Lingkar Kadungora-Leles Kab. Garut teranggarkan 18 milyar, namun diperjalanan anggaran dipangkas total. Padahan targetnya, tahun 2020 sudah harus selesai,” imbuh dia.

Di akhir wawancara dirinya berpesan kepada para rekanan pemenang lelang, laksanakan pekerjaan sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak, baik spek bahan, jadwal pengerjaanya dan lainnya.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Dandim 0611/Garut Tinjau Lokasi Tanah Longsor dan Bangunan Terdampak Gempa

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Dandim 0611/Garut Letnan Kolonel Czi Dhanisworo, S.Sos meninjau lokasi… Read More

1 hari ago

Budidaya Tanaman Sehat dengan Pupuk Organik

Oleh: Yani Supriatna, MP Grahabignews, Garut - Dinas Pertanian Kabupaten Garut berkolaborasi dengan Balai Perlindungan… Read More

6 hari ago

Optimalisasi Penanganan Sampah, Patuhi Jam Buang Sampah

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut terus gencar mengatasi… Read More

2 minggu ago

DPK KNPI Kec. Bayongbong, Bagikan 200 Bungkus Takjil

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Berbagi kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan, berupa berbagi… Read More

3 minggu ago

Anggota DPR RI Komisi IV, Support Bazar Murah Dinas Pertanian Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Menjelang Hari Besar Umat Islam, tepatnya Hari Raya Idul… Read More

3 minggu ago

Golkar Peduli Berbagi Berkah Ramadhan

Oleh: Ghani Purnama Grahabignews, Sumedang - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Hj Itje Siti… Read More

3 minggu ago