Kapolres Sumedang Bersama TNI, Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Dan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid – 19

Share posting

Oleh : Ghani Purnama

Kapolres Sumedang Bersama TNI, Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Dan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan Covid – 19 (foto oleh Gani Purnama-grahabignews.com)

 

Sumedang  –  Pemkab Sumedang menggelar apel kesiapsiagaan penanganan bencana dan pengendalian kegiatan masyarakat dalam pencegahan Covid- 19 yang diikuti unsur TNI/Polri, yakni di Mapolres Sumedang, Rabu (30/6/2021).

Kesiapsiagaan menghadapi bencana ini merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penanggulangan bencana alam yang telah di atur dalam Undang-undang. Paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari responsif menjadi preventif.

Demikian disampaikan oleh Kapolres Sumedang, Eko Prasetyo Robbyanto melalui Waka Polres Asep Agustoni, saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut.

“Sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia, kejadian bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Asep.

Dikatakan Asep, bahwa sampai saat ini masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Namun diharapkan mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, sehingga dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana.” terangnya lagi.

Kabupaten Sumedang yang memiliki kondisi sosio-geografisnya yang terdiri dari pegunungan, hingga memiliki potensi bencana alam yang sangat tinggi khususnya angin kencang, hujan deras, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Hal ini, perlu diantisipasi dengan langkah-langkah pencegahan penanggulangan bencana yang bisa meminimalisasi jatuhnya korban jiwa maupun materiil,” ujar Asep.

Oleh karenanya, momentum apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut peran aktif dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.

Terpantau usai Apel tersebut, Wakapolres lakukan pengecekan sarana/ prasarana. dilanjutkan dengan paragaan pemotongan pohon tumbang dan simulasi evakuasi korban ketika terjadi kebakaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *