Kesehatan

Atalia Praratya Dan Anne Ratna Mustika Sukseskan PIN Polio Bagi 3,9 Juta Balita

Share posting

Oleh: Nurlaela

(Foto: Nurlaela – grahabignews.com)

grahabignews.com, Purwakarta – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Purwakarta, Senin 3 April 2023 dihadiri Ketua Tim Penggerakn PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Keduanya mensukseskan PIN Polio bagi 3,9 juta balita, serentak selama 3-9 April 2023 di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Kabupaten Purwakarta, sebanyak 78.077 balita akan diberikan imunisasi pasca ditemukannya satu kasus polio yang menyerang seorang anak berusia 4 tahun di Kecamatan Maniis, Purwakarta.

Bupati Purwakarta meminta, masyarakat benar-benar memanfaatkan pekan imunisasi nasional tersebut. Selain pencegahan polio, imunisasi itu bisa sebagai upaya pencegahan stunting guna mewujudkan sumber daya berkualitas di Kabupaten Purwakarta.

Targetnya anak yang akan menjadi sasaran pemberian imunisasi kategori anak berusia 0-59 bulan. “Jumlah anak yang akan kita imunisasi polio sebanyak 78.077 balita. Kita ingin memastikan tidak ada lagi anak di Purwakarta yang terkena penyakit polio,” tegas Bupati Anne

Pemkab Purwakarta menyiapkan sekitar 1.000 lokasi pelayanan imunisasi, mulai dari rumah sakit, Puskesmas, Pos Yandu hingga pos-pos pelayanan imunisasi yang sengaja dibangun dipusat-pusat keramaian, seperti pasar-pasar tradisional hingga supermarket,” jelas Anne

“Kita dirikan sebanyak mungkin Pos pelayan imunisasi. Agar bisa melayani semua masyarakat. Kita tidak ingin ada satu pun anak balita yang tidak terlayani imunisasi. Kita akan berusaha agar pekan imuniasai ini bisa berlangsung sukses,” harap Bupati.

Guna memastikakn semua balita bisa mendapatkan pelayanan imunisasi, Anne memerintahkan semua tenaga medis dan jajaran Pemkab Purwakarta terus menyisir semua wilayah pemukiman warga.

“Kita perintahkan mereka untuk mendata ulang dan menyisir langsung ke rumah-rumah masyarakat. Sampai dengan tanggal 9 April nanti, petugas kesehatan harus terus menyisir masyarakat untuk memastikan para balita mendapatkan imunisasi,” tegas Bupati Purwakarta tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bergerak cepat agar bisa segera mengatasi penyakit polio. Sebanyak 78.077 balita akan diberikan imunisasi pasca ditemukannya satu kasus polio yang menyerang seorang anak berusia 4 tahun di Kecamatan Maniis, Purwakarta. Pelaksanaan imunisasi itu dilaksankana serentak, Senin 3 April 2023.

Diinstruksikan Bupati, seluruh jajarannya bekerja keras mensukseskan pelaksanaan imunisasi tersebut. Semua dokter dan tenaga medis, rumah sakit, pos pelayanan kesehatan terpadu dan puskesmas disemua Kecamatan di Purwakarta diminta mempersiapkan pelaksanaan imunisasi dengan matang dan tingkat kesiapan yang tinggi.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

KPU Kabupaten Garut Jalin Kerjasama Dengan Jurnalis Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Guna menjalin kerjasama dengan jurnalis se-Kab. Garut, KPU Kabupaten… Read More

8 jam ago

Rhesa Yogaswara Daftar Jadi Bacalon Bupati Garut dari Partai Gerindra

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Rhesa Yogaswara, mendaftar ke Partai Gerindra DPC Kabupaten Garut… Read More

6 hari ago

PDAM Tirta Intan Garut Gelar FGD Kesesuaian RISPAM, RPJMD, dan Renbis dalam FGD

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Intan Garut… Read More

1 minggu ago

Penanaman Pohon di Mekarmukti, Langkah Kecil untuk Masa Depan Penuh Kebaikan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, untuk kesekian kalinya menjadi kegiatan… Read More

1 minggu ago

Dony Maryadi Oekon, Selenggarakan Sosialisasi MPR di Daerah Pemilihan Tahap IV

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Dony Maryadi Oekon selaku Anggota DPR RI Dapil XI… Read More

2 minggu ago

Jalin Komunikasi Dengan Warga di Sumber Air, PDAM Tirta Intan Garut Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Perumda… Read More

2 minggu ago