Ragam Pentas PAI Usai Digelar Di Kec. Bayongbong

Share posting

Oleh : Wishnoe Idha Noor

Ragam Pentas PAI Usai Digelar Di Kec. Bayongbong (foto istimewa-grahabignews.com)

Grahabignews.com, Garut – Selasa (Beberapa waktu lalu di Kecamatan Bayongbong (16/06/2023) usai dilaksanakan kegiatan pentas PAI. Kami rangkai dalam bentuk serba serbi Pentas PAI Tingkat sekolah Dasar Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut sangat antusias diikuti oleh para peserta didik tingkat SD, dan berlangsung kondusif serta penggalian bakat serta minat peserta didik dapat digali potensinya sesuai dengan minat mereka yang mewakili masing-masing sekolahnya.

Pelaksanaan Kegiatan Lomba  PAI tingkat sekolah Dasar Kecamatan Bayongbong dilaksanakan pada  Hari Kamis tanggal 4 Mei 2023. Yang diikuti oleh sekolah dasar swasta dan negeri yang berada   di kecamatan bayongbong sebanyak 55 sekolah. Dengan jumlah peserta sebanyak 798 0rang

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan merupakan lomba yang berkaitan dengan bidang keagamaan yang bertujuan mencari bakat bakat generasi muda yang unggul dalam bidang keagamaan.

Peserta lomba merupakan perwakilan dari tiap sekolah yang dibina oleh para guru dengan memberikan bimbingan yang sangat intens tanpa henti dalam mencari bibit anak anak berbakat .

Peserta didik utusan merupakan  pilihan dari masing masing sekolah yang merupakan putra putri terbaiknya.

Adapun cabang yang dipertandingkan terdiri dari lomba 8 (delapan) mata lomba, yaitu :

  1. Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an
  2. Lomba Cepat Tepat PAI (beregu, terdiri dari 3 orang
  3. Lomba Hifdzul Qur’an surat-surat pendek
  4. Lomba Pidato PAI (Pildacil)
  5. Lomba Praktek Kesempurnaan Gerakan dan Bacaan Shalat Fardlu Berjama’ah (1 imam dan 1 makmum putra, 1 makmum putri
  6. Lomba Adzan dan Do’a sesudah adzan
  7. Lomba Kaligrafi
  8. Lomba Qasidah

Kegiatan lomba pada tingkat kecamatan ini bertujuan sebagai tahapan dalam penjaringan peserta erbaik untuk  selanjutnya menjadi utusan pada tingkat kabupaten.

Lomba Pentas PAI ini mendapat sambutan yang sangat baik dari pihak sekolah khusunya jenjang sekolah dasar terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba dibanding dengan lomba lomba lainnya.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibuka secara resmi oleh  Yang terhormat Bapak Camat Kecamatan Bayongbong dan dihadiri unsur Pendidikan diantaranya Korwil Kecamatan Bayongbong yaitu Bapak Yayan Raswan,S.Pd, M.Pd dengan dukungan Ketua PGRI Kecamatan Bayongbong  yaitu bapak Asep Sopandi, S.Pd., M.Pd., beserta panitia penyelenggara kegiatan Pentas PAI.

Juri lomba Pentas PAI ini 90 persen merupakan guru guru yang tergabung dalam himpunan KKG kecamatan bayongbong  dibantu oleh Kepala sekolah dan Juri profesional untuk cabang tertentu yang membutuhkan keahlian khusus.

Antusias guru pembibing yang sangat besar menunggu giliran lomba merupakan semangat yang tidak ternilai demi membawa peserta didiknya untuk mengikuti lomba, dan membuktikan yang terbaik bagi sekolahnya. Terbukti dengan rela menunggu sampai sore demi membimbing anak didik mereka

Ajang pentas PAI ini juga dijadikan ajang silaturahmi guru guru  untuk saling mengenal satu sama lain  dari berbagai sekolah  yang sebelumya mereka tidak saling mengenal satu sama lain.

Lomba Pentas PAI ini bertujuan

  1. Salah satu sarana untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila;
  2. Memberikan wadah untuk berkreasi dalam Pendidikan agama dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik;
  3. Mengekspresikan seni sesuai dengan norma, budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa;
  4. Menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat bakat dan kemampuannya.

Sehingga menjadikan peserta didik yang taat  beragama berakhlakul karimah dan menjadi anak yang beguna bagi orang tua bangsa dan negara.

Peserta adalah Peserta Didik kelas 1 sampai dengan kelas 5 Sekolah Dasar tahun ajaran 2022/2023 dan tidak boleh merangkap lebih dari 1 (satu) mata lomba

Peserta lomba didaftarkan oleh masing masing sekolah melalui online pada panitia kegiatan.

Peliput : Wida Heryani

Editor&Penyunting : Wishnoe Idha Noor

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *