ANBK Disdik Kab. Garut Tahap 1 dan 2 Berjalan Dengan Baik,Tahap 3 dan 4 Tengah Dilaksanakan

Share posting

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kabid Disdik Kabupaten Garur, H. Entib Satibi : ANBK Disdik Kab. Garut Tahap 1 dan 2 Berjalan Dengan Baik Sekarang Memasuki 3 dan 4 Tengah Dilaksanakan (foto oleh Wishnoe Ida Noor-grahabignews.com)

Garut – Sebagaimana diketahui, bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan pemotreatan sebagai evaluasi dari masing-masing sekolah dan pemetaannya dilakukan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah.

Terkait dengan pelaksanaan ANBK (Asismen Nasional Berbasis Komputer), Kabid Disdik Kabupaten Garur, H. Entib Satibi di kantor Disdik kawasan Pembangunan menjelaskan pada GrahaBigNews, Senin (22/11/2021) bahwa  sebelumnya dikenal dengan UNBK dan sekarang menjadi ANBK, telah dilakuknan.

Pelaksanaan ANBK itu sendiri lanjutnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut tahap pertama, ke dua, itu sudah dilaksanakan dan sekarang kita memasuki tahap ketiga samapi ke 4, akan dilaksanakan sampai hari Kamis tanggal 25 November 2021.

Sebagai evaluasi, dalam hal ini masih terbatas dalam sarana dan prasarana. Tapi, Alhamdulillah semua sekolah sudah melaksanakan ANBK, dan itu karena adanya kerjasama yang baik antara Korwil, Kepala Sekolah, dan lainnya yang dibangun dengan baik.

“Namun, Alhamdulillah semua sekolah khususnya untuk jenjang pendidikan Kelas 5 SD, di lingkungan pendidikan Kabupaten Garut, bisa melaksanakan ANBK, saya mengapresiasinya ,” ucap H. Entib.

Ketika disinggung aspek apa saja yang ditilai dalam ANBK tersebut? Dijelaskan H. Entib, bahwa pihak sekolah sudah melaksanakan ANBK ini dengan 3 aspek yang diuji diantaranya terkait Asesmen Kompetensi Minimum, yang mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasiil belajar kognitif. Seanjutnya aspek survei karakter, mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (evaluasi) sebagai hasil belajar nonkognitif, dan aspek survey linglungan pembelajaran sekolah yang menunjang pembelajaran.

“Semoga saja ANBK ini berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan dan sukses, sehingga ada progress di dalam meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri,” harapnya mengakhiri penjelasan singkatnya pada GrahaBigNews.

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *