Wujudkan Pegawai Profesional dan Kompeten, Pemkab Sumedang Gelar Pembekalan CPNS dan PPPK

Share posting

Oleh: Ghani Purnama

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Sumedang – Pemkab Sumedang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar kegiatan Pembekalan 942 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Hotel Puri Khatulistiwa, Kecamatan Jatinangor, selama enam hari dari tanggal 18- 24 Juli 2022.

Kegiatan pembekalan tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan didampingi Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Sumedang Ate Hadan dan diikuti secara tatap muka oleh 132 orang perwakilan CPNS dan PPPK Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sedangkan yang lainnya melalui online.

“Jumlah peserta 942, terdiri dari 126 CPNS, 241 PPPK guru tahap I, 506 PPPK guru tahap II, dan 69 PPPK kesehatan. Pelaksanaannya secara hybrid yaitu tatap muka dan virtual melalui zoom meeting serta live YouTube,” ujar Kabid Penataan Aparatur, Cucu Noer Firman, dalam keterangannya kepada grahabignews.

Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai orientasi pra pelaksanaan latihan dasar CPNS hasil kerja sama BKPSDM dengan Pusdikmin Polri yang bakal dilaksanakan bulan Agustus 2022 mendatang.

Kegiatan Pembekalan 942 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Hotel Puri Khatulistiwa, Senin (18/07). (Foto: Istimewa – grahabignews.com)

Selain itu, lanjut Cucu, pembekalan juga bertujuan untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan guna membentuk ASN yang memiliki integritas moral, berkarakter, serta mampu melaksanakan tugas secara profesional dan kompeten.

“Sebagai tunas ASN, para peserta dapat menjadi agen pembaharu yang mampu melaksanakan tugas secara profesional, kompeten dan yang paling penting berkarakter dan berperilaku baik,” jelasnya.

Sementara itu, disampaikan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta sebagai abdi negara dalam melaksanakan Tupoksi masing-masing.

Selain itu, kata dia, pembekalan juga diharapkan menjadi motivasi bagi CPNS dan PPPK agar memiliki keteguhan hati terhadap prosesi yang dipilih untuk tidak berhenti di tengah jalan apalagi sampai mau mengundurkan diri.

(Foto: Istimewa – grahabignews.com)

“Menjadi CPNS dan PPPK adalah  impian banyak orang. Di luar sana, jutaaan orang ingin menjadi CPNS dan PPPK. Saudara adalah orang terpilih. Maka dari itu tetap jalani, nikmati dan syukuri,” kata wabup Erwan.

Menurutnya, CPNS dan PPPK  merupakan pemegang tongkat estafe pemerintahan. Oleh karena itu, kesempatan tersebut harus dimanfaatkan untuk belajar agar menjadi aparatur profesional sesuai dengan Visi dan Misi Sumedang Simpati.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar menjadi aparatur profesional sebagaimana Visi keempat Sumedang Simpati yakni Profesional Aparaturnya dengan misi menata birokrasi pemerintah yang responsif dan profesional dalam pelayanan masyarakat,” tuturnya.

Wabup juga berpesan, agar CPNS maupun PPPK menanamkan sikap disiplin dan kinerja yang tinggi. “Tumbuhkan disiplin dan etos kerja yang tinggi sehingga kehadiran saudara akan memberikan warna positif bagi unit kerja saudara bertugas,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *