Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Provinsi Jabar Gelar Reses II

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

H. Zulkifly Chaniago, BE Anggota DPRD Prop. Jawa Barat dari Partai Demokrat Saat Gelar Reses II pada tahun sidang 2023-2024. (Foto: Ghani Purnama- grahabignews.com)

Grahabignews, Sumedang – H. Zulkifly Chaniago, BE, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Jawa Barat, sekaligus politisi partai Demokrat menggelar RESES II pada tahun sidang 2023-2024, yang sejatinya secara fungsional sebagai media guna menjaring aspirasi masyarakat, yakni di Aula Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Rabu (17/01/2024).

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi IV Bidang Infrastruktur, Dapil Jabar XI (Subang, Majalengka, Sumedang) ini, dalam kunjungan Resesnya mengatakan, baginya masa Reses merupakan kewajiban anggota DPRD turun ke Dapilnya untuk bertemu konstituen.

“Saya ingin bertatap muka langsung menjaring informasi dan menghimpun aspirasi demi terwujudnya Jabar, khususnya Sumedang yang lebih baik lagi,” ungkapnya kepada grahabignews, usai giat Reses tersebut.

Dirinya, berucap syukur telah diberikan fasilitas tempat oleh pihak Pemdes Gunturmekar, dan berterima kasih kepada warga yang telah meluangkan waktunya untuk melaksanakan Reses.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa hadir ditengah-tengah elemen masyarakat untuk melaksanakan Reses masa sidang II pada tahun 2023-2024. Mudah-mudahan ini menjadi ladang ibadah (amal) bagi kita semua,” tandas Zulkifly.

(Foto: Ghani Purnama- grahabignews.com)

Menurutnya, Anggota dewan memiliki fungsi sebagai Legislator (pembuat perda), pembahasan rencana kerja/anggaran dan fungsi pengawasan.

“Salah satunya fungsi pengawasan adalah Reses, yakni setiap anggota dewan dalam waktu satu tahun diwajibkan tiga kali melaksanakan Reses, silaturahmi bertemu dengan masyarakat keliling Dapilnya, di luar masa persidangan (luar gedung DPRD),” tandasnya.

“Selama delapan hari kami melaksanakan Reses, bertatap muka langsung untuk menampung dan wajib memperjuangkan aspirasi masyarakat atas setiap usulan dan masukannya,” ditambahkan Zulkifly.

Seperti halnya, dalam kesempatan tersebut banyak aspirasi dari warga antara lain infrastruktur jalan, kelangkaan pupuk, serta bidang pertanian. Dan ada juga usulan yang langsung disampaikan oleh Kades Gunturmekar, Enok Sumarni.

“Saya atas nama warga menyampaikan terimakasih dan selamat datang kepada Anggota Dewan Provinsi Jabar. Pada kesempatan ini, ada sedikit usulan kepada pak dewan terkait insentif dan rutilahu,” kata Enok.

Ditambahkan, Agus Tarlan, S.Pd, selaku Staff Fraksi sekaligus Caleg DPRD kabupaten Sumedang Dapil 2 (Cisarua, Cimalaka, Tanjungkerta, Tanjungmedar, Surian, Buahdua) Dapil 2, pihaknya akan menampung setiap keluhan warga.

“Saya sebagai Pendamping Staff, bersedia untuk mewujudkan apa-apa yang selama ini belum terselesaikan dan masih menjadi permasalahan belum tersampaikan seperti tentang, kelangkaan pupuk, infrastruktur jalan dan Rutilahu yang menjadi kebutuhan warga di dapil 2,” tegasnya.

“Intinya, semua aspirasi, keluhan dan masukan warga akan kami tampung untuk menjadi bahan ajuan dipersidangan paripurna nanti,” tutup Agus.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *