Kolaborasi DLH Dengan Dinas PUPR Dalam Penataan Jalan Ibrahim Aji

Share posting

Oleh: Rudi Herdiana

Penataan Kawasan Jalan Ibrahim Aji, Kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup dengan Dinas PUPR, Selasa (20/09). (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Garut – Guna meningkatkan kenyamanan para pengguna jalan Ibrahim Aji sekaligus menciptakan estitika, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Garut bersama Dinas PUPR Garut melaksanakan pembabatan rumput di sepanjang jalan Ibrahim Aji, Selasa (20/09).

Menurut Kepala, Kepala DLH Garut, H. Jujun Juansyah menjelaskan sekarang pihaknya bersama Dinas PUPR Kab. Garut melakukan pembabatan rumput di sepanjang jalan Ibrahim Aji. Dimana, personil DLH mulai membabat dari pintu masuk jaln Samarang, sedangkan pihak PUPR mulai dari Hotel Harmoni.

Tujuan kolaborasi ini, lanjut Kadis, dikarenakan ke depannya di kiri dan kanan median jalan akan ditanami pohon keras, baik buah buahan maupun pohon perindang. Sementara di median tengah jalan, ditanami tanaman hias untuk estitika.

“Jarak penanaman pohon ditentukan minimal dua (2) meter dari pinggir luar saluran, supaya nanti ketika Dinas PUPR membangun trotoar atau pelebaran jalan, tidak akan terganggu tanaman yang ada. Maka, dengan kolaborasi ini, kedepan lebih efektif di setiap program yang akan dilakukan kami,” imbuhnya.

Photo Bersama. (Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Pembagian tugas ini, jelas H. Jujun, selain pemeliharaan, di setiap tahun tepatnya tanggal 17 Agustus adalah Hari Kebersihan Dunia juga dalam rangka menyongsong Porprov yang akan diselenggrakan di Kab. Garut. Artinya, kebersihan, keindahan dan kenyamanan harus digalakan, karana akan banyak pengunjung yang datang ke Garut.

“Jalan Ibrahim Aji, nanti menjadi jalan utama bagi para pendatang, apalagi di tunjang dengan panorama alam yang indah dapat menjadi rekreasi tersendiri bagi mereka. Di tambah lagi, berdekatan dengan kawasan objek wisata Cipanas yang cukup terkenal,” tandasnya.

Ditambahkan Irfan Nu’man Hakim, SE selaku Sub.Koord Konservasi Lingkungan pada DLH Garut, bahwa dengan ditanami tanaman tersebut, berfungsi sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Jelas dia, manfaat tanaman hias di median antar jalan, untuk menciptakan keindahan dan estitika, sedangkan untuk pohon keras, selain perindang  juga penyedian oksigen atau ekologi, karena kedepannya akan banyak aktifitas di jalur ini.

Bahkan, aku Irfan, sekarangpun setiap hari minggu, jalan Ibrahim Aji padat oleh pengunjung karena adanya para pedagang yang menjajakan dagangannya. Maka dengan adanya penanaman nanti, bisa menjadi daya tarik bagi warga yang melintas, apalagi dekat dengan kawasan objek wisata Cipanas.

“Bagi para pedagang, harus ikut menjaga agar tanaman tetap tumbuh juga menyedikan tempat sampah, sehingga sampah tidak berserakan di jalan yang dapat mengganggu estetika,” pungkasnya.

(Foto: Rudi Herdiana – grahabignews.com)

Sementara Kabid Binamarga pada Dinas PUPR Kab. Garut, Dadan Yuda, ST, menjelaskan ini langkah awal kolaborasi Dinas PUPR dengan DLH dalam rangka penatataan jalan, khususnya Jalan Ibrahin Aji. “Jalan Ibrahim Aji bisa menjadi pilot projek dalam petataan jalan hasil kolaborasi dua SKPD,” imbuhnya.

Tidak menutup kemungkinan, kedepannya semua jalan utama maupun jalan alternative akan dilakukan penanaman, di mana untuk penanaman oleh DLH dan Dinas PUPR yang menentukan letak atau jarak penanaman di median jalan.

Tujuannya, apabila ada program pelebaran jalan ataupun pembanguna sarana bagi pejalan kaki (trotoar), tidak terhambat oleh pohon yang tumbuh. “Nantinya, selain sebagai akses mobilisasi kendaraan, jalan juga bisa menjadi sarana wisata dengan aneka tanaman hias dan pohon perindang,” pungkasnya.


Share posting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *