Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial

Share posting

Liputan Khusus

Oleh : Wishnoe Ida Noor

Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial (foto istimewa-grahabignews.com)

Grahabignews.com. Garut – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Garut melalui Kabid Rehabsos, Blusukan di Margawati dalam rangka Sosislisasi Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial.

Kegiatan tersebut  terkait  sosialisasi persiapan Bimbingan teknis (Bimtek) Kewirausahaan bagi penyandang Disabilitas di Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota, dari Dinas Sosial Kabupaten Garut, dilaksanakan      pada hari Rabu (10/01/2024) telah dilaksanakan sosialisasi rencana bimbingan teknis (Bimtek) Kewirausahaan bagi penyandang Disabilitas di wilayah Kp. Jungkeuyang Terdiri dari RW.06 dan RW.14 Kelurahan Margawati Kecamatan  Garut Kota.

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Rehabilitasi sosial (Rehabsos) Dinas Sosial Kab. Garut, Drs. Dadang Bunyamin, sekaligus sebagai langkah jemput bola dalam meng-inventarisasi penyandang Disabilitas dan Deteksi potensi kerawanan sosial lainnya dalam rangka pencegahan dini potensi kerawanan sosial.

Selain itu hadir juga Lurah Margawati Kecamatan Garut Kota,Yadi Sugiarto. ST., jajaran Staf Dinas Sosial Kabupaten  Garut, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten  Garut, A. Hapid Ali.

Sedangkan para peserta sosialisasi Yang Hadir  pada kegiatan tersebut, adalah para Penyandang Disabilitas, pihak keluarga / orang tua yang mewakili Disabilitas, dan tokoh masyarakat setempat.

Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial (foto istimewa-grahabignews.com)

Lurah Margawati, Yadi Sugiarto, ST., menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemda Garut khususnya Dinas Sosial melalui Bidang Rehabsos yang telah cepat tanggap merespon pengajuan program bantuan modal kewirausahaan bagi penyandang Disabilitas di margawati yang telah di usulkan oleh pihak Kelurahan beberapa bulan lalu, dan alhamdulillah sekarang sudah ada respon dan tanggapan untuk program tersebut.

Pihaknya mengajak kepada para penyandang Disabilitas dan pihak keluarganya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, Karena kesempatan Bimtek untuk menjelang penerimaan bantuan modal  seperti ini jarang sekali dijumpai.

Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial (foto istimewa-grahabignews.com)

Sementara Kabid. Rehabsos Dinas sosial Kabupaten Garut, Drs. Dadang Bunyamin, mengatakan bahwa pihak Dinas Sosial Kab. Garut melalui Bidang Rehabsos, turun ke Margawati ini dalam rangka menindak lanjuti usulan dari Kelurahan Margawati tentang permohonan Bantuan modal Kewirausahaan bagi para penyandang Disabilitas yang ada di Margawati.

“Dalam sosialisasi ini kami menyampaikan bahwa bagi para penyandang Disabilitas calon penerima bantuan modal akan dilakukan bimbingan teknis kejuruan (Diklat Keahlian) sesuai minat dan bakat yang dimiliki Masing-masing. Dan akan dilaksanakan di Daerah Bekasi dan Bandung,” ungkap Dadang.

Dirinya menjelaskan, bahwa lama waktu Diklat di tempat pelatihan berlangsung selama 6 Bulan, dan seluruh biaya hidup selama Diklat ditanggung oleh Pemerintah Pusat melalui Kemensos.

Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial (foto istimewa-grahabignews.com)

“Setelah selesai mengikuti Diklat kejuruan, maka bantuan modal usaha akan diberikan sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuninya,” ujarnya.

Dadang menambahkan, bagi yang tidak memungkinkan untuk ikut Bimtek keluar Kota, maka akan dilakukan pembinaan di Daerah melalui Bimtek singkat di Dinsos Kab. Garut.

Acara dilanjutkan dengan dengar pendapat, salah satunya mendapat tanggapan dari Tokoh Masyarakat (Tomas), Lala yang menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemda Garut, khususnya pihak Dinas Sosial Kab. Garut melalui Kabid. Rehabsos yang telah berkenan turun ke lapangan untuk melayani program bantuan usaha bagi penyandang Disabilitas yang ada di Margawati.

Kabid Rehabsos Garut Blusukan Sosialisasikan Program Kewirausahaan Penyandang Disabilitas Sekaligus Deteksi Potensi Kerawanan Sosial (foto istimewa-grahabignews.com)

“Saya ucapkan kasih juga Kepada Lurah Margawati yg telah turut andil mengusulkan program bantuan wirausaha bagi penyandang Disabilitas,” ucapnya.

Lala juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Garut yaitu kepada Kang Hapid Ali yang telah banyak membantu koordinasi dan pendampingan bagi masyarakat penyandang Disabilitas dan masyarakat yang berpotensi kerawanan ekonomi  sosial lainnya.

Hal senada disampaikan dari perwakilan Penyandang Disabilitas, Saepul Marup dalam tanggapannya menyambut baik dan antusias sekali atas rencana Bimtek yang akan di pasilitasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Garut.

“ Terimakasih kepada Pemda Garut, Khususnya Pihak Dinas Sosial, Lurah Margawati yang telah membinanya dan telah mengusulkan  bantuan modal usaha bagi para penyandang Disabilitas Kepada  Dinas Sosial Kabupaten Garut,” kata Saepul.

 

Kang Hapid Ali perwakilan dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Gaut, menjelaskan kepada GrahaBigNews secara runut bagaimana kegiatan blusukan yang dilakukan oleh Kabid Rehabsos dan jajarannya juga Lurah Margawati, bahwa secara kronologis catatan kegiatan di mulai pada Pukul 09.30 Wib, Rombongan dari Dinas Sosial Kab. Garut tiba Di kantor Kelurahan Margawati.

Selanjutnya kata dia, Pukul 10.00 Wib.tiba di Kp. Jungkeuyang di rmh kediaman salah satu keluarga penyandang Disabilitas, disana sudah berkumpul para penyandang Disabilitas dan keluarga yang mewakili sosialisasi.

Tepat 11.00 Wib. Turun blusukan ke lapangan untuk meninjau rumah-rumah kediaman para penyandang Disabilitas sekaligus menyisir potensi kerawanan sosial lainnya.

“ Pada pukul 12.00 Wib. Giat blusukan lapangan selesai dlm keadaan lancar dan kondusif,” ungkapnya.

Dari rangkaian blusukan tersebut, menurutnya ada beberapa catatan penting, bahwa dari beberapa penyandang Disabilitas yang telah di Data sebelumnya, hanya ada beberapa orang saja yang bersedia mengikuti kegiatan Bimtek Kewirausahaan yang difasilitasi oleh Dinas Sosial Kab. Garut bekerja sama dengna Kementrian Sosial RI.

Lebih lanjut dijelaskan Kang Hapid Ali, bagi penyandang Disabilitas yang tidak memungkinkan untuk Mengikuti Bimtek di luar kota akan dilakukan pembinaan dan Assessment lebih lanjut oleh Dinsos Kab. Garut.

Sedangkan bagi yang sudah mengikuti bimtek kejuruan (Keahlian) selama 6 bulan, maka selanjutnya akan diberikan bantuan modal kewirausahaan sesuai keahlian yang telah ditekuninya selama Bimtek, pungkas Kang  Hapid.

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *