Pemerintah

Purwakarta Sudah Di Angka 91 Persen Pintu Masuk Wiwerda

Share posting

Oleh: Nurlalela

Mutia, dari Biro Kesra Tim Sekretariat Penilaian Kabupaten Kota Sehat (PKKS) Provinsi Jawa Barat. (Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

Grahabignews.com, Purwakarta – Menindaklanjuti surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhitung Januari, ada kebijakan baru yang harus segera kita akomodir, terlampir bagaimana pengusulan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat, dalam hal ini indikator ODfnya berubah yang tadinya nilai minimal 60 sekarang 80, 90, 100.

“Alhamdulillah Purwakarta sudah di angka 91 Persen, jadi sudah bisa pintu masuknya, yaitu untuk masuk di level link Wiwerda (Pembinaan).” Demikian disampaikan Mutia, dari Biro Kesra Tim Sekretariat Penilaian Kabupaten Kota Sehat (PKKS) Provinsi Jawa Barat di Bale Paseban Pendopo Purwakarta, Rabu (29/03/2023) menjelang berbuka puasa Ramadhan bagi umat muslim.

Swasti Saba, penghargaan yang biasanya diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada Kabupaten /Kota yang berhasil menjalankan Tatanan yang ada di Tatanan Program Kabupaten Kota Sehat agar bersih, sehat, aman, nyaman di huni dan aktifitas dengan berbagai program lainnya guna meningkatkan perekonomian dan taraf hidup sehat serta lebih berkualitas.

(Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

Dijelaskan Mutia, Paska lolos persyaratan, berarti harus ada tindak lanjut oleh Tim Pembina Provinsi Jawa Barat, mengawal dokumen yang didampingi agar bisa Clear dan Clen dokumen terkait 9 tatanan.

Sekarang ini, 9 tatanan itu wajib diisikan, 9 tatanan kolaborasi lintas sektor yang tidak bisa hanya dilakukan Dinas Kesehatan walaupun namanya sehat, disinilah kami melakukan upaya rodshow pendampingan sekaligus pembinaan dari 150 indikator.

Mudah-mudahan bisa kita samakan persepsi dengan baik, dipaham definisi operasional, sehingga bisa menskoring dengan baik, melakukan esesmen atau evaluasi diri dari tiap indikator dengan bukti dukung yang memang harus ada.

Harapan kami hari ini tindaklanjutnya pasti ada, karena tahapan Provinsi mengikuti Pusat, setelah verifikasi dokumen dan di inputkan ke Kementerian Kesehatan Pusat selaku pembina tekhnis, 31 April terakhir,  Nah kita masukan karena 1 Mei harus sudah masuk, kita membuat pakir data, kita cek and ricek di bantu Dinas Komunikasi Informatika (Diskomimfo) Jabar melalui  Jabar Drive,”terang Mutia.

Temam-temen dari Kabupaten menginputkan dulu, kami cek and ricek, batas akhir 14 April, harapan kami masih ada waktu, jadi lebaran sambil memeriksa, setelah kami periksa, kalau kami yakin tidak ada permasalahan baik secara tekhnis digital, karena dokumen dikirim baik digital khawatir tidak bisa ke buka dan lain sebagainya,” jelasnya.

“Pokoknya semua yang mengganggu itu minimalisir, kita kirimkan ke Pusat, sambil menunggu Pusat mengumumkan kelulusan dokumen dari 18 Kabupaten 9 Kota yang memenuhi persyaratan, kami akan melakukan verifikasi lapangan,” terang wanita cantik dari Tim Sekretariat PKKS Jabar tersebut.

Insyaallah, lanjut dia, paska kita Idul Fitri akan memverifikasi lapangan, mengecek kondisi yang sudah disampaikan, jadi Locus dari setiap Tatanan, Sekretariat, TPKKS dan Forum, bagaimana Forum turun ke bawah membina masyarakat, baik tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa. “Benarkah masyarakat terlibat, sehingga mereka mengetahui apa sih penghargaan Swasti Saba itu,” Pungkas Mutia, mengakhiri pembicaraan di awal verifikasi Penilaian Kabupaten Kota Sehat tersebut.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

KPU Kabupaten Garut Jalin Kerjasama Dengan Jurnalis Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Guna menjalin kerjasama dengan jurnalis se-Kab. Garut, KPU Kabupaten… Read More

8 jam ago

Rhesa Yogaswara Daftar Jadi Bacalon Bupati Garut dari Partai Gerindra

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Rhesa Yogaswara, mendaftar ke Partai Gerindra DPC Kabupaten Garut… Read More

6 hari ago

PDAM Tirta Intan Garut Gelar FGD Kesesuaian RISPAM, RPJMD, dan Renbis dalam FGD

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Intan Garut… Read More

1 minggu ago

Penanaman Pohon di Mekarmukti, Langkah Kecil untuk Masa Depan Penuh Kebaikan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, untuk kesekian kalinya menjadi kegiatan… Read More

1 minggu ago

Dony Maryadi Oekon, Selenggarakan Sosialisasi MPR di Daerah Pemilihan Tahap IV

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Dony Maryadi Oekon selaku Anggota DPR RI Dapil XI… Read More

2 minggu ago

Jalin Komunikasi Dengan Warga di Sumber Air, PDAM Tirta Intan Garut Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Perumda… Read More

2 minggu ago