Berita

Penggemar Darsih Yang Sukses Hasil Berjualan Oncom Modal Kampanye Jadi Kepala Desa Cibodas

Share posting

Oleh : Laela

Darsih Darwati, Kades Cibodas, Bungursari Kabupaten Purwakarta (foto oleh Laela-grahabignews.com)

Grahabignews.com.Purwakarta Penggemar Darsih Darwati

Kepala Desa Cibodas, Bungursari, Purwakarta, bukan hanya warganya, warga luar banyak yang salut dengannya dan berharap bertemu suatu hari, siapa tahu bisa bekerja sama untuk usaha dan berbagi pengalaman guna kemajuan banyak wanita terutama ibu-ibu pencari nafkah menghidupi keluarganya, yakin Kepala Desa yang sukses pada saat kampanye hasil dari jualan oncom keliling itu memiliki semangat peduli dan berbagi untuk membangun. Hal tersebut disampaikan Nasriah (44) pedagang mainan anak-anak kepada media di area Situ Buleud Purwakarta, Rabu (08/03/2023).

Darsih Darwati kepala desa Cibodas, Bungursari, Purwakarta, pernah viral dengan kiprahnya sebagai kepala desa yang dapat mengayomi staf dan warganya, ramah dan cekatan dalam bekerja dengan karyanya, ulet tekun hingga berhasil sukses dengan modal kampanye dulu dari hasil jualan oncom keliling di sekitar tempat tinggalnya.

Darsih kini banyak dikagumi orang terutama wanita, baik dari daerah sekitar dan berbagai  daerah lainnya, bukan saja menggemari Darsih dari media, mereka terkadang ingin bertemu dan datang langsung menemuinya, seperti yang pernah di lakukan Lingling keturunan Cina dari Bandar Lampung, pernah mengunjungi pada tanggal 23 Desember 2022 lalu, menganggap Darsih Ibu angkatnya.

“sebagai ibu rumah tangga tidak neko-neko, sebelum jadi kepala desa dulu, berjualan dan mengurus rumah tangga, sekarang menjadi kepala desa bertambah tanggungjawab dengan harapan berguna bagi banyak pihak, terutama menjalankan tugas pokok pungsinya dengan penuh keikhlasan semoga berkah,”harap Darsih.

Dalam kesibukannya, kepala desa ini tidak melupakan kodrat wanita sebagai ibu, baik untuk anak-anak atau pihak lain termasuk anak-anak yatim, tidak membedakan sikap terhadap anak kandung atau anak lainnya, kecintaan terhadap keluarga, sesama dan tugas yang diembannya semakin jadi sorotan banyak pihak.

Sebagai kepala desa wanita, dirinya berperan sebagai Ibu yang mengayomi, tidak berpihak berat sebelah, upaya berbuat adil yang sehat kepada warganya berbuah manis, hubungan kerja dengan stafnya harmonis sebagaimana mestinya, berkah lainnya dari pernah viral suatu permasalahan menyangkut keterkaitan dirinya dengan staf sekaligus warganya mendapat penghasilan dari para endorse yang menggunakan jasa salah-seorang warganya, mempromosikan berbagai produk milik para endorse tersebut.

Semoga semua berjalan baik, antara tugas sebaga kepalai desa mengayomi warga yang berjasa promosi berbagai produk bermain di berbagai media sosial dapat dikerjakan tanpa harus merugikan pihak manapun, selalu ada jalan untuk lebih baik dan mengambil hikmah dari berbagai peristiwa,”jelas ibu Kades.

Program kedepan kades Cibodas berencana mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UMKM) warganya, berbagai upaya akan dilakukan, mulai dari sarana dan prasarana permodalan, pengolahan produk, kemasan, administrasi, promosi dan marketing dengan pembinaan, upaya meraih hasil maksimal dari evaluasi, kedepan akan diteruskan guna kelayakan dipasaran, mulai dari sekitar hingga lingkungan lebih luas.

Rencana itu semua, demi kemajuan dan kesejahteraan warganya lebih merata, siapa tahu bisa menjadi inspirasi banyak pihak kedepan, tentunya, hal ini perlu dukungan banyak pihak baik pemerintah, swasta dan semua kalangan terkait sesuai bidang atau tugas pokok pungsinya masing-masing.

Darsih yang jago berjualan Warung Tegal (Warteg), Mie Ayam, Baso dan Oncom keliling itu, semangat memperkirakan lahan usaha dan calon pembeli dari berbagai olahan produk yang dikuasainya serta produk kerajinan lain yang nilainya berpeluang cerah jika direalisasikan segera bersama warganya.

“Sejahtera warga tujuan kepala desa, peluang yang ada dimanfaatkan dan dipertahankan untuk dikembangkan bersama hasilnya pasti lebih baik, wanita dan pria bahu membahu berkarya di desa negara lebih kuat dan kokoh, bersatu kita pasti bisa maju, Indonesia Jaya selalu,” terangnya.

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Jalin Komunikasi Dengan Warga di Sumber Air, PDAM Tirta Intan Garut Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Perumda… Read More

1 hari ago

Innalillahi Wa Innalillahi Roji’un, Ibunda Pimum GrahaBigNews telah Berpulang

Oleh: Rudi Herdiana Innalillahi Wa Innalillahi Roji’un.... Grahabignews, Garut - Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu… Read More

1 minggu ago

Mak Anah Meneteskan Air Mata Bahagia Saat Terima Rumah Baru

Oleh: Rudi Herdiana Grabignews, Garut - Pada saat penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)… Read More

1 minggu ago

Dandim Garut Optimistis Program TMMD Beri Dampak Positif untuk Masyarakat Pedesaan

Oleh: Rud Herdiana grahabignews, Garut - Penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun… Read More

1 minggu ago

Kasdam III/Siliwangi Resmi Tutup TMMD ke-120 di Desa Cintadamai Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., secara resmi menutup… Read More

1 minggu ago

Dampak Jalan baru TMMD Ke-120 mulai dirasakan oleh warga

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Warga mulai merasakan Jalan baru yang dibuat oleh satgas… Read More

1 minggu ago