Artikel

JAGALAH DZIKIRMU

Share posting

amanah Mursyid kami Syekh Yusuf Al Makassari, seorang Wali Allah Nusantara Pejuang Bangsa sekaligus Pejuang Agama

Artikel Ekskusif

Oleh : H Derajat


Ilustrasi-newsmaker.tribunnews.com

Apabila engkau terbimbing untuk banyak berzikir, maka itu pertanda engkau sedang dituntun Allah untuk menjadi Wali-Nya, maka menangis dan bersedihlah apabila berdzikir telah hilang dari kehendak hatimu.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَعَ التَّسْلِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ فِى تَحْصِيْلِ الْعِنَايَةِ الْعَآمَّةِ وَالْهِدَايَةِ التَّآمَّةِ، آمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Wasshalaatu wassalaamu ‘alaa Muhammadin wa aalihi ma’at tasliimi wabihii nasta’iinu fii tahshiilil ‘inaayatil ‘aammati wal-hidaayatit taammah, aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Salawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, kepadaNya kami memohon pertolongan dalam mencapai InayahNya yang umum dan petunjukNya yang sempurna, aamiin ya Robbal ‘alamin”.

Telah berkata Mursyid-Mursyid kami yang mulia yang disampaikan kepada muridnya yang dhaif  H. Derajat, seorang pendosa yang selalu mengharapkan keridhoan Allah Tuhannya; bahwa diwajibkan atas kami untuk selalu menjaga dzikir;  Laa ilaaha illaa Allaah.

Mursyid kami, Syekh Yusuf Al-Makassari berkata dalam kitabnya yang agung:

ثُمَّ يَجِبُ عَلَى الْعَبْدِ الْمَذْكُوْرِ اَيْضًا اَنْ يَكْثُرَ بِلِسَانِهِ ذِكْرَ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ بِمُوْجِبِ قَوْلِهِ تَعَالَى (اُذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا) الْآيَة، وَقَوْلِهِ تَعَالَى (اُذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَقُعُوْدًا وَعَلَى جُنُوْبِكُمْ).

“Kemudian diwajibkan pula atas hamba tersebut memperbanyak zikir Laa ilaaha illaa Allaah dengan lidahnya, sesuai dengan firman Allah ta’ala; ((Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama Allah) zikir yang sebanyak-banyaknya)), dan FirmanNya swt; (Ingatlah pada Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring).”

Ketahuilah wahai sahabat, bahwa kesenangan kalian untuk berzikir menandakan bahwa Allah menghendaki kalian untuk menjadi Wali-Nya, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW :

إِذَا اَرَدَ اللّٰهُ اَنْ يَجْعَلَ عَبْدَهُ وَلِيًّا مِنْ اَوْلِيَآئِهِ اَلْهَمَهُ لِذِكْرِهِ.

“Jika Allah berkehendak untuk menjadikan hambaNya seorang Wali diantara Wali-Wali Allah maka ia diilhamiNya untuk memperbanyak zikir.”

Sahabatku, zikir terbaik adalah mengucapkan kalimat Laa ilaaha illaa Allaah, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

اَفْضَلُ الذِّكْرِ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ، وَقَوْلُهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَفْضَلُ مَا قُلْتُ اَنَا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِىْ قَوْلُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ، وَقَوْلُهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ حِصْنِىْ فَمَنْ دَخَلَ حِصْنِىْ آمَنَ مِنْ عَذَابِىْ، وَقَوْلُهُ لَا شَيْءَ اُنْجِىَ مِنْ عَذَابِ اللّٰهِ مِنْ قَوْلِ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ.

“Sebaik-baik zikir ialah Laa ilaaha illaa Allaah, dan sabdanya; ‘sebaik-baiknya ucapanku dan ucapan para Nabi sebelumku adalah Laa ilaaha illaa Allaah’ dan sabdanya dalam hadits Qudsi; ‘Laa ilaaha illaa Allaah adalah benteng-Ku, barangsiapa memasuki benteng-Ku bebaslah ia dari siksaan-Ku’, dan sabda Rasulullah SAW; ‘Tidak ada sesuatu yang menolong untuk selamat dari siksaan Allah selain dari ucapan Laa ilaaha illaa Allaah.”

Dan banyak lagi hadits-hadits yang mulia yang menjelaskan tentang keutamaan zikir tersebut.

Kemudian daripada itu, wahai sahabatku ketika berzikir hendaklah engkau mengingat Allah di dalam zikirmu dan menetapkan dalam hatimu bahwa tidak ada yang disembah, tidak ada yang dituju, tidak ada yang dimaksud, tidak ada yang dikehendaki, tidak ada yang dicintai, tidak ada yang diasyiqi, tidak ada yang berbuat, dan tidak ada yang maujud pada hakikatnya selain Allah.

Selain Dia hanyalah bayangan Allah ta’ala. Dan bayangan itu sesungguhnya tidak ada, walaupun terlihat, karena bayangan itu bergantung pada wujud yang memiliki bayangan. Dapat dikatakan bahwa yang berzikir adalah wujud bayangan dari yang memerintahkannya berzikir. Fahamilah !!!

Janganlah engkau menyepelekan pengetahuan ini. Carilah Mursyid yang bisa mengantarkanmu kepada Sang Wujud Hakiki Yang Maha Suci dari lintasan pemikiran apapun.

Kebenaran hanya milik Allah semata, semoga Allah merahmati kita dengan Qalbu yang penuh dengan keimanan. Aamiin.

 


Share posting
wishnoe ida

Recent Posts

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

1 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

1 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

1 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

3 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

3 hari ago

Peran Aktif Danramil Cisurupan Pada TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun… Read More

4 hari ago