TNI/POLRI

Sosialisasi dan Praktek Berkendara Yang Baik, polres Purwakarta Gelar Safety Riding

Share posting

Oleh: Nurlaela

Sosialisasi dan Praktek Berkendara Yang Baik melalui Safety Riding. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

grahabignews.com, Purwakarta – Tingkatkan sinergitas dan kerjasama di bidang lalulintas, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Purwakarta sosialisasi keamanan berkendaraan (safety riding) di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Selasa (22/8/2023) di Markas TNI AD jalan raya Sadang – Subang, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, diikuti anggota dan persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad.

Dua kegiatan tersebut sosialisasi dan praktik berkendara yang baik, benar, aman, serta memperhatikan keselamatan. Praktik berkendara oleh para anggota dan Persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini, sama seperti hendak membuat surat izin mengemudi (SIM) C.

Satlantas Polres Purwakarta sudah menyiapkan rute dan kendaraan sepeda motor untuk ujian praktik langsung.

Kapolres Purwakarta, Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, Warjo mengatakan, tujuan sosialisasi keamanan berkendaraan kepada anggota Persit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad memberi pemahaman, keselamatan lalulintas itu sangat penting dan harus dipatuhi.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Sosialisasi ini tujuannya adalah agar rekan-rekan di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad memahami keselamatan lalulintas itu penting. Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa meningkatkan sinergitas dan kerjasama di bidang lalulintas,” ucap Warjo.

Beberapa hal paling penting harus diperhatikan, baik berkendara roda 4 (Empat) atau berkendara roda 2 ( Dua), kelengkapan-kelengkapan administrasi berupa surat-surat kendaraan bermotor, SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan lainnya sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Kami menyampaikan pemahaman tentang safety riding agar bisa berkendara yang baik, aman dan berkeselamatan. Awalnya kami berikan teori terlebih dahulu, sesi tanya jawab, kemudian langsung praktik di lapangan,” jelas Warjo.

Komandan Batalyon (Danyon) Armed 9 Pasopati Kostrad, Dian Akhmad Arifandi senang dan bangga adanya safety riding, lewat kegiatan tersebut menunjukkan sinergritas antara TNI-Polri.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Kegiatan seperti ini seluruh anggota TNI dan Persit dapat memahami hukum dan peraturan lalulintas. “Tujuan dilakukan sosialisasi safety riding adalah sebagai langkah preventif bagi prajurit dan istrinya serta keluarganya agar senantiasa menjaga keselamatan dalam berlalulintas,” ucap Dian panggilan akrabnya.

Masih banyak terdapat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kurang pahamnya masyarakat terhadap tata cara berlalulintas yang baik dan benar serta selamat.

“Siapapun bisa saja menjadi pelaku maupun korban kecelakaan, minimnya pengetahuan tentang safety riding dan safety driving juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu saya mengingatkan kepada seluruh anggota Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dan istrinya untuk selalu taat berlalu lintas,” ujar Dian.

‘Kegiatan ini dapat mendorong seluruh prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad menjadi pelopor sikap santun di jalan raya, dengan menggunakan peralatan keselamatan berkendara dan turut memberikan edukasi kepada keluarga dan rekan serta masyarakat untuk berlalu lintas dengan baik guna menghindari kecelakaan,” harapnya.

Lwnjutnya dirinya sangat berterima kasih kepada Polres Purwakarta karena telah memberikan sosialisasi safety riding serta praktek di lapangan terhadap prajurit dan istri-istri prajurit serta keluarganya.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan Prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dalam berlalu lintas sehingga menekan angka kecelakaan dan kematian yang disebabkan oleh kelalaian prajurit dalam berkendara,” pungkasnya.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Panwaslucam Pamulihan, Lounching Pojok Pengawasan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Unsur Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa sekecamatan Pamulihan Kabupaten… Read More

5 jam ago

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Garut Bersihkan Sungai Cikendi

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini, Dinas Lingkungan… Read More

18 jam ago

ATR/BPN Kab. Garut Siap Bertransformasi Sertifikat Tanah

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kementerian ATR/BPN mengubah sertipikat tanah menjadi sertipikat elektronik (sertipikat… Read More

3 hari ago

Desa Rancasalak Garut Juara I Lomdeskel Jawa Barat 2024

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, berhasil meraih Juara… Read More

3 hari ago

KPU Kabupaten Garut Jalin Kerjasama Dengan Jurnalis Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Guna menjalin kerjasama dengan jurnalis se-Kab. Garut, KPU Kabupaten… Read More

4 hari ago

Rhesa Yogaswara Daftar Jadi Bacalon Bupati Garut dari Partai Gerindra

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Rhesa Yogaswara, mendaftar ke Partai Gerindra DPC Kabupaten Garut… Read More

1 minggu ago