TNI/POLRI

Sekda Norman Nugraha Apresiasi Program Jajaran Polri Khususnya Polres Purwakarta

Share posting

Oleh: Nurlaela

Kolaborasi Kampung Bebas Dari Narkoba. (foto: dok Polres – grahabignews.com)

grahabignews.com, Purwakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendukung kolaborasi berbagai pihak, untuk bersama-sama mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba termasuk kolaborasi Kampung Bebas Dari Narkoba yang dicanangkan Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat yang berkolaborasi dengan Pemkab Purwakarta dan Pemerintah Desa di Kabupaten Purwakarta, Rabu (09/08).

Hal tersebut disampaikan Norman Nugraha, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta di tempat kerjanya. Tutur Norman apresiasi jajaran polri khusunya Polres Purwakarta atas program pembentukan Kampung Bebas Dari Narkoba di Kabupaten Purwakarta tersebut.

“Pemerintah Daerah mendukung penuh program tersebut dan siap bersinergi serta berkolaborasi untuk melaksanakan program Kampung Bebas Dari Narkoba di Kabupaten Purwakarta,” ucap Norman.

Terbentuknya Kampung Bebas Dari Narkoba ini bisa menjadi upaya yang efektif mencegah peredaran narkoba di masyarakat,” kata Norman.

“Di Kampung Bebas Dari Narkoba ini bakal muncul kepedulian dan gotong royong, sehingga pencegahan penggunaan narkoba butuh kepedulian dan gotong royong masyarakat” jelas Norman.

Apabila di suatu desa ada salah seorang warga yang terpapar narkoba, maka akan mudah menyebar ke warga lainnya,” kata Norman.

“Sehingga dibentuk Kampung Bebas Dari Narkoba. Semua disadarkan, dan semua dibuat peduli. Jadi kalau ada kejadian bisa diidentifikasi. Minimal ada yang menegur atau bicara agar tidak secara leluasa orang melakukan itu (penyalahgunaan narkoba) dan berlanjut, karena ada kontrol, dan ada orang sekitar yang memperhatikan,” jelas Norman.

Tidak sedikit orang terkena kasus narkoba akibat kurangnya perhatian dan kepedulian orang di sekitarnya. Itu sebabnya Pemkab Purwakarta sangat mendukung adanya Kampung Bebas Dari Narkoba, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dari masyarakat desa serta pihak terkait.

Seiring kemajuan teknologi, seperti pasar online dan maraknya media sosial, masyarakat desa yang dahulu tidak mengenal narkoba, kini menjadi sasaran penggunaan narkoba.

“Sehingga butuh kolaborasi banyak pihak dalam upaya mencegah peredaran narkoba, terutama di daerah-daerah rawan dan pelosok desa. Maraknya peredaran narkoba sangat terkait dengan suplai sangat masif, dan mudahnya mendapatkan narkoba. Sehingga, kegiatan ini pendekatannya kepada user atau konsumen. Dan ini kita bicara tentang pencegahan,” kata Norman.

Kapolres Purwakarta, Edwar Zulkarnain menilai bahaya peredaran narkotika sudah memasuki wilayah pedesaan di Kabupaten Purwakarta.

Untuk mencegah hal tersebut, Kapolres Purwakarta bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Pemerintah Desa bergerak cepat melakukan berbagai upaya. Salah satunya menginisiasi pembentukan Kampung Bebas Dari Narkoba.

Komitmen pemberantasan narkoba dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait. “Pembentukan Kampung Bebas Dari Narkoba ini dilakukan dalam rangka membangun sinergitas, sebagai aparat negara seyogyanya kita memiliki satu visi terutama dalam rangka komitmen bersama untuk melakukan pemberantasan narkoba,” ungkap Edwar.

Dengan program Kampung Bebas Dari Narkoba, wilayah Kabupaten Purwakarta diharapkan bisa terus-menerus melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Kampung Bebas Dari Narkoba ini bertujuan untuk mengantisipasi dan memberantas pengguna narkoba di wilayah hukum Polres Purwakarta. Dalam program ini masyarakat dapat membantu mendeteksi sekaligus memantau peredaran narkoba yang terjadi di daerah itu untuk dilaporkan ke pihak kepolisian setempat,” ucap Edwar.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Yudi Rusmana Darajat Yakin Maju di Pilkada Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Munculnya nama tokoh muda sekalihgus seorang pengusaha, Yudi Rusmana… Read More

6 jam ago

drg. Hj. L. Putri Karlina, MBA Didukung Penuh Partai Nasdem di Pilkada Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Nuansa politik jelang Pilkada Garut Tahun 2024 mulai terasa,… Read More

1 hari ago

Nota Kesepakatan Koalisi Harus Ada Nama

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kemarin saat rapat DPC PDIP Perjuangan Garut, memberikan waktu… Read More

2 hari ago

Panwaslucam Pamulihan, Lounching Pojok Pengawasan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Unsur Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa sekecamatan Pamulihan Kabupaten… Read More

4 hari ago

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Garut Bersihkan Sungai Cikendi

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini, Dinas Lingkungan… Read More

5 hari ago

ATR/BPN Kab. Garut Siap Bertransformasi Sertifikat Tanah

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kementerian ATR/BPN mengubah sertipikat tanah menjadi sertipikat elektronik (sertipikat… Read More

7 hari ago