Graha Desa

Kasdam III/Siliwangi Resmi Tutup TMMD ke-120 di Desa Cintadamai Garut

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin, S.I.P. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Grahabignews, Garut – Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 TA. 2024 wilayah Kodim 0611/Garut.

Penutupan kegiatan ditandai dengan digelarnya Upacara yang dilaksanakan di Lapangan sepakbola Kampung Buleud Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jumat (7/6/2024)

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., membacakan amanat sekaligus Pernyataan penutupan Pangdam III/Slw menyebutkan bahwa TMMD dilaksanakan untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Daerah pedesaan seringkali menghadapi keterbatasan akses terhadap infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan layanan publik lainnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Dengan melibatkan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di daerah,” katanya.

Sebagaimana diketahui bersama, lanjutnya, TMMD merupakan program Lintas Sektoral untuk membantu percepatan Pembangunan di daerah terutama di pedesaan memerlukan pembangunan.

“Prasarana dan infrastruktur untuk mendorong sektor ekonomi menuju masyarakat yang sejahtera untuk Indonesia maju,” ucap Brigjen TNI Aminudin, S.I.P.

Disinilah TNI hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pemda melalui pembangunan fisik dan non fisik yang diperlukan masyarakat.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

TMMD juga menjadi sarana terbaik untuk menggelorakan semangat gotong royong dan energi positif untuk mencapai keunggulan. Sebagaimana terkandung dalam tema TMMD, yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.”

Selama kegiatan TMMD seluruh sasaran fisik maupun non fisik telah selesai dilaksanakan 100 persen. Hal ini tentunya berkat kerjasama yang baik antara TNI, Polri, Pemda dan segenap komponen masyarakat.

Untuk itu, masih kata dia, mari pelihara dan tingkatkan semangat kemanunggalan TNI-Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya Pangdam III/Siliwangi selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Gubernur, Bupati beserta Unsur Forkopimda yang daerahnya telah selesai melaksanakan Program TMMD ke-120, yaitu: Kab. Bogor, Kab. Garut dan Kab. Purwakarta di Provinsi Jawa Barat serta Kota Cilegon di Provinsi Banten,” sambungnya.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Saya juga mengajak kepada semua pihak untuk meningkatkan semangat membangun bersama sebagai realisasi tradisi gotong royong yang merupakan warisan luhur bangsa kita,” ucapnya.

Pelihara semua hasil program TMMD ke-120 TA. 2024 dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat, sekaligus sebagai momentum untuk melakukan pembangunan di seluruh daerah secara mandiri dan berkesinambungan.

Kepada para personel yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-120, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja yang telah kalian tunjukan dalam pelaksanaan tugas operasi ini. Perhatikan faktor keamanan baik personal maupun materiel saat kembali ke satuan masing-masing.

Jadikanlah moment selama kegiatan TMMD sebagai pembelajaran tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi di masyarakat khususnya dalam membantu percepatan pembangunan di daerah, karena TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Akhirnya, dengan memanjatkan Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Jum’at, tanggal 7 Juni 2024, Pukul.09.30 WIB, TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 TA. 2024 di wilayah Kodam III/Siliwangi, secara resmi saya nyatakan ditutup.

Selain itu, kegiatan penutupan TMMD ke-120 tersebut juga dihadiri oleh Danrem 062/TN Kolonel Arh Rudi Ragil Sang Putra, S. Sos., M. Si., Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos., PJ Bupati Garut yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. H Nurdin Yana, MH., M.Si.,

Hadir pula, Kapolres Garut AKBP Rohman Yongky Dilatha, S.I.K., M.Si., Kejari Garut yang diwakili oleh Kasubsi Sospol Bimo, SH., Para Dandim Jajaran Korem 062/TN, para tokoh masyarakat, ulama, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Mereka menyambut dengan antusias hasil dari program TMMD yang telah dilaksanakan, serta menyatakan rasa terima kasih atas kontribusi yang diberikan oleh TNI dalam pembangunan wilayah mereka.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Upacara penutupan TMMD ke-120 ini juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, bazar/pasar murah, pembagian sembako, dan peninjauan lokasi hasil pembangunan TMMD.

Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat lebih kepada masyarakat setempat, serta menunjukkan kepedulian dari TNI terhadap kesejahteraan dan kemajuan wilayah tersebut.

Dengan ditutupnya kegiatan TMMD ke-120 tahun 2024 ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Garut dan sekitarnya.

Keterlibatan TNI dalam program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, sehingga pembangunan wilayah dapat terus dipercepat dan meningkatkan tingkat kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

PDAM Tirta Intan Garut Gelar FGD Kesesuaian RISPAM, RPJMD, dan Renbis dalam FGD

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Intan Garut… Read More

22 jam ago

Penanaman Pohon di Mekarmukti, Langkah Kecil untuk Masa Depan Penuh Kebaikan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, untuk kesekian kalinya menjadi kegiatan… Read More

22 jam ago

Dony Maryadi Oekon, Selenggarakan Sosialisasi MPR di Daerah Pemilihan Tahap IV

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Dony Maryadi Oekon selaku Anggota DPR RI Dapil XI… Read More

5 hari ago

Jalin Komunikasi Dengan Warga di Sumber Air, PDAM Tirta Intan Garut Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Perumda… Read More

1 minggu ago

Innalillahi Wa Innalillahi Roji’un, Ibunda Pimum GrahaBigNews telah Berpulang

Oleh: Rudi Herdiana Innalillahi Wa Innalillahi Roji’un.... Grahabignews, Garut - Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu… Read More

2 minggu ago

Mak Anah Meneteskan Air Mata Bahagia Saat Terima Rumah Baru

Oleh: Rudi Herdiana Grabignews, Garut - Pada saat penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)… Read More

2 minggu ago