Bupati Sumedang Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

Bupati Sumedang Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (foto oleh Ghani Purnama-grahabignews.com)

 

Sumedang –   Bupati Sumedang Dr. H Dony Ahmad Munir, ST, M.M melantik lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II b yang sebelumnya kosong, bertempat di Gedung Negara, Jumat (30/4).

Kelima pejabat yang dilantik tersebut, yaitu Drs. Agus Kori Hidayat, M.Si sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Budi Rahman, S.Sos, M.Si sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Ir. Ine Inajah, M.SE,M.Sc sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), H. Nandang Suparman, S.Sos sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan dan Asep Uus Ruspandi, S.Sos., M.Si sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Tampak hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, S.E, Sekretaris Daerah Drs. Herman Suryatman, M.Si, Unsur Forkopimda, para kepala Perangkat Daerah, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten sumedang dan para tamu undangan lainnya.

Pengisian lima Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama  itu setelah melalui proses Seleksi Terbuka atau Lelang Jabatan untuk mengisi jabatan kosong karena pejabat sebelumnya pensiun. Sebanyak 28 orang melamar dan semuanya memenuhi persyaratan administrasi. Tiga belas diantaranya melamar 1 jabatan dan lima belas lainnya melamar 2 jabatan.

Tahapan Seleksi Terbuka dimulai dari penulisan makalah, assessment kompetensi bekerja sama dengan Puslatbang PKASN LAN RI Jatinangor, seleksi wawancara dan paparan makalah. Selanjutnya Panitia Seleksi menyampaikan tiga peserta terbaik di tiap masing-masing jabatan kepada Bupati untuk disampaikan kepada KASN.

Setelah mendapat rekomendasi dari KASN, Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian memilih satu dari tiga nama calon untuk ditetapkan dan dilantik sebagai JPT sebagaimana disebutkan UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 115 Ayat 4.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya Bupati Dony Ahmad Munir mengatakan, tugas dan tantangan Sumedang ke depan sangat berat dan dibutuhkan pejabat yang visioner. Pejabat yang bisa menjabarkan kebijakan dan program kepala daerah.

“Di tengah pandemi ini, kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumedang adalah Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional. Saudara-saudara adalah akseletornya. Persiapkan diri dengan memaksimalkan pelaksanaan tugas. Kita harus menjadi agen perubahan dan mencetak sejarah bagi Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Bupati pun berharap, kelima orang yang telah dilantik dapat langsung bergerak cepat untuk mewujudkan/merealisasikan capaian target yang telah ditetapkan dan merealisasikan target sesuai dengan aturan yang berlaku serta berinovasi di lingkungannya masing-masing yang akan berdampak bagi bawahannya, keluarga dan mayarakat.

“Kita putuskan untuk moratorium, menangguhkan izin baru minimarket,  dan izin perumahan di  lereng bukit atau gunung yang curam untuk pembangunan perumahan. Kepala DPMPTSP segera mengevaluasi izin perumahan yang telah keluar di kawasan rawan bencana dan tidak lagi mengeluarkan izin perumahan dikawasan yang rawan bencana,” katanya.

Dikatakan, kehidupan sosial kemasyarakatan mengalami perubahan yang luar biasa.. Oleh karena itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia diminta harus cermat melihat perubahan yang terjadi dan selalu memberikan masukan-masukan kepada  pimpinan daerah.

Bupati menambahkan, selain menjadi tempat wisata, Waduk Jatigede seluas 4 ribuan hektare harus menjadi tempat budi daya ikan yang tentunya menjadi PR bagi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan.

“Pemerintah terus melakukan penanaman jutaan benih ikan di Bendungan Jatigede yang bisa dimanfaatkan warga sekitar bendungan. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan harus bisa menangkap peluang dari sektor perikanan di Bendungan Jatigede,” katanya.

Kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan  yang baru dilantik Bupati berpesan agar bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang sudah ditorehkan dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Sumedang sudah meraih opini WTP dari BPK enam kali berturut-turut. Prestasi itu harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Terakhir, Bupati pun meminta kepada para pejabat yang baru dilantik harus bekerja keras untuk mewujudkan Visi Misi Sumedang Simpati dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Sumedang.

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *