Pemerintah

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Garut Bersihkan Sungai Cikendi

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana


Grahabignews, Garut – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Garut, laksanakan Aksi Bersih Sungai Cikendi di Kelurahan Sukamenteri Kecamatan Garut Kota, Rabu (03/07).

Aksi tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, TNI-Polri, Pemerintahan setempat serta warga sekitar berjibaku bersama, sehingga kurun waktu 30 menit Sungai Cikendi menjadi bersih.

Kehadiran Barnas Adjidin dalam acara Aksi Bersih Sungai tersebut, memberikan semangat dan motivasi bagi warga untuk bersama-sama membersihkan aliran sungai yang dipenuhi sampah.

Dalam sambutannya, Barnas berharap aksi tersebut terus digiatkan di berbagai tatanan dan segmen, sehingga tidak hanya berdampak pada lingkungan ini saja, tetapi juga memberikan dampak positif pada lingkungan lain di Kabupaten Garut.

(Foto: Diskominfo Kab. Garut – grahabignews.com)

“Tidak hanya lingkungan ini saja, tapi banyak lingkungan di Kabupaten Garut nanti akan memberi dampak kepada kehidupan manusia ke depan yaitu ramah lingkungan,” ucapnya.

Kepala DLH Garut, H. Jujun Juansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Kabupaten Garut.

Lanjut Jujun, acara ini tidak hanya seremonial, tetapi akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan, khususnya di area Sungai Cikendi.”Sekitar 100 personel dari berbagai stakeholder terlibat dalam acara ini,” ucapnya.

(Foto: Diskominfo Kab. Garut – grahabignews.com)

“Kita kordinasi di tingkat Forkopimcam, termasuk kelurahan bagaimana setelah aksi ini kita melakukan upaya-upaya edukasi dan antisipasi atau mitigasi, supaya masyarakat tidak lagi buang sampah ke sungai,” tutur Jujun.

Jujun menambahkan, aliran Sungai Cikendi sepanjang 3,5 km, mulai dari Cirumput, Desa Kota Kulon hingga Kelurahan Sukamenteri di Sungai Cimanuk, akan menjadi fokus upaya pembersihan dan edukasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai.

“Nah dibuatkan komitmen dan kita fasilitasi sarana dan prasarana untuk melakukan upaya, agar masyarakat tidak lagi sampah membuangnya ke sungai lagi, itu demikian,” pungkas Jujun.


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Nota Kesepakatan Koalisi Harus Ada Nama

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kemarin saat rapat DPC PDIP Perjuangan Garut, memberikan waktu… Read More

20 jam ago

Panwaslucam Pamulihan, Lounching Pojok Pengawasan

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Unsur Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa sekecamatan Pamulihan Kabupaten… Read More

3 hari ago

ATR/BPN Kab. Garut Siap Bertransformasi Sertifikat Tanah

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Kementerian ATR/BPN mengubah sertipikat tanah menjadi sertipikat elektronik (sertipikat… Read More

5 hari ago

Desa Rancasalak Garut Juara I Lomdeskel Jawa Barat 2024

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, berhasil meraih Juara… Read More

5 hari ago

KPU Kabupaten Garut Jalin Kerjasama Dengan Jurnalis Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Guna menjalin kerjasama dengan jurnalis se-Kab. Garut, KPU Kabupaten… Read More

7 hari ago

Rhesa Yogaswara Daftar Jadi Bacalon Bupati Garut dari Partai Gerindra

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Rhesa Yogaswara, mendaftar ke Partai Gerindra DPC Kabupaten Garut… Read More

2 minggu ago