Berita

PHBI DKM Nurul Islam Di Desa Sukajaya Kec. Cisewu Kab. Garut Dimeriahkan Dengan Sholawatan Dan Pengajian

Share posting

Oleh : H. Rodiat, S.Pd.I.

 

PHBI DKM Nurul Islam Di Desa Sukajaya Kec. Cisewu Kab. Garut Dimeraiahkan Dengan Sholawatan Dan Pengajian (foto leh H. Rodiat – grahabignews.com)

 

Garut – Masih dalam nuansa memperingati Hari Besar Islam 1442 H, baik di perkotaan maupun di pelsok, turut menyambut tahun baru tersebut dengan penuh suka cita.

Tahun 1442 H diharapkan membawa berkah bagi kita semua kaum muslimin dan muslimat, dan tahun yang diiringi harapan, bahwa semua perjalanan di tahun sebelumnya dijadikan bahan evaluasi, dan komtemplasi menuju insan yang lebih baik dai sebelumnya.

Tepatnya di Mesjid Jami Nurul Islam  Kp. Rancaawitali Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu usai digelar Sholawatan Dan Pengajian dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Rabu (27/08)  atau malam Kamis pada pukul 20.00 -22.30 WIB berlangsung hidmat, aman dan tertib.

MC, Risa Ulya Simatul Hasanah mahasiswa yang sedang KKN dari UIN Bandung (foto oleh H. Rodiat – grahabignews.com)

Acara PHBI bersama DKM Nurul Islam di Kp.Rancaawitali Desa sukajaya Cisewu Kabuipaten Garut tersbut, dihadiri oleh Kepala BPD Desa Sukajaya, Ibu Ai Siti Komariah. ST., Ketua MUI, Daslim Saepul Abidun, S.Pd.I., tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan warga masyarakat setempat dengan pemawa acara/MC, Risa Ulya Simatul Hasanah  mahasswa yang sedang melaksanakan KKN di dari  UIN Bandung, dan para santri Darushshibyan turut memerihkan acara tersebut dengan sholawatan yang menyentuh qalbu.

Santri Darushshibyan (foto oleh H. Rodiat – grahabignews.com)

Dalam sambutannya Ibu Ai Siti Komariah, ST., selaku Ketua BPD Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu memberikan apresiasi atas diselenggarakannya acara sholawatan dan pengajian di dalam Peringatan Hari Besar Islam, sebagai ajang silaturrahmi.

“Saya selaku Ketua BPD Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas diselenggarakannya acara ini,” ujar Ibu Ai.

Ibu Ai Siti Komariah, ST., selaku Ketua BPD Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu (Foto oleh H. Rodiat-grahabignews.cm)

Pada kesempatan tersebut Ibu Ai juga memberikan pencerahan dan informasi yang disampaiikan pada masyarakat seputar E-KTP Online, dan disimak oleh seluruh tamu undangan yang hadir dengan seksama.

Acara inti berupa pengajian disampaikan oleh penceramah Ustd. Cece Muhammad Burhan dengan tema 4 Bulan yang Istimewa/ bulan yang disucikan, yaitu Bulan Zulkaidah, .Zulhijah, Muharam dan  bulan Rajab.

Ustd. Cece Muhammad Burhan (Foto oleh H. Rodiat-grahabignews.cm)

Dalam ceramahnya Ustadz Cece menjelaskan, bahwa Apa yang harus di kerjakan, yaitu meningkatkabn ketaqwaan dengan melaksanakan kewajiban dan yang sunah di antaranya Soum puasa tangggal  9 dan 10 Muharom yang  sangat di anjurkan oleh Rosululloh, yaitu hari  Asyuro  dengan menyantuni anak yatim, dan amal ibadah lainnya.

Ustadz Cece kemudian mengutip surat At-Tawba ayat 36,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ [At-Tawba : 36]

Artinya : (Sesungguhnya bilangan bulan) jumlah bulan pertahunnya (pada sisi Allah adalah dua belas bulan dalam Kitabullah) dalam Lohmahfuz (di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya) bulan-bulan tersebut (empat bulan suci) yang disucikan, yaitu Zulkaidah, Zulhijah, Muharam dan Rajab. (Itulah) penyucian bulan-bulan yang empat tersebut (agama yang lurus) artinya agama yang mustaqim (maka janganlah kalian menganiaya dalam bulan-bulan tersebut) dalam bulan-bulan yang empat itu (diri kalian sendiri) dengan melakukan kemaksiatan. Karena sesungguhnya perbuatan maksiat yang dilakukan dalam bulan-bulan tersebut dosanya lebih besar lagi. Menurut suatu penafsiran disebutkan bahwa dhamir fiihinna kembali kepada itsnaa `asyara, artinya dalam bulan-bulan yang dua belas itu (dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya) seluruhnya dalam bulan-bulan yang dua belas itu (sebagaimana mereka pun memerangi kalian semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang takwa) pertolongan dan bantuan-Nya selalu menyertai mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

14 jam ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

3 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

3 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

3 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

5 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

5 hari ago