Pemerintah

Pemkab Garut Gelar Persiapan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

Share posting

Oleh: Wishnoe Ida Noor

Pemkab Garut menggelar Pertemuan Persiapan Rembuk Stunting Tingkat Kab. Garut, Kamis (27/5/2021). (Foto: Nindi Nurdiyanti/ Diskominfo Garut – grahabignews.com)

Garut – Pemerintah Kabupaten Garut menggelar Pertemuan Persiapan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Fave Hotel, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (27/5/2021). Kegiatan ini dihadiri oleh para perwakilan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Garut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suherman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah dalam menyelesaikan dan menuntaskan stunting di Kabupaten Garut.

“Iya barusan ada rembuk stunting, terkait dengan zero stunting 2024, dan baru saja dilakukan FGD (Forum Group Discussion) SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait yang terlibat di dalam penyelesaian dan penuntasan stunting di Kabupaten Garut,” kata Suherman.

Suherman menuturkan sesuai yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) ada 20 desa yang berada di Kabupaten Garut yang menjadi lokus stunting.

Ia mengatakan salah satu dari langkah penuntasan stunting adalah dengan memperbaiki infrastruktur.“Ada 20 desa yang menjadi lokus stunting, oleh karena itu barusan melakukan langkah-langkah sekaligus menyampaikan kepada seluruh SKPD agar keterlibatan dalam program dan kaitannya betul-betu nyata,” tutur dia.

(Foto: Nindi Nurdiyanti/ Diskominfo Garut – grahabignews.com)

“Diharapkan zero stunting dapat terselesaikan di Garut, salah satu contoh di antaranya perbaikan infrastruktur, kemudian juga perbaikan rumah tidak layak huni,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh SKPD untuk lebih fokus dalam melakukan langkah-langkah terkait dengan penuntasan stunting agar bisa terselesaikan dengan cepat sehingga menjadi zero stunting.

“Imbauan kepada seluruh SKPD untuk lebih fokus, artinya konsentrasinya harus lebih ekstra, bahwa ini adalah merupakan panggilan yang harus betul-betul direspon, harus-harus betul dikejawantahkan, sehingga semuanya bahu membahu menjalankan dengan tulus dan ikhlas, sehingga target yang dicanangkan terselesaikan lebih cepat dan benar sesuai dengan peraturan yang ada,” imbau Suherman.

Senada dengan Suherman, Kepala Bidang Sosial Budaya (Sosbud) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Garut, Iman Purnama Ridho menyampaikan tujuan dari diadakannya pertemuan persiapan rembuk stunting ini adalah sebagai bahan persiapan dalam pelaksanaan rembuk stunting yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Tujuan dari acara ini yaitu pertama untuk persiapan rembuk stunting di Kabupaten Garut yang insyaallah akan dilaksanakan bulan ini atau bulan Juni lah akan dilaksanakan setelah pematangan data masuk dari semua SKPD. Yang keduanya ini adalah kolaborasi seluruh stakeholder atau SKPD yang ada yang terkait dengan penanganan stunting,” ujar Iman.

Ia berharap dengan terselenggarannya kegiatan ini bisa menyempurnakan data dari beberapa SKPD dalam program yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting.

“Harapannya, pertama ada data susulan terekap kembali dan penyempurnaan untuk program-program yang ada di SKPD kaitan dengan partisipasi SKPD dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Garut,” harap dia.

“Seperti yang di Disperkim (Dinas Perumahan dan Permukiman) yang sekarang total hanya satu desa mungkin nanti bisa direkap seluruh kegiatan rutilahu di Kabupaten Garut itu berapa, ini bisa menjadi dukungan komitmen daerah dalam percepatan penurunan stunting,” pungkasnya.

Bingung Ingin Kuliah yang Berkualitas? Klik aja Link di bawah ini !!!

http://pmb.fteknikuniga.ac.id


Share posting
rudi herdiana

Recent Posts

Peserta Ujian Kesetaraan Paket C di PKBM Nurul Ikhsan, Berjalan Lancar dan Penuh Semangat

Oleh: Wida Heryani & Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Ujian kesetaraan Paket C di kabupaten… Read More

1 hari ago

Jelang Purnabakti, Peltu Azhar Tetap Sigap Bantu Sukseskan TMMD ke 120

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Di akhir masa kedinasannya Peltu Azhar masih sigap mengabdikan… Read More

4 hari ago

Leuwi Asri menjadi sponsor Utama Kontingen Kecamatan Bayongbong pada PORKAB Garut 2024

Oleh: Gun Gun Imat Grahabignews, Garut - Perusahaan swasta Leuwi Asri menjadi sponsor utama ajang… Read More

4 hari ago

Semangat Lansia Desa Cintadamai Bantu Personel Satgas TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - Memasuki hari ke 7, ada yang menarik dalam pembangunan… Read More

4 hari ago

Puluhan Pelajar Ikuti Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut  - Sebanyak 80 pelajar SMP dan SMK Rasana Rasyidah mengikuti… Read More

5 hari ago

Sasaran Non Fisik TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Penyuluhan Kesehatan Pada Masyarakat

Oleh: Rudi Herdiana Grahabignews, Garut - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 TA 2024… Read More

5 hari ago